School of Information Systems

Cyber Security Automation: How AI Revolutionizing Vulnerability Assessment and Patch Management

Teknologi cyber security yang telah berkembang pesat menghadapkan organisasi terhadap berbagai ancaman dan kerentanan keamanan yang dapat menyebabkan bocornya informasi sensitif, mengganggu operasional, dan mencoreng reputasi dari sebuah organisasi. Ancaman siber yang semakin canggih dan kompleks sering kali membuat metode asesmen tradisional kesulitan untuk menilai kerentanan yang bisa terjadi dalam sebuah sistem. Teknologi Artificial Intelligence (AI) yang semakin berkembang memungkinkan praktisi cyber security untuk melakukan automation dan melakukan peningkatan efisiensi terhadap proses cyber security yang penting.  

Vulnerability Assessment dan Patch Management adalah metode dalam cyber security yang dilakukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kelemahan dari sebuah software, sistem, ataupun jaringan sebelum dieksploitasi oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Umumnya, tugas ini bergantung pada proses yang dilakukan secara manual dengan melibatkan proses scanning, analisis, dan langkah manual yang cukup memakan waktu untuk memprioritaskan dan menginstal patch 

Pendekatan tradisional dapat dikatakan tetap efektif, namun saat ini akan mengalami beberapa tantangan dengan kehadiran ancaman yang semakin dinamis. Tantangan ini meliputi: 

  • Volume dan Kompleksitas: semakin besar sebuah infrastruktur IT, membuat proses vulnerability assessment dan patch management menjadi lebih kompleks untuk dilakukan dan rawan terjadi kesalahan.  
  • Sensitivitas Waktu: kerentanan yang muncul dapat dieksploitasi dalam waktu yang sangat singkat, sehingga organisasi menjadi rentan untuk diserang karena lamanya waktu yang diperlukan untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kerentanan yang terjadi secara manual.  
  • Intensifitas Sumber Daya: proses yang dilakukan secara manual memerlukan SDM yang banyak, menyebabkan kebutuhan biaya yang tinggi dan potensi penundaan waktu respon.  

Kehadiran AI merevolusi cara untuk melakukan vulnerability assessment dan patch management dengan mengotomatisasi dan meningkatkan aspek-aspek penting dalam prosesnya, yaitu: 

  • Deteksi Kerentanan Otomatis: Sistem yang didukung AI dapat terus memantau dan menganalisis data dalam jumlah besar, mengidentifikasi potensi kerentanan secara real-time di lingkungan TI yang kompleks. 
  • Prioritas dan Penilaian Risiko: Algoritme pembelajaran mesin dapat menganalisis tingkat keparahan dan potensi dampak kerentanan berdasarkan faktor-faktor seperti kekritisan aset, kemampuan eksploitasi, dan intelijen ancaman, sehingga memungkinkan organisasi untuk memprioritaskan upaya remediasi dengan lebih efektif. 
  • Analisis Prediktif: AI dapat memanfaatkan data dan pola historis untuk memprediksi ancaman dan kerentanan yang muncul, memungkinkan organisasi untuk secara proaktif mengatasi potensi risiko sebelum risiko tersebut dapat dieksploitasi. 
  • Pengoptimalan Manajemen Patch: Sistem berbasis AI dapat mengotomatiskan proses manajemen patch dengan mengidentifikasi dan menerapkan patch secara tepat waktu dan efisien, mengurangi jendela paparan dan meminimalkan gangguan terhadap operasi. 

Dapat disimpulkan bahwa AI menjadi tanda dimulainya sebuah terobosan baru dalam mengotomatisasi dan meningkatkan vulnerability assessment dan patch management, sehingga memungkinkan sebuah organisasi untuk tetap siap dalam menghadapi berbagai tantangan dan ancaman cyber security dengan cara yang lebih efektif.  

Steven Agustianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031