School of Information Systems

3 Strategi Penargetan Ulang untuk Meningkatkan Konversi

Selama beberapa tahun terakhir, penargetan ulang terus tumbuh sebagai cara yang efektif untuk memperoleh prospek dan pelanggan baru. Berikut ini beberapa statistik yang perlu dipertimbangkan: pelanggan yang ditargetkan ulang tiga kali lebih mungkin mengklik iklan Anda, dan 70% lebih mungkin untuk berkonversi. Hasilnya, 50% pemasar berencana untuk meningkatkan anggaran penargetan ulang mereka dalam 6 bulan ke depan, dan 20% memiliki anggaran khusus untuk itu. Beberapa saran kami sejak saat itu masih berlaku, bersama dengan tren baru lainnya yang layak untuk dibahas.

  • Konten Masih Menjadi Raja

Tujuan dari penargetan ulang adalah untuk mendorong konversi, tetapi Anda perlu memberi orang sesuatu yang substansi untuk memfasilitasi proses itu. Hal yang hebat tentang penargetan ulang dengan konten adalah bahwa hal itu memberikan peluang untuk terhubung dengan dan memberikan nilai kepada prospek yang belum siap untuk membeli tanpa terlihat terlalu memaksa. Bagi seseorang yang saat ini hanya tertarik secara santai pada produk Anda, whitepaper atau ebook yang tepat waktu bisa sangat membantu untuk menggerakkan mereka menuju pembelian. Dengan asumsi Anda memiliki serangkaian konten yang sudah mapan yang sudah dibuat untuk tujuan lain, taktik ini seharusnya tidak memerlukan biaya tambahan.

Untuk memutuskan konten mana yang akan digunakan untuk kampanye Anda, cari tahu apa yang berkinerja terbaik Anda berdasarkan data perilaku. Bagaimana Anda mendefinisikannya terserah Anda-waktu di halaman atau tampilan/unduh dapat menjadi tempat yang baik untuk memulai. Jika Anda memiliki kemampuan, urutkan konten Anda berdasarkan pendapatan multisentuh yang dibuat; jika aset memiliki rekam jejak yang terbukti memfasilitasi konversi, maka aset tersebut sempurna untuk iklan penargetan ulang. Selanjutnya, segmentasikan konten Anda, sehingga pengguna menerima hal yang tepat pada waktu yang tepat.

  • Pengaturan waktu adalah segalanya

Bahkan dengan konten yang dibuat dengan sempurna untuk audiens yang tepat, strategi penargetan ulang Anda akan berantakan jika waktu Anda tidak tepat. Menunggu terlalu lama, dan Anda berisiko kehilangan minat mereka, bergerak terlalu cepat, dan Anda mungkin membuat mereka takut. Memaku waktu upaya penargetan ulang Anda akan tergantung pada jenis anggota audiens yang Anda targetkan dan jenis produk yang Anda tawarkan.

Berikut ini beberapa praktik terbaik:

    • Serang dengan cepat: Iklan penargetan ulang pertama Anda harus muncul segera setelah kontak pertama. Tangkap pengunjung pertama kali ini sebelum mereka melupakan Anda dan pergi dengan pesaing Anda.
    • Kemudian pelan-pelan: Setelah perkenalan Anda, perlambat, sehingga Anda tidak kehabisan sambutan. Buat “batas frekuensi” yang mengontrol irama iklan display Anda. Dan bagi mereka yang berhasil mengonversi, pastikan Anda memiliki kontrol untuk menarik mereka keluar dari aliran iklan Anda.
    • Sinkronkan dengan peristiwa penting: Acara-acara penting adalah cara yang bagus untuk mengaktifkan kembali audiens Anda tanpa terlihat terlalu mengganggu. Pertimbangkan penargetan ulang dengan diskon pendaftaran menjelang pameran dagang berikutnya atau menginformasikan audiens Anda tentang peluncuran produk atau peningkatan layanan yang akan datang.
    • Pantau perilaku: Gunakan alat yang dapat melacak bagaimana pengguna menggunakan situs web Anda untuk memastikan bahwa upaya penargetan ulang Anda mencerminkan perilaku terbaru seperti kunjungan halaman, pengisian formulir, dan unduhan terbaru.

 

  • Masalah Atribusi

15 tahun yang lalu, normanya adalah dua titik sentuh sebelum pembelian-sekarang jumlahnya mencapai enam. Jika Anda memberikan kredit konversi penuh pada iklan pertama atau terakhir yang diklik pengguna, Anda salah melakukannya. Dengan terlalu menyederhanakan proses penjualan, Anda menyangkal kesempatan untuk mengoptimalkan pengeluaran di saluran yang tepat. Selain itu, tanpa kemampuan untuk menunjukkan dampak nyata dari berbagai upaya pemasaran, Anda berisiko memiliki anggaran yang dialokasikan kembali ke departemen yang “berkinerja lebih tinggi”.

Tidak ada solusi satu ukuran untuk semua untuk atribusi pendapatan, karena itu akan tergantung pada perjalanan pembeli Anda. Namun, hal ini bisa jadi sulit, dengan penelitian dari AdRoll yang menemukan bahwa hambatan terbesar dalam penerapan atribusi adalah kurangnya pengetahuan dan keterbatasan teknologi. Jadi, bagaimana Anda memecahkan teka-teki atribusi pendapatan? Pertimbangkan untuk berinvestasi dalam perangkat lunak atribusi pemasaran seperti Bizible, yang menggabungkan data perilaku dan iklan dengan hasil penjualan untuk membantu Anda membuat keputusan pemasaran yang tepat. Mendapatkan data ini memberi Anda wawasan yang diperlukan untuk mengoptimalkan kampanye penargetan ulang Anda dengan benar. Tanpa informasi ini, Anda menembak dalam kegelapan, menghabiskan uang Anda secara acak alih-alih memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya.

  • Menyatukan Semuanya

Ingatlah bahwa sebagian besar pengunjung situs web tidak berkonversi pada kunjungan pertama mereka, jadi penargetan ulang mereka sangat penting untuk tetap berhubungan dan tetap menjadi yang teratas sampai mereka siap untuk membeli. Dengan pesan yang tepat dan waktu yang tepat, Anda berada di kursi pengemudi untuk mencapai tujuan ini. Dan dengan atribusi yang diukur dengan cermat, Anda berada dalam posisi untuk membuktikan bahwa semua itu sepadan.

 

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/08/3-retargeting-strategies-to-boost-conversions.html

Yakob Utama Chandra