School of Information Systems

PENGAMBILAN KEPUTUSAN JANGKA PENDEK

Setiap perusahaan membutuhkan informasi dalam menjalankan fungsi-fungsi manajemennya. Salah satu informasi yang penting bagi perusahaan yaitu biaya. Menurut Mulyadi (2015, 8) biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi yang diukur dalam satuan uang yang telah terjadi atau yang kemungkinan akan terjadi untuktujuan tertentu. Terdapat empat unsur utama dalam definisi biaya sebagai berikut:

  1. Biaya merupakan pengorbanan sumber ekonomi
  2. Diukur dalam satuan uang
  3. Yang telah terjadi atau yang secara potensial akan terjadi
  4. Pengorbanan tersebut untuk tujuan tertentu. Perusahaan dapat dikatakan mencapai efisiensi apabila mampu mengelola biayayang dikeluarkan dengan melakukan perhitungan yang tepat. Jika pengorbanantersebut tidak menghasilkan manfaat, maka pengorbanan tersebut dapat dikatakanrugi.

Pengambilan keputusan merupakan salah satu tugas pokok manajer perusahaan berdasarkan informasi akuntansi yang relevan. Dalam melakukan pengambilan keputusan, manajemen perusahaan harus memperhatikan trend pasar dan informasi biaya-biaya yang akan dihadapi. Penentuan dalam pengambilan keputusan dalam suatu perusahaan harus dipikirkan secara matang dan diputuskan secara hati-hati oleh manajemen perusahaan, karena jika terjadi kesalahan pengambilan keputusan tersebut, dapat terjadi kerugian yang fatal. Pengambilan keputusan terbagi dalam dua macam yaitu keputusan investasi modal (capital investment decision) dan keputusan jangka pendek (tactical decision making) (Hansen dan Mowen, 2009: 516).

Soal

Perusahaan kaos bisa memilih alternative menjual kaos atau memproses kain kaos menjadi kaos polos. Harga jual kain kaos Rp 9,000 per meter, harga pokok Rp 6.000. bila kain kaos diproses menjadi kaos polos, harga jual kaos yang membutuhkan 1 meter kain kaos Rp 15.000 dan tambahan variable Rp 6.000 per kaos. Perusahaan biasa membuat 10.000 meter /kaos tiap periode. Buat analisis pengambilan keputusan apakah menjual kain kaos atau memproses lebih lanjut!

Jawaban

  1. Apabila perusahaan memilih menjual kaos, maka biaya dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan adalah:

Harga Jual Kain Kaos per Meter     = Rp9.000 x 10.000

                                                               = Rp90.000.000

Harga Pokok Kain Kaos per Meter = Rp6.000 x 10.000

                                                                     = Rp60.000.000

Biaya produksi = Rp0 (Biaya produksi Rp0 disebabkan oleh perusahaan hanya menjual kaos tidak memproduksi kaos)

Laba = Harga Jual Kain Kaos per Meter – Harga Pokok Kain Kaos Per Meter – Biaya Produksi

= Rp90.000.000 – Rp60.000.000 – Rp0

= Rp30.000.000

  1. Apabila perusahaan memilih kain kaos menjadi kaos polos, maka biaya dan keuntungan yang akan didapatkan oleh perusahaan adalah:

Harga Jual Kain Kaos per Meter     = Rp15.000 x 10.000

                                                         = Rp150.000.000

Harga Pokok Kain Kaos per Meter = Rp6.000 x 10.000

                                                         = Rp60.000.000

Biaya Variable Cost per Kaos         = Rp6.000 x 10.000

                                                         = Rp60.000.000

Laba = Harga Jual Kain Kaos per Meter – Harga Pokok Kain Kaos Per Meter – Biaya Produksi

= Rp90.000.000 – Rp60.000.000 – Rp60.000.000

= Rp30.000.000

Berdasarkan perhitungan yang sudah dilakukan, apabila perusahan hanya menjual kaos dengan perusahaan memproduksi dan menjual kaos sendiri. Maka dapat disimpulkan bahwa perusahaan dapat menjual kaos polos ataupun perusahaan memilih kain kaos diproses menjadi kaos polos, karena laba yang diperoleh perusahaan jika menjual kaos polos dan kain polos diproses menjadi kaos polos sama saja yakni sebesar Rp30.000.000.

I Gusti Made Karmawan