School of Information Systems

Integritas Data vs Kualitas Data: Apa perbedaannya?

A. Integritas Data 

Sederhananya, integritas data menjamin bahwa informasi tersebut akurat dan tidak diubah atau terdistorsi. Integritas data menjamin bahwa informasi tidak diubah atau dimusnahkan secara tidak sengaja dan menjaga konsistensi informasi di seluruh operasi (Transfer, penyimpanan, pengambilan, dan penggunaan semuanya termasuk di dalamnya).  

B. Kualitas Data 

Kualitas data adalah fokus utama, terutama ketika mempertimbangkan apakah data tersebut sesuai dengan tujuan yang dimaksudkan. Hal ini menunjukkan seberapa cocok data dengan tujuan pengumpulannya, dan kualitas data yang tinggi menjamin bahwa informasi tersebut dapat diandalkan, sesuai untuk melakukan analisis yang mendalam, dan cocok untuk mengambil keputusan. 

C. Perbedaan Integritas Data dan Kualitas Data 

Mari simak perbedaan-perbedaan antara integritas data dan kualitas data berdasarkan 4 aspek yaitu Tujuan, Dampak, dan Aplikasi. Berikut perbedaan masing-masing aspek secara detail: 

  • Tujuan 

Integritas data merupakan mencegah perubahan atau kerusakan yang tidak sah, integritas data bertujuan untuk menjamin kebenaran, konsistensi, dan keandalan data sepanjang siklus hidupnya. 

Sedangkan Kualitas data memiliki tujuan untuk proses mengevaluasi dan menjamin bahwa data sesuai dengan peruntukannya dalam segala hal, termasuk kebenaran, konsistensi, ketepatan waktu, validitas, keunikan, dan aspek lainnya. 

  • Dampak 

Integritas Data memastikan data aman dan tidak berubah, integritas data terutama memengaruhi keandalan dan kredibilitas data. 

Sedangkan Kualitas Data memastikan bahwa data memberikan wawasan yang akurat dan memfasilitasi pengambilan keputusan dan proses bisnis, kualitas data mempengaruhi kegunaan dan kegunaan data. 

  • Aplikasi 

Dalam aplikasi penting seperti sistem keuangan, database layanan kesehatan, dan lingkungan yang sensitif terhadap keamanan, di mana keakuratan dan konsistensi data sangat penting, integritas data sangatlah penting. 

Kualitas data dalam banyak aplikasi, seperti pemasaran, layanan pelanggan, kepatuhan, pelaporan, analisis, dan pengambilan keputusan 

Willy