School of Information Systems

7 teknik segmentasi email yang inovatif

Dalam pemasaran email, ini bukan hanya tentang apa yang Anda katakan, tetapi juga kepada siapa Anda mengatakannya. Dengan melakukan segmentasi daftar email, Anda bisa mengirimkan pesan yang disesuaikan dengan minat dan kebutuhan audiens. Jika Anda mencari teknik segmentasi email baru untuk meningkatkan keterlibatan dan konversi, kami telah mempersempitnya untuk Anda. Kiat-kiat kami yang telah terbukti akan membantu Anda membuat konten yang relevan yang membangun hubungan yang langgeng dengan pelanggan Anda. Mari kita lihat lebih dekat.

1. Manfaatkan eRFM (engagement, Recency, Frequency, and Monetary value)

Pemodelan pelanggan eRFM adalah cara yang baik untuk menentukan apakah pelanggan Anda benar-benar terlibat. Alat ini memberdayakan Anda untuk mengkategorikan pelanggan berdasarkan perilaku dan tindakan mereka di masa lalu. eRFM melihat data dari empat metrik: keterlibatan, kemutakhiran, frekuensi, dan nilai uang.

Dengan pemodelan eRFM, Anda dapat mengembangkan segmen pelanggan yang komprehensif. Setiap persona RFM menerima skor keterlibatan, sehingga Anda dapat mengidentifikasi pelanggan yang siap untuk dikonversi, dan mereka yang perlu dilibatkan kembali. Dengan segmen yang terperinci, Anda dapat menggunakan eRFM untuk menyesuaikan strategi pemasaran email Anda untuk mengirimkan pesan yang tepat kepada audiens Anda pada waktu yang tepat.

2. AI Prediktif (Kecerdasan Buatan)

Dengan memanfaatkan analisis prediktif yang didukung oleh WinstonAI dari Dotdigital, Anda dapat mengubah wawasan menjadi tindakan. Dengan menggunakan AI, Anda dapat mengelompokkan pelanggan Anda berdasarkan tindakan yang diprediksi seperti tanggal pembelian berikutnya yang diantisipasi oleh pelanggan. Hal ini memungkinkan Anda untuk membuat kampanye pemasaran yang tepat waktu dan relevan yang menjangkau audiens Anda pada saat yang tepat. Hal ini tidak hanya membantu Anda mempertahankan pelanggan, tetapi juga memastikan bahwa pesan Anda tetap relevan dan percakapan terus berlanjut.

Anda dapat menggunakan analisis prediktif untuk memperkirakan produk apa yang mungkin diminati oleh pelanggan Anda selanjutnya. WinstonAI akan menganalisis riwayat penelusuran, pembelian sebelumnya, dan pola pengeluaran untuk memahami selera dan minat unik pelanggan Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk menawarkan rekomendasi produk yang disesuaikan bahkan sebelum mereka tahu apa yang mereka inginkan.

3. Segmentasi perilaku

Membuka potensi penuh dari pemasaran email dimulai dengan memahami pelanggan Anda melalui segmentasi perilaku. Mulailah dengan memantau interaksi email mereka dengan cermat; perhatikan metrik email seperti pembukaan, klik pada tautan atau lampiran, dan konversi. Data ini menjadi dasar untuk membantu Anda membuat pesan dan konten yang sangat efektif.

Bagi pemilik bisnis e-niaga, memahami pola pembelian pelanggan adalah hal yang penting. Perhatikan lebih dekat riwayat pembelian pelanggan Anda, nilai pesanan rata-rata (AOV), dan preferensi kategori. Informasi ini dapat membantu Anda tidak hanya menyempurnakan strategi segmentasi Anda, tetapi juga membuat kampanye yang dipersonalisasi yang memenuhi minat dan kebutuhan setiap pelanggan.

4. Segmentasi yang mirip

Jika Anda ingin menjangkau pelanggan potensial yang memiliki kemiripan dengan pembeli ideal Anda, mengapa tidak mencoba alat segmentasi lookalike dari Dotdigital. Untuk memulai, Anda harus menggunakan fitur single customer view (SCV).

SCV dari Dotdigital memberikan Anda pandangan holistik dari setiap pelanggan Anda. Anda dapat melihat semua interaksi, preferensi, dan perilaku pelanggan Anda dari berbagai titik kontak seperti email, SMS, dan aktivitas situs web. Hal ini membantu Anda untuk lebih memahami target audiens Anda dan Anda dapat mengenali pola perilaku dan tren mereka. Dengan pengetahuan ini, Anda dapat mengoptimalkan dan menyesuaikan kampanye pemasaran email Anda.

Setelah Anda memiliki wawasan dari SCV Anda, Anda kemudian dapat mengidentifikasi profil pelanggan yang ideal untuk mewakili pembeli terbaik Anda dan membuat segmen yang mirip berdasarkan informasi tersebut. Hanya dengan satu klik, Anda dapat menggunakan segmen ini untuk secara efektif menargetkan prospek yang tepat dengan pesan yang tepat.

5. Segmentasi mandiri

Anda dapat membuat pelanggan melakukan segmentasi mandiri menggunakan pusat preferensi. Mendorong pelanggan Anda untuk memilih preferensi mereka pada tahap awal dalam perjalanan mereka memungkinkan Anda untuk menggunakan data pihak ketiga untuk membuat segmen pelanggan.

Di pusat preferensi, pelanggan Anda dapat mengatur dan memodifikasi konten, frekuensi, dan preferensi saluran komunikasi mereka. Kemudian Anda dapat membuat segmen menggunakan preferensi yang dipilih untuk dengan mudah mengirim pesan ke kontak Anda berdasarkan minat yang mereka ungkapkan pada merek dan produk Anda.

Atau, Anda mungkin ingin mengirimkan survei atau kuesioner untuk mempelajari lebih lanjut tentang audiens Anda dan mempersonalisasi pesan Anda. Katakanlah survei layanan pelanggan Anda menanyakan jabatan pekerjaan seseorang dan Anda menemukan bahwa basis audiens Anda memiliki banyak guru. Coba kirimkan pesan yang sesuai dengan minat dan musim karier mereka untuk menyampaikan pesan yang tepat pada waktu yang tepat kepada orang yang tepat.

6. Segmentasi saluran yang disukai

Dalam hal pemasaran lintas saluran, mengenali saluran yang disukai pelanggan adalah senjata rahasia Anda untuk memaksimalkan keterlibatan audiens. Hal ini membantu Anda menemukan metode komunikasi yang paling disukai audiens Anda.

Mulailah dengan menyegmentasikan audiens Anda berdasarkan saluran yang mereka sukai. Dengan melakukan hal tersebut, Anda tidak hanya akan meningkatkan efisiensi strategi segmentasi Anda, tetapi juga memastikan pengalaman pelanggan lintas-saluran yang mulus bagi pelanggan Anda.

Ini juga merupakan ide yang baik untuk mempertahankan daftar kontak terbaru dari saluran pilihan pelanggan Anda. Dengan cara ini, Anda dapat dengan mudah menentukan di mana mereka paling aktif dan menyesuaikan pendekatan pemasaran lintas-saluran Anda agar sesuai dengan preferensi mereka.

Dengan menjangkau kontak Anda melalui saluran yang paling sering mereka gunakan, Anda akan berada di jalur yang tepat untuk menjalin hubungan yang bermakna dan membina hubungan jangka panjang dengan basis pelanggan Anda.

7. Segmentasi yang dipicu oleh peristiwa

Segmentasikan pelanggan berdasarkan tonggak penting dalam perjalanan mereka dengan merek Anda. Anda dapat melakukan ini dengan mengirimkan diskon khusus pada hari ulang tahun mereka atau merayakan ulang tahun merek Anda.

Mengirim pesan yang dipersonalisasi kepada pelanggan Anda adalah cara yang sangat baik untuk menunjukkan apresiasi dan menumbuhkan loyalitas merek. Misalnya, jika Anda memiliki pelanggan yang lahir pada bulan tertentu dan sudah lama tidak berinteraksi dengan merek Anda, Anda dapat menyegmentasikan grup ini dan memberi mereka diskon ulang tahun yang disesuaikan. Hal ini tidak hanya mendorong mereka untuk kembali, tetapi juga menunjukkan perhatian Anda terhadap acara spesial mereka.

Kesimpulan

Dengan menggunakan tujuh teknik segmentasi inovatif ini, Anda bisa mengirimkan konten yang dipersonalisasi dan relevan untuk melibatkan pelanggan Anda. Ketika Anda membuat pesan Anda lebih selaras dengan preferensi dan minat individu, Anda akan lebih mungkin untuk meningkatkan keterlibatan, membentuk hubungan yang lebih dalam, dan pada akhirnya membuat pelanggan Anda lebih bahagia.

Reference:

  • https://dotdigital.com/blog/7-innovative-email-segmentation-techniques/
Yakob Utama Chandra

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031