School of Information Systems

PERANCANGAN BUSINESS INTELLIGENCE PADA REKSADANA 1

Data Analysis (Step 5)

Tahap ini berfungsi untuk menganalisa sistem yang berisi data yang ada dan dibutuhkan dalam aplikasi REKSADANA. Tahap ini dimulai dari evaluasi data dimana bertujuan untuk memilah data yang dibutuhkan dan mengevaluasi data yang bersifat redudansi. Terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan dalam tahapan data analysis yaitu:

● Data Quality

Data Quality atau kualitas data artinya bahwa data yang dikumpulkan dan disimpan pada database memiliki kualitas yang baik dan memenuhi aturan integrity constraint database yaitu dimana setiap entitas memiliki key constraint yang dapat menghubungkan dan menjadi ID dalam setiap data.

● Data Cleansing

Data Cleansing yaitu dimana data dicek kebenarannya agar tidak terjadi kesalahan atau error dalam mengakses data. Namun, data yang sudah memiliki kualitas data yang baik dan menerapkan integrity constraint database, dapat melewati proses ini karena dianggap bahwa seluruh data yang ada sudah memiliki data yang konsisten dan benar.

● Data Summarize

Data Summarize merupakan proses untuk merangkum seluruh data yang sudah terkumpul untuk dihubungkan satu sama lain dan membentuk relasi yang dapat digunakan dalam mempermudah akses data karena data tersebut dirangkum menjadi satu kesatuan yang saling terhubung.

3.3 Application Prototyping (Step 6)

Application Prototyping merupakan suatu proses dimana kita akan membuat skema desain untuk desain antarmuka pengguna. Pada proses ini, kami akan merancang dashboard interface yang akan disajikan kepada setiap user REKSADANA. Dengan merancang prototype memungkinkan para pengembangan dan pengguna untuk berinteraksi dan menggunakan dashboard secara langsung tanpa harus menciptakan dashboard tersebut terlebih dahulu. Dengan begitu, perancang juga dapat menganalisis

hal-hal terkait kebutuhan pengguna dan mengetahui apa saja yang diperlukan untuk memaksimalkan pengembangan dashboard. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan dalam tahap perancangan prototype dashboard aplikasi REKSADANA:

1. Objectives

Kami merancang prototype dalam bentuk dashboard pada aplikasi REKSADANA. Dashboard yang kami rancang merupakan dashboard dengan tipe operasional. Dashboard dengan tipe operasional memiliki fungsi untuk melaporkan data secara real-time sehingga dapat digunakan oleh user REKSADANA untuk memantau kemajuan mereka dalam berinvestasi.

2. Scope and Schedule

Dashboard aplikasi REKSADANA yang kami rancang akan menampilkan informasi-informasi yang diperlukan oleh user aplikasi REKSADANA untuk memantau seluruh kegiatan investasi yang mereka lakukan. Informasi-informasi tersebut meliputi:

– Total nilai portfolio

– Jumlah keuntungan

– Persentase imbal hasil

– Statistik portfolio

– Persentase alokasi pada setiap portfolio

3. Tools and Method

Tools yang akan digunakan untuk merancang prototype dashboard pada aplikasi REKSADANA adalah figma.

Berikut merupakan contoh prototyping dashboard aplikasi REKSADANA yang telah kami rancang:

Meta Data Repository Analysis (Step 7)

Metadata dirancang untuk menyimpan informasi kontekstual tentang data yang dibutuhkan dalam proses aktivitas bisnis. Metadata sangat dibutuhkan dalam aplikasi yang menerapkan Business Intelligence karena dapat membantu mengubah bentuk data ke dalam bentuk informasi. Maka dari itu, aplikasi REKSADANA memerlukan Metadata repository analysis dalam menyediakan informasi yang berasal dari suatu data yang ditemukan sehingga akan memudahkan pengguna untuk mengerti dan terupdate informasi terbaru yang diubah dari bentuk data menjadi bentuk informasi.

Evaristus Didik Madyatmadja

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031