School of Information Systems

Konsep Dasar Data Lake: Definisi, Keuntungan, dan Keterbatasan Penggunaan

PENDAHULUAN 

Konsep Data Lake memiliki peran penting dalam pemrosesan serta penganalisaan data. Dengan adanya Data Lake, para data analyst dapat mengakses dan menganalisa data dalam skala besar secara fleksibel dengan lebih mudah dan cepat. Hal ini juga memungkinkan suatu organisasi untuk menyimpan dan menganalisis berbagai jenis data dalam skala besar secara efektif dan efisien. Selain itu, peran Data Lake menjadi krusial untuk menjawab tuntutan yang dihadapi suatu perusahaan dalam analisis data yang semakin kompleks.  

DEFINISI 

Data Lake merupakan konsep penyimpanan seluruh jenis informasi dalam format aslinya (mentah) yang masih belum diolah sedikitpun. Berbagai macam jenis big data disimpan dalam Data Lakes, termasuk data terstruktur, data tidak terstruktur, serta data semi-terstruktur. Data Lake dirancang agar dapat mengakomodasi semua jenis informasi dan data yang ada, tanpa memerlukan skema tertentu untuk penyimpanan datanya. Hal tersebut memungkinkan suatu individu atau organisasi untuk menganalisa seluruh data dengan bebas sesuai dengan kebutuhan yang mereka miliki. 

 KEUNTUNGAN PENGGUNAAN 

Ada beberapa keuntungan yang membuat Data Lake sering dipilih dalam pemrosesan dan analisa data, yaitu: 

1. Ruang Penyimpanan yang Besar (Skalabilitas Tinggi) 

Data Lake dapat menampung dan menangani berbagai jenis data dengan volume yang besar, serta bisa menangani data yang fluktuatif. Hal ini membuat Data Lake menjadi pilihan yang tepat bagi organisasi yang memiliki data cenderung berubah-ubah dan memerlukan peningkatan ruang penyimpanan secara cepat ataupun dalam waktu yang singkat. 

2. Skema yang Fleksibel 

Data Lake memiliki penyimpanan yang bisa menerima segala jenis data dengan format mentah tanpa harus mengikuti skema penyimpanan tertentu. Selain itu, tidak dibutuhkan juga transformasi data untuk mengubah jenis data yang ada. Dengan begitu, membuat penyimpanan data menjadi lebih bervariasi dengan berbagai macam jenis data dan skema yang fleksibel.  

3.Meningkatkan Efektifitas Kerja 

Skema yang Fleksibel mendukung para pengguna dalam menganalisa data-data yang ada sesuai dengan kebutuhan mereka tanpa terikat pada skema tertentu. Hal ini dapat meningkatkan efektifitas kerja mereka melalui kemudahan untuk mengeksplorasi dan menganalisis data dengan lebih cepat. Selain itu, Data Lake juga bisa kompatibel dengan berbagai big data analysis tools, seperti machine learing, predictive modelling, and real-time advanced analytics. Hal-hal tersebut membuat efektivitas dan efisiensi kerja meningkat. 

4.Harga yang Efektif 

Banyak Data Lake yang menggunakan teknologi open source, sehingga dapat mengurangi biaya yang akan dikeluarkan oleh suatu individu atau oraganisasi dalam penggunaannya. 

KETERBATASAN PENGGUNAAN 

Selain membawa keuntungan dalam penggunaannya, Data Lake juga memiliki beberapa keterbatasan untuk dihadapi dalam penggunaannya, seperti: 

1.Kompleksitas Tinggi 

Kompleksitas yang dimiliki oleh Data Lake sangat tinggi karena memiliki volume data yang begitu besar, sehingga dibutuhkan kemampuan tinggi yang profesional dari para data analysis untuk dapat menganalisa data dari Data Lake. 

2.Rentan Terhadap Resiko Keamanan 

Dengan banyaknya tipe, jenis, dan besarnya volume data yang tersimpan dalam Data Lake membuat data yang tersimpan disana rentan terhadap masalah keamanan. Tanpa pengawasan yang tepat, data sensitive yang berada dalam Data Lake dapat dipergunakan oleh siapapun yang memiliki akses dari Data Lake, sehingga meningkatkan masalah kebocoran data. 

3.Permasalahan Kualitas Data 

Skema yang fleksibel memang membawa dampak positif, namun hal tersebut juga mempengaruhi kualitas data yang ada dalam Data Lake. Diperlukan tata kelola data yang teratur untuk mengelola dan mempertahankan integrasi data. Tanpa pengelolaan yang baik, nantinya data dalam Data Lake bisa menjadi tidak jelas serta tidak memiliki identifikasi metadata yang valid. 

 KESIMPULAN 

Dapat disimpulkan bahwa Data Lake memberikan berbagai keuntungan dalam pengelolaan dan analisis data, seperti skalabilitas tinggi, skema yang fleksibel, dapat meningkatkan efektifitas kerja, serta harga yang terjangkau. Namun, tidak dapat dipungkiri bahwa Data Lake juga memiliki berbagai keterbatasan pada saat penggunaanya, yaitu kompleksitas yang tinggi, rentan terhadap resiko keamanan, dan permasalahan kualitas data. Maka dari itu, sebelum menggunakan dan mengadopsi Data Lake penting sekali bagi suatu individu atau organisasi untuk mempertimbangkan keuntungan dan keterbatasan yang berkaitan dengan Data Lake. Hal ini dilakukan agar dapat meningkatkan pengetahuan, serta dapat meningkatkan perasaan antisipatif untuk mengatasi keterbatasan atau kendala yang mungkin saja terjadi setelah pengimplementasian Data Lake. 

 

Referensi: https://www.masterclass.com/articles/what-is-a-data-lake 

Lay Christian, THERENITA AGUSTIN