School of Information Systems

Apa Fitur Unik E-Commerce, Pasar Digital, Dan Barang Digital

Di zaman era digital seperti saat ini tentu saja manusia memiliki pemikaran dan inovasi yang luas. Bahkan masyarakat pedesaan ataupun perkotaan sangat bergantung pada teknologi. Dan teknologi saat ini sudah sangat berkembang dan berguna dalam aktivitas atau kegiatan sehari-hari manusia. Dan dalam dunia bisnis saat ini yang dibutuhkan adalah sebuah teknologi apalagi dunia bisnis saat ini sudah berbasis online sehingga membuat bisnis saat ini menjadi efisien, praktis , dan mempermudah dalam menjual dan membeli sebuah barang.

Dalam beberapa waktu belakangan ini media dihebohkan oleh sebuah penemuan yang cukup menggemparkan dunia perbisnisan. Penemuan tersebut melibatkan jejaringan sosial, yaitu sebuah situs yang menyediakan sebuah lapak di dunia maya untuk membangun sebuah komunitas atau link yang dapat diakses oleh semua manusia. Penemuan ini disebut dengan E-commerce.

E-commerce adalah sebuah perdagangan, penjualan, pembelian, menggunakan jaringan telekomunikasi seperti internet. Sederhananya E-commerce adalah membuat, mengelola, dan meluaskan hubungan komersial secara online.

8 KEUNIKAN FITUR DALAM E-COMMERCE : 

1. UBIQUITY

Memiliki arti yang artinya e-commerce itu ada dimana-mana e-commerce menggunakan Teknologi internet atau web yang tersedia dan dapat diakses dimanapun , effectnya dari fitur ini adalah Marketplace dihapus dari temporal, lokasi geografis untuk menjadi marketspace serta kenyamanan pelanggan ditingkatkan dan biaya belanja dikurang

2. GLOBAL REACH

Memiliki arti teknologi ini sangat luas dan memungkinkan E-commerce dapat mendunia. Efeknya memungkinkan perdagangan melintasi batas-batas budaya dan nasional dengan mulus tanpa modifikasi serta market space termasuk berpotensi, miliran konsumen dan jutaan bisnis diseluruh dunia.

3. UNIVERSAL STANDART

Sistem komputer yang berbeda memudahkan untuk berkomunikasi satu dengan yang lain dengan masuk ke berbagai kelas pasar dari pasar yang lebih rendah maupun lebih tinggi.

4. RICHNESS

Fitur ini mendukung untuk menyampaikan pesan audio, video dan teks kepada konsumen sekalipun.

5. INTERACTIVITY

Adanya interaksi antara penjual dan pembeli.

6. INFORMATION DENSITY

Total jumlah dan kualitas dalam informasi padat.

7. PERSONALIZATION / CUSTOMIZATION

Memungkinkan adanya modifikasi pesan dan barang.

8. SOCIAL TECHNOLOGY

Dapat mempromosikan barang atau produk menggunakan teknologi.

DIGITAL MARKETS

Digital marketing adalah suatu usaha untuk melakukan pemasaran sebuah brand atau produk melalui dunia digital atau internet. Tujuannya ialah untuk menjangkau konsumen maupun calon konsumen secara cepat dan tepat waktu. Secara mudahnya ialah, Digital marketing ialah suatu cara untuk mempromosikan produk / brand tertentu melalui media internet. Bisa melalui iklan di internet, facebook, youtube, ataupun media sosial lainnya. Contoh digital market : Pocari Sweat

GOODS MARKET

Barang adalah produk konsumsi nyata, artikel, komoditas yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pelanggan dengan imbalan uang serta memiliki karakteristik fisik yaitu bentuk, penampilan, ukuran, berat dan lain-lainnya. Barang mampu memuaskan keinginan manusia dengan memberikan utilitas atau kegunaannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan. Barang atau Goods pada dasarnya dapat dipakai sekali saja ataupun ada yang bisa dipakai untuk berulang kali.

Kesimpulan yang saya dapat adalah dengan berkembangnya teknologi pada masa sekarang sangat mempermudah kegiatan manusia dalam berbisnis karena sudah banyak sekali E-commerce yang ada tinggal kitanya saja yang harus memanfaatkan itu dengan baik dan menjadikan itu sebagai peluang bisnis yang besar.

Referensi :

  • https://ilmumanajemenindustri.com/pengertian-perbedaan-barang-dan-jasa-goods-and-services/
  • http://ebisnisupdate.blogspot.com/2016/02/8-fitur-unik-punya-si-e-commerce.html
Andreas Raharto Condrobimo