School of Information Systems

Analisis SLEPT dan Contoh pada Kasus

Analisis SLEPT dan Contoh pada Kasus

Zaki Izzani Akbar

Terdapat beberapa faktor makro-ekonomi lain yang dapat memberikan dampak mendalam terhadap kinerja perusahaan. Ketika perusahaan meluncurkan suatu produk atau jasa baru, maka diperlukan analisis. Salah satu analisis yang paling umum untuk menilai faktor-faktor makro ekonomi eksternal terkait dengan situasi tertentu adalah Analisis SLEPT.

SLEPT adalah singkatan dari Social (sosial), Legal (hukum), Economy (ekonomi), Political (politik), dan Technological (teknologi). Analisis SLEPT merupakan sebuah analisa mengenai e-environment oleh suatu perusahaan yang dipengaruhi oleh faktor Social, Legal, Economic, Politic, dan Technology (SLEPT). Pada dasarnya, analisis SLEPT dapat membantu seseorang menentukan bagaimana faktor Sosial, Hukum, Ekonomi, Politik, dan Teknologi akan memengaruhi kinerja dan aktivitas bisnis dalam jangka panjang. Analisis SLEPT ini sering digunakan bersamaan dengan alat analitik lainnya. SLEPT digunakan untuk menekankan pentingnya hukum dalam mempengaruhi praktik pemasaran internet.

Berikut ini adalah perbedaan masing-masing faktor pada analisis SLEPT:

  1. Sosial

Pengaruh persepsi pelanggan dalam menentukan penggunaan internet untuk berbagai kegiatan. Pada faktor sosial ini akan menganalisis lingkungan sosial ekonomi pasarnya melalui elemen-elemen seperti demografi pelanggan, sosial budaya, sikap dan gaya hidup serta latar belakang pendidikan.

  1. Legal

Pengaruh hukum atau sebuh undang-undang yang ada pada sebuah negara atau daerah terhadap sebuah bisnis, produk, maupun jasa.

  1. Ekonomi

Variasi dalam kinerja ekonomi di berbagai negara dan wilayah memengaruhi pola pengeluaran dan perdagangan internasional. Analisis di faktor ekonomi ini, perusahan atau organisasi akan memeriksa dan meninjau masalah ekonomi yang berdampak pada perusahaan. Ini akan mencakup faktor-faktor seperti suku bunga, inflasi, pertumbuhan ekonomi, nilai tukar mata uang, tingkat pengangguran dan tahap siklus bisnis pada Negara yang bersangkutan.

  1. Politik

Pengaruh dari faktor pemerintahan atau politik terhadap bisnis, produk, atau jasa. Faktor ini akan menilai bagaimana peraturan pemerintah dan faktor hukum dalam memengaruhi lingkungan bisnis dan perdagangan. Masalah utama dalam faktor politik ini adalah pedoman pajak, stabilitas politik, ideologi negara, peraturan ketenagakerjaan. peraturan keselamatan dan peraturan perdagangan

  1. Teknologi

Perkembangan pada teknologi menawarkan peluang baru untuk cara produk dapat dipasarkan. Pada faktor teknologi menganalisis dan menilai bagaimana teknologi dapat berdampak positif atau negatif terhadap pengenalan produk atau layanan ke pasar. Faktor teknologi mencangkup kemajuan teknologi, pengeluaran untuk penelitian teknologi oleh pemerintah, peran Internet, dan siklus hidup teknologi.

Contoh Kasus

Sebuah perusahaan pemasaran motor listrik sedang melakukan analisis terhadap negara-negara yang memiliki potensi besar untuk memasarkan motor listriknya. Berikut ini adalah hasil analisi SLEPT dari perusahaan pemasaran motor listrik:

  • Sosial
  • Memiliki kendaraan yang dapat mengurangi polusi itu adalah hal yang keren
  • Kaum milenial menginkan motor yang dapat mengurangi polusi
  • Hukum
  • Hukum hak cipta dan paten
  • Hukum perlindungan konsumen
  • Ekonomi
  • Pertumbuhan ekonomi semakin tahun semakin meningkat
  • Suku bunga peminjaman yang relative cukup tinggi
  • Politik
  • Kebijakan mengurangi kendaraan berbahan bakar minyak
  • Subsidi untuk listrik untuk motor listrik
  • Teknologi
  • Perkembagan teknologi baterai yang tidak mencukupi
  • Tidak adanya stasiun pengisian listrik untuk baterai motor listrik

Sumber:

  • https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2HTML/2013100965SIBab2001/page11.html
  • https://ilmumanajemenindustri.com/analisis-pest-dan-contoh-analisis-pest/
Zaki Izzani