School of Information Systems

5 Kesalahan yang Harus Dihindari Selama Wawancara Pengguna (Part 1)

Wawancara pengguna adalah alat penelitian yang dapat memberikan wawasan tentang kebutuhan dan keyakinan pengguna, sekaligus membangun empati. 

Tidak semua wawancara memenuhi syarat sebagai wawancara penelitian. Sementara wawancara jurnalistik mungkin memiliki beberapa kesamaan dengan wawancara pengguna, wawancara penelitian berfokus pada pengumpulan informasi yang tidak menghakimi dan objektif tentang kebutuhan, harapan, dan interaksi pengguna dengan produk atau kelas produk. Jadi, tidak setiap percakapan dengan pengguna dapat dianggap sebagai wawancara penelitian. 

Sayangnya, bahkan dengan niat terbaik, dapat dengan mudah membiaskan atau memengaruhi tanggapan peserta Anda. Wawancara pengguna memerlukan banyak perhatian terhadap detail, dan bisa gagal karena sejumlah alasan berbeda, tetapi jika Anda fokus untuk menghindari kesalahan umum ini, Anda dapat memastikan bahwa data yang Anda kumpulkan objektif, tidak bias, dan secara metodologis masuk akal.

Kesalahan Umum dalam Wawancara 

a. MembangunHubungan yang Tidak Memadai 

Bagi sebagian orang, obrolan ringan mungkin terasa seperti hal yang tidak perlu atau membuang-buang waktu wawancara yang berharga. Namun, terburu-buru dan terjun langsung ke wawancara pengguna tanpa menghabiskan cukup waktu untuk membangun hubungan akan membatasi kualitas (dan kuantitas) data yang akan Anda dapatkan dari wawancara itu. 

Selama wawancara tatap muka, salah satu cara yang baik untuk membangun hubungan tanpa menghabiskan terlalu banyak waktu adalah dengan menjemput peserta secara pribadi dari ruang tunggu (daripada mendelegasikan tugas itu kepada orang lain). Bahkan jika Anda tidak memiliki “ruang tunggu”, atau melakukan wawancara dari jarak jauh, pastikan untuk meluangkan waktu untuk mengatur nada dan membuat peserta Anda merasa nyaman. 

Beberapa pewawancara — dalam upaya mereka untuk membangun hubungan yang maksimal dan tampak semenyenangkan mungkin — mungkin mulai berbagi pengalaman mereka sendiri untuk membangun solidaritas dan empati dengan peserta. Namun, pendekatan ini dapat mengubah tanggapan peserta dengan menjelaskan apa yang menarik minat pewawancara dan juga dapat menyebabkan peserta menarik diri jika ada pengalaman yang tidak mereka bagikan dengan pewawancara. 

Untuk menghindari kesalahan ini: 

Perkenalkan diri Anda dan tanyakan kepada peserta tentang hari mereka, di luar lingkup wawancara. Jenis interaksi ini dapat memberikan konteks tambahan yang berharga tentang pelanggan Anda dan kehidupan mereka di luar penggunaan produk dan layanan kami. 

Bicaralah dengan tenang dan perlahan dan cobalah untuk tidak berbicara lebih dari peserta. Peserta akan sering “mencerminkan” peneliti, jadi berbicara perlahan akan membantu mereka tetap tenang juga. Ini juga akan memberikan waktu bagi peserta untuk memikirkan tanggapan mereka. Usahakan agar peserta berbicara sekitar 80% dari waktu wawancara. 

Hindari kata “wawancara” dalam interaksi Anda dengan peserta; merujuk wawancara sebagai “obrolan”, untuk membuatnya tampak kurang menghakimi. Kata “wawancara” sering dikaitkan dengan wawancara kerja dan dapat meningkatkan kecemasan (akibatnya menghambat hubungan baik).

b. TidakCukupPertanyaan “Menyelidiki”(Probing Questions) 

Probing, atau tindakan mengajukan pertanyaan lanjutan untuk mendapatkan informasi spesifik dan mendalam, efektif untuk mengungkap motivasi dan alasan di balik perilaku, sikap, dan perspektif tertentu. Pertanyaan menyelidik seperti “Bagaimana perasaan Anda?”, “Menurut Anda mengapa?”, atau “Bisakah Anda memberi tahu saya lebih banyak tentang itu?” dapat membuat peserta berbagi lebih banyak informasi atau mengklarifikasi apa yang mereka maksudkan dalam pernyataan sebelumnya. 

Jenis pertanyaan ini bisa terasa sedikit canggung atau mengganggu jika Anda tidak terbiasa untuk sering menanyakannya; namun, tidak mengajukan pertanyaan menyelidik dapat membatasi kedalaman dan kekhususan tanggapan peserta Anda dan dapat menyebabkan kesalahpahaman dan ambiguitas dalam data penelitian Anda. Para peneliti mungkin menemukan diri mereka mencoba untuk mengekstrapolasi makna dari kutipan pengguna (daripada mengandalkan penjelasan langsung dari peserta). 

Untuk menghindari kesalahan ini: 

Rencanakan pertanyaan tindak lanjut opsional untuk setiap pertanyaan wawancara saat Anda menulis panduan wawancara. Bahkan jika Anda tidak bertanya kepada mereka, ada baiknya Anda menyiapkan beberapa pertanyaan lanjutan untuk dijadikan bahan pertimbangan. Ini harus spesifik untuk masalah yang Anda selidiki (dalam cakupan ini) dan rentang tingkat kekhususan dari yang lebih luas (baik dalam tidak mengasumsikan jawaban) hingga sangat tepat (sesuatu yang benar-benar ingin Anda ketahui, tetapi tidak ingin mengungkitnya). sendiri kecuali benar-benar diperlukan). 

Simpan bank probe generik di bagian atas (atau bawah) panduan wawancara Anda sehingga Anda dapat menggunakannya kembali saat dibutuhkan, daripada berulang kali bertanya “Mengapa?” Pertanyaan umum bagus untuk tidak mengarahkan pengguna, tetapi Anda memang membutuhkan bank itu, karena dengan cepat akan mengganggu responden untuk berulang kali ditanyai pertanyaan umum yang sama (mis., “Bagaimana perasaan Anda?”) 

 

Part 2 : Click Here
Part 3  : Click Here

 

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031