School of Information Systems

AI dalam Customer Relationship Management

Artificial Intelligence (AI) sudah semakin berkembang diberbagai bidang. Pada artikel ini akan dibahas salah satu penggunaan AI untuk Customer Relationship Management (CRM) yang dimana berguna untuk membantu perusahaan dalam menganalisa behavioural konsumen. Berikut adalah beberapa contoh fitur yang dapat dilakukan oleh AI untuk CRM:

1. Sentiment Pelanggan

Perusahaan dapat mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh pelanggan terkait produk dan layanan yang diberikan dengan mengolah data berupa suara dan text menggunakan AI. Data tersebut dapat dikumpulkan melalui percakapan di telepon, chat, percakapan pada email, percakapan pada media sosial, komentar pada kolom review, dan sebagainya.

2. Rekomendasi Produk.

AI akan mengolah data berdasarkan transaksi yang telah dilakukan oleh pelanggan. AI akan memberikan rekomendasi produk yang sejenis atau add-ons yang sesuai dan berkaitan dengan transaksi sebelumnya yang telah dilakukan pelanggan.

3. Promotion Campaign Otomatis.

AI digunakan untuk menghasilkan dan melakukan campaign sesuai dengan perintah yang diberikan. Namun, kita tetap dapat melakukan intervensi, memberikan ijin, dan menyetujui campaign yang dilakukan. Salah satu contoh campaign yang dilakukan adalah membuat email untuk mempromosikan suatu produk. Kita hanya perlu memberikan requirement tentang campaign yang dilakukan, AI akan otomatis menghasilkan kalimat untuk email campaign.

4. Prediksi Penjualan.

AI dapat menganalisa data penjualan yang telah terjadi sebelumnya dan informasi tentang pelanggan yang telah transaksi. Data transaksi ini diolah dan dapat menghasilkan suatu prediksi untuk penjualan kedepannya, sehingga perusahaan dapat mempersiapkan stok produk yang cukup dan tidak berlebihan. Hal ini membantu perusahaan mengurangi biaya produksi produk yang berlebihan dan menghasilkan jumlah produk yang cukup sehingga tidak mengecewakan pelanggan.

5. Chatbot.

Chatbot menggunakan AI untuk menjadi virtual assistance, sehingga dapat membantu dalam menjawab pertanyaan dan menyelesaikan kendala dari pelanggan secara otomatis dan realtime. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan dalam merespons pelanggan dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

6. Personalisasi.

Teknologi AI dapat membantu tim marketing untuk menganalisis perilaku pelanggan, sehingga dapat membantu dalam memberikan rekomendasi produk dan promotion campaign sesuai dengan target pelanggan.

Manfaat dari pemanfaatan AI untuk CRM:

  1. Membantu dalam memahami unstructured data dan mengubahnya menjadi structured data agar dapat dideteksi pattern nya oleh machine learning algorithms untuk menghasilkan insight yang berguna untuk bisnis.
  2. Mengurangi biaya dalam melakukan perekrutan data scientist dikarenakan kebutuhan analisis data yang terus bertambah.
  3. Mengotomatisasi tugas untuk memahami hubungan perusahaan dan analisa pola transaksi pelanggan yang rumit dikarenakan terus bertambahnya transaksi.

References:

Erin