School of Information Systems

Menciptakan Ekosistem yang Kuat untuk Mempertahankan Daya Saing (Bagian 4)

Digital commons 

Meskipun strategi ekosistem memberikan peluang untuk menciptakan nilai dengan cara mengatasi tantangan ini, beberapa pemimpin bisnis mungkin menahan diri untuk tidak menerapkannya karena takut akan kompleksitas yang terlibat. Namun kemajuan dalam TIK [teknologi informasi dan komunikasi] membuat model bisnis baru seperti ekosistem semakin dapat dicapai dan juga lebih hemat biaya. Teknologi ini memungkinkan ekosistem bisnis untuk mengumpulkan sumber daya dan pengetahuan yang beragam secara ekonomi yang tersebar di seluruh dunia dan menciptakan “digital commons”. 

Cara DS menyatukan para insinyurnya dan mereka yang bekerja di mitranya melalui TIK menunjukkan bagaimana koordinasi pekerjaan pembangunan di lusinan lokasi dapat dicapai. Platform perangkat lunak DS memungkinkan para insinyur di dalam labnya sendiri atau dengan mitra di tempat-tempat yang jauh seperti Amerika Serikat, Jepang, Cina, dan India untuk bekerja sama dalam desain 3D dalam waktu nyata hanya dengan sambungan Internet. Kemampuan ini merupakan keuntungan yang signifikan bagi perusahaan mana pun dengan strategi teknik dan manufaktur global. Oleh karena itu, TIK dapat meningkatkan luas dan kedalaman kolaborasi. 

Salah satu pengguna DS adalah Renault, perusahaan otomotif Prancis dan bagian dari Renault – Nissan – Mitsubishi Alliance. Ini telah menerapkan solusi DS sejak 2009 di semua geografi dan mereknya. Akses online ke model digital mock-up dan kembar virtualnya telah mengarah pada penyederhanaan kolaborasi antara situs teknik. Penggunaan antarmuka kolaboratif yang unik untuk semua pengembang di seluruh dunia ini mendukung rekayasa produk / proses secara bersamaan untuk mendapatkan desain yang benar untuk pertama kalinya. 

Renault menginginkan lingkungan PLM yang terintegrasi dan kolaboratif yang memungkinkan transparansi operasional yang lebih besar dan kemungkinan memvalidasi skenario melalui simulasi virtual dan manajemen online mock-up digital. Ini secara signifikan memudahkan pengambilan keputusan di seluruh komunitas pemangku kepentingan dan di seluruh siklus hidup produk mobil Renault, dari konsepsi hingga desain, kepatuhan, simulasi, dan manufaktur. 

The Ecosystem Leader’s Key Role 

Empat cara di mana pengembangan ekosistem dapat membuka nilai baru – melalui bundel produk baru, solusi pelanggan baru, ekonomi platform baru, dan pemijahan industri baru – memiliki karakteristik yang sama: Mereka membutuhkan proses di mana nilai pelanggan baru adalah ditemukan. Nilai baru tidak hanya dirakit atau dihadirkan dari elemen yang ada dengan mengikuti cetak biru yang telah ditentukan; itu harus diidentifikasi. Ekosistem bisnis menjadi miliknya sendiri dengan memfasilitasi proses penemuan. 

Menemukan sumber nilai baru membutuhkan tiga kemampuan utama yang unggul dalam ekosistem:  

  1. Potensi besar untuk pembelajaran dan inovasi bersama yang cepat;  
  2. Kemampuan untuk memanfaatkan kemampuan berbagai pemain dan menyalurkannya ke tujuan bersama melalui kepemimpinan perusahaan yang tercerahkan; dan  
  3. Fleksibilitas untuk konfigurasi ulang yang berkelanjutan dalam menghadapi lingkungan yang tidak pasti dan cepat berubah. 

 Dengan tuntutan ini, apa yang dapat Anda lakukan sebagai pemimpin ekosistem untuk mengkatalisasi dan mempromosikan penemuan nilai baru melalui strategi ekosistem Anda? 

Salah satu tindakan kunci bagi para pemimpin adalah fokus secara eksternal. Arahkan pandangan Anda pada apa yang terjadi di luar perusahaan Anda, dimulai dengan calon pelanggan. Beberapa pemimpin ekosistem telah berhasil dengan menghasilkan proposisi nilai baru secara internal, merancang ekosistem ideal mereka, dan kemudian dengan gigih mencoba membangunnya. Sebagian besar memulai dengan gagasan luas tentang di mana potensi nilai baru mungkin terletak, dan kemudian berbicara dengan calon pelanggan atau menguji coba produk, layanan, atau platform yang diduga untuk melibatkan mereka.  

Dalam banyak kasus, nilai dan bentuk ekosistem yang muncul kemudian tidak persis di mana atau seperti yang mereka harapkan pada awalnya. Beberapa strategi ekosistem muncul dari kegagalan awal; Dalam upaya untuk memahami dan mengatasi alasan mengapa kegagalan ini terjadi, para pemimpin ekosistem di masa depan telah menemukan di mana letak potensi nilai sebenarnya.

References: 

De Meyer, Arnoud dan Williamson, Peter J (2020). Creating a powerful ecosystem to sustain competitiveness, Strategy-Business.com  

Nuril Kusumawardani