School of Information Systems

Fungsi Google Drive sebagai SaaS untuk Mendukung Kehidupan Sehari-Hari

Google Drive adalah salah satu layanan penyimpanan cloud dari Google yang menggunakan model bisnis SaaS. Dalam penerapan SaaS pada Google Drive, pengguna dapat mengakses layanan ini melalui aplikasi web yang di-hosting di server Google, dan menyimpan berbagai jenis file seperti dokumen, gambar, dan video. Server dan data center yang digunakan oleh Google Drive menggunakan teknologi cloud computing untuk memastikan ketersediaan, skalabilitas, dan keamanan data pengguna. Selain itu, Google Drive juga dapat diintegrasikan dengan aplikasi Google lainnya seperti Google Docs, Google Sheets, dan Google Slides. Di sisi lain, untuk menikmati privilege lebih, pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan sesuai dengan kapasitas penyimpanan yang dibutuhkan. Seluruh data pengguna dijamin keamanannya melalui teknologi enkripsi data, otorisasi akses, dan deteksi ancaman. 

Banyak orang yang menggunakan Google Drive sebagai platform karena Google Drive menyediakan layanan yang sangat variatif dan dibutuhkan, seperti untuk menyimpan, berbagi, dan juga backup data karena keamanan datanya yang tinggi dan terpercaya, dibuktikan oleh Google Drive yang mematuhi berbagai standar keamanan seperti ISO 27001, SOC 2, dan HIPAA. 

Fungsi Google Drive: 

  1. Penyimpanan File

Anda dapat menyimpan file seperti dokumen, gambar, video, dan audio di Google Drive. Google Drive menawarkan ruang penyimpanan gratis sebesar 15 GB yang dapat diakses dari perangkat apa pun dengan akun Google. 

  1. Kolaborasi

Google  Drive  memungkinkan  pengguna  untuk  bekerja  sama dalam satu dokumen secara real-time. Beberapa pengguna dapat mengedit dokumen yang sama dan semua perubahan akan tersimpan secara otomatis. 

  1. Berbagi file

Pengguna dapat berbagi file dengan orang lain dengan mengirim tautan atau mengundang orang lain untuk melihat atau mengedit dokumen. Anda juga dapat mengatur izin akses ke file, memungkinkan orang lain untuk hanya melihat, mengomentari, atau mengedit dokumen. 

  1. Sinkronisasi

Google Drive menyediakan aplikasi yang dapat diinstal di komputer atau perangkat seluler. Dengan aplikasi ini, pengguna dapat mengakses file yang disimpan di Google Drive dari perangkat apa pun. 

  1. Keamanan

Google Drive menyediakan tingkat keamanan yang tinggi dengan enkripsi data, perlindungan kata sandi, dan autentikasi dua faktor untuk melindungi file pengguna dari akses yang tidak sah. 

  1. Aplikasi

Google Drive memiliki integrasi dengan aplikasi lain seperti Google Docs, Sheets, dan Slides, yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit dokumen langsung di Google Drive. 

  1. Cadangan (Backup)

Google Drive dapat digunakan untuk melakukan backup data dari perangkat Anda, termasuk foto, kontak, dan pesan. 

Dari fungsi-fungsi di atas, berikut merupakan beberapa keunggulan Google Drive yang dapat membantu seseorang dalam menjalankan kehidupan sehari-harinya: 

Kemudahan Aksesibilitas 

Dengan menggunakan Google Drive, kita dapat mengakses semua dokumen dan berkas dengan jauh lebih mudah. Hal ini dikarenakan pengguna dapat mengakses seluruh dokumen dimanapun dan kapanpun asalkan perangkat yang digunakan tersambung dengan internet. Selain itu,  pengguna juga dapat mengakses Google Drive dengan menggunakan berbagai macam perangkat. 

Kolaborasi yang Mudah 

Google  Drive  memungkinkan pengguna untuk berkolaborasi dengan rekan kerja atau tim dalam penggunaan data yang sama secara real-time. Pengguna dapat memberikan hak akses ke file yang mereka simpan pada Google Drive untuk rekan kerja mereka, sehingga mereka dapat melakukan perubahan, memberikan komentar, atau melihat file tanpa perlu mengunduh file tersebut. 

Hemat Biaya 

Dalam  model  bisnis  SaaS, biaya penggunaan ditentukan berdasarkan berapa banyak data yang disimpan dan pengguna yang memanfaatkan layanan. Pengguna hanya perlu membayar biaya berlangganan bulanan atau tahunan, yang terjangkau, dan dapat menambah atau mengurangi kapasitas penyimpanan sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Keamanan Data 

Google Drive menawarkan fitur keamanan data dengan menggunakan teknologi enkripsi data, otorisasi akses, dan deteksi ancaman. 

 

Jovan Nathaniel, Adeline Vanessa Sentosa, Clarissa Alverina, Kezia Agatha

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031