School of Information Systems

Mengapa SMS merupakan tambahan yang sempurna untuk Marketing Mix?

Tingkatkan strategi pemasaran Anda dengan kekuatan pemasaran SMS. Dorong penjualan, tingkatkan unduhan aplikasi, dan kumpulkan umpan balik pelanggan yang berharga.

Dengan lebih dari separuh populasi dunia menggunakan saluran seluler, jelas terlihat mengapa bisnis suka menggunakannya dalam bauran pemasaran mereka. Dengan pengalaman pelanggan dan platform data (Customer Experience and Data Platform: CXDP) yang tepat, SMS menjadi alat serbaguna yang membantu Anda mencapai berbagai tujuan dan melibatkan audiens di seluruh dunia, dan di industri apa pun. Jadi, bagaimana SMS bisa menjadi pahlawan super dalam perangkat pemasaran Anda?

Capai tujuan bisnis Anda, satu karakter pada satu waktu

Pesan pemasaran SMS singkat namun kuat, dengan beberapa pemasar melihat keterlibatan yang lebih tinggi ketika menggunakan saluran seluler selain email. Banyak konsumen mengatakan bahwa SMS terasa seperti saluran yang lebih pribadi, dan sebagai hasilnya, tingkat pembukaan rata-rata mencapai 98%. Dengan pesan Anda terlihat, Anda dapat fokus untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Kami telah melihat saluran tersebut digunakan untuk:

Mendorong penjualan dan pendapatan

Dengan tingkat pembukaan yang mengesankan dan tingkat konversi 45%, Anda memiliki peluang lebih tinggi untuk menampilkan merek Anda kepada orang yang tepat. Jadi, baik Anda mengumumkan obral, memamerkan produk baru, atau menawarkan diskon yang dipersonalisasi, SMS memastikan pesan Anda sampai tepat di tempat yang penting – di tangan audiens Anda

Mendorong unduhan aplikasi

Punya aplikasi yang perlu mendapat perhatian lebih? Ingin memperdalam pengalaman seluler pelanggan Anda? SMS adalah tempat terbaik bagi Anda untuk mendorong audiens mengunduh aplikasi Anda karena pengalaman seluler tanpa gangguan. Anda dapat mengirimkan tautan unduhan aplikasi singkat melalui SMS atau menawarkan insentif, seperti diskon eksklusif untuk pembelian aplikasi, sehingga mengarahkan audiens Anda ke tempat yang tepat tanpa harus meninggalkan ponselnya.

Kumpulkan umpan balik pelanggan

Ingin memahami pelanggan Anda lebih baik? Kirimi mereka survei SMS sederhana. Cepat dan mudah untuk diselesaikan, survei SMS biasanya memiliki tingkat respons 3X lebih tinggi dibandingkan survei email tradisional. Memahami kebutuhan dan preferensi audiens Anda tidak pernah semudah ini, sehingga membantu Anda menyempurnakan pengalaman pelanggan Anda.

Daya tarik universal: SMS di setiap industri

SMS menawarkan fleksibilitas yang tak tertandingi, menjadikannya alat canggih yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan spesifik hampir semua industri. Kemudahan integrasinya ke dalam strategi pemasaran yang ada menjadikannya pilihan yang menarik secara universal. Berikut ini sekilas bagaimana beragam industri memanfaatkan SMS untuk mencapai kesuksesan:

Ritel dan e-niaga

· Promosi dan penjualan kilat: Ciptakan rasa urgensi dan eksklusivitas dengan penawaran waktu terbatas yang dikirim langsung ke ponsel pelanggan.

· Pemulihan keranjang yang terbengkalai: Dorong pelanggan dengan lembut untuk menyelesaikan pembelian mereka dengan pengingat yang dipersonalisasi dan penawaran khusus.

· Program loyalitas: Mendorong keterlibatan pelanggan melalui pembaruan poin, penawaran eksklusif, dan ucapan selamat ulang tahun.

Keuangan

· Otentikasi dua faktor (2FA): Tingkatkan keamanan dengan mengirimkan kode satu kali untuk login dan transaksi langsung ke ponsel pelanggan.

· Peringatan penipuan: Segera beri tahu pelanggan tentang aktivitas mencurigakan di akun mereka, sehingga memungkinkan intervensi lebih cepat.

· Pembaruan saldo dan pengingat pembayaran: Terus beri tahu pelanggan tentang aktivitas akun dan tenggat waktu pembayaran yang akan datang.

Kesehatan

· Pengingat janji temu: Kurangi ketidakhadiran dan tingkatkan pengalaman pasien dengan konfirmasi dan pengingat janji temu otomatis.

· Hasil lab dan isi ulang resep: Memberi pasien akses mudah ke informasi penting melalui pesan teks yang aman.

· Kampanye kesehatan masyarakat: Kirimkan informasi penting tentang vaksinasi, wabah penyakit, dan tindakan pencegahan.

Perhotelan dan perjalanan

· Mobile check-in dan boarding pass: Menyederhanakan proses kedatangan tamu dan menghilangkan kebutuhan akan tiket fisik.

· Promosi dan peningkatan penjualan hotel: Tawarkan diskon eksklusif kepada tamu untuk peningkatan atau perawatan spa selama mereka menginap demi kepuasan pelanggan yang selalu mengalahkan pesaing.

· Pembaruan status penerbangan dan tips perjalanan: Terus beri tahu penumpang tentang penundaan, perubahan gerbang, dan wawasan perjalanan yang berharga.

Pendidikan

· Peringatan darurat dan penutupan sekolah: Menyampaikan informasi penting kepada orang tua dan siswa jika terjadi keadaan yang tidak terduga.

· Pengingat pekerjaan rumah dan pembaruan kelas: Selalu berikan pengingat dan pengumuman penting kepada siswa dan orang tua.

· Komunikasi orang tua-guru: Memfasilitasi komunikasi yang mudah antara guru dan orang tua mengenai kemajuan siswa atau pertemuan yang akan datang.

Yakob Utama Chandra