School of Information Systems

Search Engine Optimization (SEO) for Social Media

Saat ini dengan semakin banyaknya orang menggunakan social media, tak jarang kita juga perlu mencari konten tidak hanya dari website, namun juga dari social media. Saat ini dikenal Search Engine Optimization (SEO) biasanya dilakukan akan membantu agar website dapat tampil di tampilan paling awal search engine sehingga membuat website tersebut semakin terkenal. Konsep kerja itu pun jika terdapat pada social media di mana agar content yang dipost di social media bisa dicari oleh orang, maka mereka menggunakan hashtag (contoh : #sisbinus ) dipostingan tersebut agar postingan tersebut dapat ditemukan orang jika mereka melakukan pencarian di social media.

Menurut Jan Zimmerman, Deborah Ng, berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk melakukan optimalisasi social media anda agar mudah dicari / ditemukan orang :

  • Menempatkan istilah pencarian Anda di media sosial: Anda dapat menempatkan istilah ini di banyak lokasi seperti Tag, Profil, Konten halaman, pembaruan status dan komentar metatag, judul, dan berita utama
  • Mengoptimalkan blog: Integrasikan nama domain Anda dengan URL blog Anda
  • Mengoptimalkan gambar, video, dan podcast: Anda dapat menggunakan kata kunci yang sering digunakan, metatag dari situs web atau blog Anda, atau teks yang dioptimalkan oleh anda
  • Setiap jejaring sosial memiliki aturan berbeda untuk nama dan profil akunnya. Ikuti aturan dengan hati-hati.

Selain itu menurut adespressodotcom, Social media juga berperan penting dalam membantu SEO. Ada 6 hal penting yan dibahas diantaranya :

  • Mendorong Lalu Lintas Data

Lalu lintas selalu dianggap sebagai salah satu faktor peringkat utama. Media sosial memengaruhi lalu lintas situs Anda dengan memberikan lebih banyak visibilitas ke konten Anda.

Saat banyak orang berbagi konten Anda dalam jaringan mereka, mereka akan mengirimkan lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda dan oleh karena itu, meningkatkan peringkat Anda.

  • Peringkat Profil dalam Hasil Mesin Pencari

Profil media sosial Anda tidak hanya terbatas pada media sosial; mereka juga mendapat peringkat dalam hasil mesin pencari. Mereka terlihat mencolok dalam hasil penelusuran yang terjadi, sering kali mereka muncul di halaman pertama.

Jadi merek Anda dapat meningkatkan visibilitas mesin pencari dan mengarahkan lebih banyak lalu lintas dengan membuat profil media sosial dan mengoptimalkannya.

  • Meningkatkan Jangkauan Konten Anda

Media sosial adalah saluran yang sangat baik untuk memastikan bahwa konten Anda dapat menjangkau orang sebanyak mungkin. Di mesin pencarian, orang hanya menemukan konten anda saat mereka menelusuri kata kunci yang relevan. Namun di media sosial, Anda akan menampilkan konten anda kepada orang-orang yang bahkan tidak menyadari bahwa mereka membutuhkan konten Anda.

  • Platform Media Sosial adalah Mesin Pencari

Orang tidak hanya menggunakan mesin telusur untuk mencari sesuatu. Dengan fungsi pencarian yang kuat, platform media sosial juga berfungsi sebagai mesin pencari yang berharga. Mungkin ada orang yang menemukan profil, halaman, atau konten Anda melalui pencarian media sosial.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengoptimalkan halaman dan konten media sosial Anda dengan kata kunci yang relevan untuk meningkatkan visibilitas Anda. Anda dapat menggunakan alat seperti SpyFu untuk mencari kata kunci yang diperingkat pesaing Anda dan kata kunci mana yang membuat mereka diklik.

Ini akan memberi Anda gambaran tentang kata kunci mana yang akan digunakan untuk memberikan konten Anda lebih banyak visibilitas di hasil pencarian media sosial dan mendorong lebih banyak klik ke situs Anda. Anda dapat mengoptimalkan biografi dan teks media sosial Anda dengan kata kunci ini.

  • SEO Lokal

Media sosial juga memengaruhi upaya SEO lokal Anda dalam beberapa cara.

Seperti yang telah Anda ketahui, NAP Anda (nama, alamat, dan nomor telepon bisnis Anda) memainkan peran penting dalam peringkat pencarian lokal.

Jika Anda mempertahankan informasi NAP yang konsisten di semua daftar dan situs web Anda, Google akan menganggap bisnis Anda lebih kredibel. Dan itu dapat meningkatkan peringkat Anda di hasil pencarian lokal. Yang membuatnya penting untuk menggunakan informasi NAP yang sama di seluruh profil media sosial, daftar lokal, dan situs web Anda.

Selain itu, beberapa platform media sosial memungkinkan Anda memberi tag geografis pada Cerita dan postingan Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak visibilitas di antara audiens lokal, membantu Anda memperluas jangkauan Anda.

  • SEO YouTube

Video YouTube mendapatkan peringkat menonjol dalam hasil mesin pencari. Faktanya, video YouTube yang populer dan relevan akan menjadi yang pertama muncul untuk pencarian tertentu.

Ini membuatnya penting untuk mengoptimalkan saluran dan video YouTube Anda untuk SEO. Yang perlu Anda lakukan adalah mengoptimalkan deskripsi dan judul video dengan kata kunci yang relevan. Ini akan membantu Anda mendapatkan lebih banyak visibilitas tidak hanya di dalam platform tetapi juga dalam hasil pencarian biasa.

Referensi :

Jan Zimmerman, Deborah Ng (2015). Social Media Marketing All-in-One For Dummies, John Wiley & Sons, Inc. New Jersey. ISBN: 978-1-118-95135-4

https://adespresso.com/blog/how-social-media-impacts-seo/

Ferdianto, S.Kom, M.MSI