School of Information Systems

UX Research

5

Mengapa kita harus melakukan UX Research?

Terlebih dahulu kita harus tahu apa yang dimaksud UX (User Experience). UX adalah pengalaman yang dirasakan saat kita menggunakan produk (Website, Mobile App, Desktop App). Pengalaman apa yang kita rasakan, mulai dari rasa nyaman, suka, tidak suka, ribet, dan lain sebagainya yang membuat kita terus menggunakan ataupun menggantikan produk tersebut.

Kita harus melakukan UX Research dikarenakan kita ingin membuat suatu produk terus hidup, produk yang terus digunakan dan produk yang memberikan manfaat dan kemudahan untuk user. Karena UX termasuk salah satu aspek penting untuk menentukan sukses atau tidaknya sebuah produk.

Bagaimana cara melakukan UX Research?

Ketika anda ingin melakukan UX Research, anda diharuskan untuk mengetahui mengapa beberapa user menghindari dan memilih produk alternative yang lain.  Coba anda pikirkan mengapa user ataupun anda sendiri tidak mau menggunakan suatu produk website atau uninstall sebuah aplikasi di smartphone? Apakah menurut anda terdapat suatu fitur yang kurang, prosesnya lama, ataupun anda merasa susah dan bingung menggunakannya? Masalah tersebut yang membuat user akan memilih produk lain yang serupa dengan fitur yang lebih lengkap, memberikan kemudahan dan rasa nyaman dalam penggunaan produk tersebut. Maka user research sangat penting ketika kita ingin melakukan UX Research.

Hal yang harus diperhatikan ketika kita melakukan UX Research, yaitu kita harus berempati, peduli, mengerti, dan dapat mendukung apa yang diperlukan atau dibutuhkan oleh user. Mulai dengan memahami apa yang mereka inginkan, apa yang mereka butuhkan, dan tentukan bagaimana user research dapat meningkatkan pelayanan (Service Design).

Apa saja metode UX Research dan kapan penggunaannya dalam pengembangan User Experience?

  1. Requirements & Analysis

Tentukan siapa user dan customer anda

  1. Survey
  2. Persona / Market Segmentation
  3. Competitive Analysis
  4. Contextual Inquiry
  5. Stakeholders Interviews
  6. Quality Function Deployment

Tentukan seperti apa kebiasaan user

  1. Task Analysis
  2. Top Task Analysis
  1. Design & Development

Tentukan rancangan Interface

  1. Wireframe
  2. Porotype
  1. Testing & Evaluation Methods

Tentukan bagaimana akan di terapkan

  1. Card Sorting
  2. Tree Testing
  3. First Click Testing
  4. Keystroke Level Modeling
  5. Heuristic Evaluation

Tentukan permasalahan yang dirasakan user

  1. Moderate In Person Testing
  2. Moderate Remove Testing
  3. Unmoderated Remote Usability Testing
  1. Deployment Release
    1. Usability Benchmarking Study
    2. Unmoderated Remote Usability Testing
    3. Comparative Benchmarking Study
    4. A/B Testing
    5. Multivariate Testing

Survey

Cheppy Yovembra