School of Information Systems

Cara Menciptakan Hubungan Antarmanusia dengan Strategi Pemasaran Lintas-Saluran

Tahukah Anda bahwa rata-rata orang terpapar lebih dari 10.000 pesan pemasaran dalam sehari? Dalam lanskap yang terlalu jenuh ini, tidak mengherankan jika pelanggan sering mengabaikan taktik pemasaran tradisional.

Namun, bagaimana jika Anda dapat menerobos kebisingan dan menjalin hubungan yang tulus dengan audiens Anda? Dengan memanfaatkan strategi pemasaran lintas saluran dengan sentuhan manusiawi, Anda bisa membangun kepercayaan, loyalitas, dan pada akhirnya mendorong penjualan.

Artikel ini akan memandu Anda tentang cara mencapai hal tersebut. Teruslah membaca untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dari manusia ke manusia (Human to Human / H2H) dan strategi lintas saluran dapat membantu Anda menciptakan pendekatan pemasaran yang beresonansi dengan audiens Anda.

Menenun narasi merek yang kohesif di berbagai saluran

Untuk terhubung secara efektif dengan audiens target Anda, membangun kehadiran di berbagai saluran pemasaran tidaklah cukup. Anda perlu menceritakan kisah yang konsisten yang beresonansi dengan mereka, terlepas dari platform yang mereka gunakan untuk berinteraksi dengan merek Anda. Di sinilah pemasaran lintas saluran berperan.

Pemasaran lintas saluran melibatkan penciptaan pengalaman pelanggan yang terpadu di semua saluran pemasaran Anda, seperti media sosial, email, situs web, dan bahkan saluran offline. Dengan menjalin narasi merek yang kohesif di seluruh saluran ini, Anda memastikan bahwa pesan Anda konsisten dan memperkuat identitas merek Anda.

Sebagai contoh, katakanlah Anda menjalankan kampanye media sosial untuk mempromosikan produk baru. Dalam pendekatan lintas saluran, Anda juga akan membuat buletin email dengan informasi yang lebih rinci tentang produk, dan memperbarui situs web Anda dengan halaman arahan yang memperluas fitur dan manfaat produk.

Dengan menyesuaikan pesan Anda dengan kekuatan spesifik setiap saluran, Anda dapat menciptakan perjalanan yang mulus bagi pelanggan Anda, memandu mereka melalui setiap langkah proses pembelian dalam strategi pemasaran lintas saluran Anda.

Inti dari kampanye pemasaran lintas saluran yang sukses adalah narasi merek yang kohesif. Narasi ini harus dijalin di setiap titik kontak, menumbuhkan rasa keakraban dan kepercayaan dengan audiens Anda, yang dapat meningkatkan keterlibatan, loyalitas, dan pada akhirnya, penjualan.

Memperkuat hubungan di setiap interaksi

Penting untuk membangun hubungan yang kuat dan bermakna dengan pelanggan Anda agar sukses. Hal ini dapat dicapai dengan menciptakan serangkaian interaksi yang terjadi di berbagai titik kontak. Dengan melibatkan pelanggan di berbagai saluran dalam pemasaran lintas saluran Anda, Anda dapat menciptakan hubungan yang terasa alami dan berkesinambungan.

Pemasaran H2H menekankan pentingnya hubungan personal. Setiap interaksi dengan pelanggan adalah kesempatan untuk membangun kepercayaan dan memperkuat hubungan. Hal ini dapat dicapai dengan menyediakan komunikasi yang dipersonalisasi dan relevan yang memenuhi kebutuhan dan minat mereka. Dari email pertama yang mereka terima hingga percakapan live chat yang mereka lakukan, setiap titik kontak dalam strategi lintas saluran Anda memberikan kesempatan untuk memperdalam hubungan.

Rangkul komunikasi dua arah Pemasaran seharusnya tidak menjadi jalan satu arah di mana Anda hanya mempromosikan produk atau layanan Anda. Sebaliknya, penting untuk mendorong interaksi di semua saluran untuk membangun kepercayaan dan loyalitas dengan pelanggan Anda.

Pemasaran H2H adalah tentang melakukan percakapan, bukan menyampaikan monolog. Tanggapi komentar di platform media sosial dengan segera. Hal ini tidak hanya

menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pendapat pelanggan, tetapi juga membantu Anda untuk mengatasi masalah yang mungkin mereka miliki.

Selain itu, menjawab pertanyaan melalui email, WhatsApp, dan platform perpesanan lainnya dapat membantu Anda memberikan jawaban yang lebih mendalam dan membangun hubungan yang lebih kuat dengan pelanggan, karena Anda mengembangkan hubungan yang dipersonalisasi dengan mereka.

Cara lain yang efektif untuk mendorong komunikasi dua arah dalam strategi lintas saluran Anda adalah dengan meminta umpan balik melalui survei atau jajak pendapat. Hal ini memungkinkan pelanggan Anda untuk berbagi pemikiran dan pendapat mereka tentang produk atau layanan Anda, dan juga membantu Anda mengidentifikasi area yang perlu ditingkatkan.

Sumber: https://dotdigital.com/blog/human-connections-cross-channel-marketing-strategies/

Yakob Utama Chandra