School of Information Systems

Types of Customer Segment : Segmented

Sebelum masuk ke materi yang lebih spesifik, pertama–tama kita harus tau apa itu customer segment atau Segmentasi pelanggan? Customer segment adalah cara mempersonalisasi pesan pemasaran customer untuk berkomunikasi lebih baik dengan berbagai kelompok pelanggan, lalu kalau customer adalah bagian penting dari sebuah perusahaan, jika suatu perusahaan tidak ada customer maka percuma saja. Pembagian segmen pelanggan membagi pelanggan menjadi kelompok customer masing-masing atau organisasi yang berbeda sesuai dengan kebutuhan umum mereka, perilaku umum, atau tindakan lainnya. Pada akhirnya, organisasi harus memilih segmen mana yang akan ditayangkan dan segmen mana yang diabaikan.

Segmentasi pelanggan bergantung pada pengidentifikasian pembeda utama yang membagi pelanggan menjadi kelompok yang dapat ditargetkan. Informasi segmentasi pelanggan juga dapat dibagi menjadi:

  • Demografi pelanggan (usia, ras, agama, jenis kelamin, ukuran keluarga, etnis, pendapatan, tingkat pendidikan)
  • Geografi (tempat mereka tinggal dan bekerja)
  • Psikografis (kelas sosial, gaya hidup dan karakteristik kepribadian)
  • Perilaku (pengeluaran , konsumsi, penggunaan dan manfaat yang diinginkan) diperhitungkan saat menentukan praktik segmentasi pelanggan.

Segmentasi pelanggan dapat sangat berhasil pada pengontrolan pelanggan di mana organisasi dapat mengiklankan setiap grup secara berbeda dan berkonsentrasi pada persyaratan setiap jenis pelanggan pada waktu tertentu dengan memisahkan pelanggan ke dalam grup terpisah yang memiliki kebutuhan yang sama. Berdasarkan kemampuan atau keinginan bisnis, segmen konsumen ceruk besar atau kecil dapat ditangani.

Ilmu dari segmentasi pelanggan juga dibagi menjadi beberapa tipe, yaitu ada Mass Market, Niche Market, Segmented, Diversified, dan Multi-Sided Platforms / Multi-Sided Markets. Kebetulan pada tugas kali ini saya mendapatkan tipe yang segmented. Segmented membedakan customer dengan kebutuhan dan permasalahan yang berbeda namun masih dalam satu kategori. Model bisnis tersegmentasi bertujuan untuk menjangkau sektor pelanggan tertentu (baik umum atau khusus) mempertimbangkan pelanggan dengan kebutuhan dan tantangan yang sedikit berbeda. Jenis ini dapat menjangkau lebih dari satu segmen pelanggan yang tidak berbeda antara keinginan atau kebutuhan, contohnya jika saya memiliki tempat cuci motor dan mobil, ada 2 paket cuci yaitu paket cuci plus wax, dan satu lagi hanya di cuci biasa, cuci wash plus wax lebih kinclong dan mahal dibanding cuci biasa, namun bisa dilihat kesamaannya adalah customer sama-sama ingin membersihkan kendaraan mereka, tapi beda treatment nya.

Ada beberapa kelebihan dari customer segment analysis, salah satunya adalah membantu suatu perusahaan agar menggunakan taktik bisnis terbaik dan menghemat waktu, uang, dan energi. Kita juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan. Segmentasi pelanggan juga meningkatkan kredibilitas pelanggan dan membantu bisnis agar bisa berkonsentrasi pada customer satisfaction atau kepuasan pelanggan. Ini juga memungkinkan kita membuat konsumen ikut terlibat dengan hal yang benar dan layanan yang tepat pada waktu yang tepat. Membantu mengidentifikasi pelanggan yang paling tidak menguntungkan dan paling menguntungkan, sehingga membantu bisnis untuk memusatkan aktivitas pemasaran pada mereka yang paling mungkin membeli produk atau layanan kita. Beberapa benefits dari customer segmented yang saya dapat:

  • Membantu membangun hubungan loyal dengan pelanggan dengan mengembangkan dan menawarkan produk dan layanan yang mereka inginkan
  • Membantu meningkatkan layanan pelanggan
  • Membantu memaksimalkan penggunaan sumber daya Anda
  • Membantu meningkatkan atau menyesuaikan produk untuk memenuhi kebutuhan pelanggan
  • Membantu meningkatkan keuntungan dengan menekan biaya

Kepuasan pelanggan yang baik semakin hari terus meningkat sehingga segmentasi pelanggan harus dilakukan dengan sangat hati-hati karena keseluruhan rencana bisnis hanya bergantung pada audiens target bisnis.

Reference:

  • https://bbs.binus.ac.id/business-creation/2017/07/business-model-customer-segments/
  • https://searchcustomerexperience.techtarget.com/definition/customer-segmentation
  • https://bizmodpedia.wordpress.com/2018/01/06/bmc-1-customer-segments/
  • https://expressanalytics.com/blog/the-many-benefits-of-customer-segmentation-20151119
Ferdianto