School of Information Systems

Kenali 10 Usability Heuristics Pada Desain User Interface

Heuristic merupakan prosedur analitis untuk memberikan perkiraan yang tepat dan pengecekan ulang sebelum memberikan kepastian. Dapat disimpulkan bahwa Heuristic usability atau yang sering dikenal dengan heuristic evaluation adalah metode untuk menganalisa suatu alat atau objek agar memberikan kemudahan dalam penggunaan untuk dapat mencapai sutau tujuan.  Dalam Studi Nielsen terdapat 10 prinsip heuristic usability yang dapat diterapkan pada desain user interface sebagai berikut.

  1. Visibility of system status (Status sistem yang mudah dibaca)

Suatu kondisi dimana desain harus selalu memberikan informasi kepada pengguna tentang apa yang sedang terjadi, melalui feedback yang sesuai dan tepat waktu. Contohnya pada saat penulisan password.

  1. Match between system and the real world (Kecocokan antara sistem dan dunia nyata)

Desain haruslah memberikan informasi yang mudah dipahami oleh pengguna seperti menggunakan bahasa sehari-hari dan konsep yang mudah dimengerti. Hal tersebut dilakukan untuk memberikan kesan keakraban dan kepercayaan bagi pengguna.

  1. User control and freedom (Kebebasan dan kontrol pengguna)

Mampu memberikan kemudahan dan kebebasan kepada pengguna dalam menggunakan interface untuk menghindari kesalahan yang dapat terjadi. Contohnya seperti pengguna yang dapat melakukan undo, redo, dan lainnya. Ketika pengguna tidak sengaja menghapus email, maka pengguna dapat melakukan undo pada pesan tersebut.

  1. Consistency and standards (Standar dan Konsistensi)

Desain yang konsistens dan baik akan memudahkan pengguna dalam menggunakan fitur-fitur yang tersedia. Konsistensi dapat diterapkan juga dalam bahasa, penulisan kata-kata, navigasi, dan sebagainya. Sedangkan Standar yang dimaksud ialah mengenai platform dari sistemnya. Contohnya ketika ingin mengembangkan aplikasi mobile maka harus mengikuti standar atau petunjuk yang ada.

  1. Error prevention (Pencegahan error)

Kasus error atau bug seringkali ditemukan saat penggunaan sistem dan kondisi ini tidak dapat dihindari. Namun, dengan desain yang baik hal tersebut dapat mencegah pengguna melakukan kesalahan. Contohnya ketika ingin melakukan tweet  di Twitter, maka tombol “tweet” tidak akan bisa diklik sebelum pengguna menulis teksnya.

  1. Recognition rather than recall

Meminimalkan pengguna dalam mengingat dengan membuat elemen, tindakan/ aksi dan opsi terlihat oleh pengguna. Membuat sebuah desain aplikasi yang membuat pengguna dapat mengenali pola desain yang dibuat sehingga mereka bisa tetap menggunakan aplikasi tanpa harus mengingat langkah yang harus dilakukan setelahnya.

  1. Flexibility and efficiency of use (Fleksibel dan efisien untuk digunakan)

Poin ini menekankan bahwa sistem sebaiknya memberikan fleksibilitas dan keefisienan dalam penggunaan. Contoh penggunaan shortcut

  1. Aesthetic and minimalist design

Tampilan desain seharusnya tidak berisi informasi yang tidak relevan dan jarang dibutuhkan. Keberadaan informasi yang tidak relevan akan bersaing dan mengganggu informasi yang penting dan visibilitas informasi yang perlu bagi pengguna. Oleh karena, beberapa hal simple seperti pemilihan warna dan penempatan posisi yang tepat harus diperhatikan baik-baik.

  1. Help users recognize, diagnose, and recover from errors

Pesan error seharusnya ditulis dalam bahasa sederhana (tanpa kode), menunjukkan masalahnya, kemudain memberi saran untuk solusinya. Contohnya ketika melakukan registrasi pada suatu website ataupun aplikasi maka harus mengisi form dengan benar. Ketika terjadi kesalahan saat pengisian (sebelum mengirimkan), sistem dapat menunjukkan kesalahannya dan memberi saran sebagai solusinya.

  1. Help and documentation

Sistem harus memiliki dokumentasi yang relevan dan fitur “help” yang baik, sehingga pengguna dapat mempelajari segala sesuatu yang terkait dengan sistem.

 

Source:

https://www.codepolitan.com/mengenal-10-heuristic-usability-pada-user-interface-5b4481dc6d6d2

https://riyanthisianturi.com/10-usability-heuristics-jakob-nielsen/

https://www.nngroup.com/articles/ten-usability-heuristics/

https://uniteux.com/blog/nielsens-10-usability-heuristics

https://blog.docotel.com/heuristic-usability-pada-user-interface-part-2/

https://blog.docotel.com/heuristic-usability-pada-user-interface-ui-part-1/

Nur Anisa