School of Information Systems

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Selama Wawancara Pengguna (Part 3)

d. MembiarkanPengamat Mempengaruhi Wawancara 

Meskipun minat dalam penelitian pengguna itu baik, seorang pengamat di ruang wawancara dapat menghambat kemampuan untuk membangun hubungan baik, yang, sekali lagi, dapat membatasi keinginan peserta Anda untuk berbagi detail intim tentang pengalaman mereka. 

Wawancara dimaksudkan untuk menjadi percakapan satu lawan satu yang ramah; saat Anda menambahkan pengamat yang dapat menyisipkan pertanyaan mereka sendiri, itu bisa terasa lebih seperti interogasi. Meskipun tidak selalu merupakan pemecah kesepakatan untuk memiliki satu atau dua pengamat yang hadir selama wawancara, semakin tidak terlihat mereka bagi peserta Anda, semakin tidak canggung wawancara Anda. 

Untuk menghindari kesalahan ini: 

Rekam wawancara (sebagaimana dinyatakan di atas) dan tawarkan rekaman kepada pemangku kepentingan atau anggota tim yang tertarik sesudahnya. Taktik ini membuat pengamat benar-benar keluar dari ruangan dan memastikan kondisi terbaik untuk membangun hubungan baik. Meskipun demikian, ini juga tidak ideal untuk membantu pemangku kepentingan atau klien membangun empati dan kesamaan, karena mereka mungkin hanya menonton sebagian dari wawancara (atau tidak menontonnya sama sekali). 

Tetapkan harapan dan aturan dasar bagi pengamat. Fasilitator wawancara harus menjadi satu-satunya orang yang mengajukan pertanyaan kepada peserta. Karena pengamat tidak secara aktif membangun hubungan baik dengan peserta (dan kadang-kadang, mungkin bukan fasilitator terlatih), pertanyaan yang mungkin mereka ajukan mungkin tidak diterima secara positif atau mungkin hanya menghasilkan tanggapan singkat. Tetapkan harapan dan aturan dasar sebelumnya (mungkin dalam email atau undangan kalender terpisah), dan adakan tanya jawab singkat untuk pengamat setelah sesi (atau serangkaian sesi) sehingga pertanyaan penelitian tambahan apa pun dapat diperhitungkan dalam iterasi wawancara di masa mendatang. (Catatan: Jika Anda menjalankan wawancara melalui obrolan video, mungkin membantu untuk memilih alat rapat yang menyembunyikan daftar peserta dari peserta.) 

Batasi jumlah staf wawancara di dalam ruangan hingga 3 orang dan jauhkan mereka dari pandangan. — baik melalui cermin dua arah atau dengan menempatkannya ke samping, di luar jangkauan penglihatan peserta. Jika menjalankan wawancara di obrolan video dan Anda tidak dapat menyembunyikan daftar peserta, pertimbangkan untuk meminta pengamat menghapus gambar profil mereka, atau mengganti nama diri mereka menjadi sesuatu yang kurang dapat dikenali, seperti rangkaian huruf/angka acak. Namun, peserta mungkin terpengaruh oleh pengetahuan bahwa mereka sedang diawasi. 

Sebagai poin yang lebih umum, sebagian besar pemangku kepentingan hanya bersedia mencurahkan waktu terbatas untuk mengamati riset pengguna. Bahkan anggota tim UX yang sebenarnya mungkin tidak punya waktu untuk mengamati semua penelitian, terutama jika mereka bukan peneliti itu sendiri. Dalam kedua kasus, lebih baik mengalokasikan sebagian besar waktu terbatas orang-orang ini untuk mengamati sesi perilaku (seperti pengujian kegunaan) di mana mereka dapat melihat pengguna benar-benar menggunakan produk. 

e. Leading the Participant

Yang paling membahayakan dari semua kesalahan fasilitator adalah secara tidak sengaja membelokkan perilaku atau priming peserta. Beberapa peneliti mungkin secara tidak sengaja “menunjukkan kartu mereka” dan mengungkapkan maksud studi penelitian terlalu dini, sehingga membiaskan kontribusi peserta. 

Misalnya, jika kami memberi tahu peserta, “Kami sedang mempelajari seberapa besar rekomendasi dari mulut ke mulut memengaruhi pembelian real estat,” peserta dapat memfokuskan tanggapan mereka pada rekomendasi dari mulut ke mulut baru-baru ini. Di sisi lain, jika kami mengatakan, “Kami sedang mempelajari bagaimana orang melakukan proses pembelian rumah mereka,” peserta mungkin mengungkapkan bahwa mereka tidak menggunakan rekomendasi dari mulut ke mulut sama sekali, tetapi menghabiskan banyak waktu secara mandiri. menjelajahi daftar real-estate online. 

Seperti yang terlihat sebelumnya, bahasa tubuh juga bisa menjadi peserta utama. Sebuah anggukan kepala lambat berubah menjadi kuat mungkin mengisyaratkan kepada peserta bahwa tanggapan mereka tiba-tiba menjadi menarik. Demikian pula, bagaimana pertanyaan diutarakan dapat mengubah tanggapan peserta. Misalnya, pertanyaan “Seberapa penting harga saat melihat peralatan pemeliharaan rumput?” mungkin menghasilkan respons yang dapat diprediksi “Ya, harga sangat penting,” karena ini menyiratkan bahwa harga harus dipertimbangkan dan kebanyakan orang ingin merespons dengan cara yang diinginkan dan dapat diterima secara sosial. Itu juga mengingatkan orang akan harga, meskipun beberapa orang mungkin tidak langsung memikirkannya. Pertanyaan yang lebih baik adalah “Faktor apa yang Anda gunakan saat memilih peralatan pemeliharaan rumput?” 

Untuk menghindari kesalahan ini: 

Saat memperkenalkan diri Anda dan studi, jaga agar tujuan studi relatif tidak jelas, untuk menghindari pengguna utama. 

Pertahankan pertanyaan seterbuka mungkin dan mulai topik secara luas sebelum mempersempit dengan pertanyaan lanjutan. 

Perhatikan bahasa tubuh Anda dan cobalah untuk tetap konsisten sepanjang wawancara. Anda tidak perlu tegas atau seperti robot, tetapi pastikan Anda tetap netral, namun ramah dan tertarik. 

Kesimpulan 

Wawancara adalah metode untuk mempelajari tentang bagaimana pengguna Anda melihat dunia. Untuk memaksimalkan kualitas penelitian Anda, luangkan waktu untuk membangun hubungan dan fokus untuk menjadi pendengar yang berpikiran terbuka. 

 

Part 1 : Click Here

Part 2 : Click Here

Nuril Kusumawardani