School of Information Systems

Penerapan Biaya Diferensial dalam Pengambilan Keputusan

Biaya Diferensial

Pertimbangkan contoh ini untuk memperkuat pemahaman Anda tentang biaya diferensial:

Dynamix adalah perusahaan pengembang perangkat lunak yang terutama menggunakan strategi konten, email, dan kertas putih untuk saluran pemasaran bisnis-ke-bisnisnya. Direktur pemasaran baru merekomendasikan penerapan pemasaran media sosial dan halaman arahan untuk uji coba perangkat lunak gratis untuk menjangkau lebih banyak klien bisnis. Tim pemasaran saat ini beroperasi dengan jadwal bulanan dan memiliki pengeluaran sebagai berikut:

$1.000 di situs web dan kampanye pemasaran konten

$250 untuk strategi pemasaran emailnya

$350 untuk mengembangkan dan mendistribusikan buku putih

Direktur pemasaran mengantisipasi biaya tambahan ini:

$1.000 per bulan untuk strategi media sosial tambahan

$250 untuk memelihara halaman arahan

$1.200 per bulan untuk menyewa spesialis media sosial untuk mengarahkan upaya pemasaran penerapan strategi baru

Jika Dynamix menerapkan strategi media sosial baru secara keseluruhan, total biaya pemasaran untuk bulan tersebut diperkirakan akan meningkat dari $2.100 menjadi $4.550 per bulan. Direktur menghitung biaya diferensial menjadi $850 jika mereka sepenuhnya mengganti biaya pemasaran tim saat ini ($1.600) dengan strategi pemasaran baru ($2.450). Pilihannya, kemudian, adalah:

• Mempertahankan saluran pemasaran saat ini

• Mengadopsi strategi media sosial baru

• Menjaga campuran strategi pemasaran saat ini dan baru

Direktur pemasaran ingin menghindari biaya tambahan, jadi penting untuk memutuskan jalan pemasaran mana yang akan dipertahankan dan mana yang akan dihentikan serta mempertimbangkan keuntungan dan kerugian menggunakan strategi baru dibandingkan strategi perusahaan saat ini. Jika Dynamix berhasil mengarahkan lalu lintas dan mendapatkan pelanggan dengan upaya pemasarannya saat ini, Dynamix dapat memilih untuk tetap menggunakan strateginya saat ini. Alternatifnya, jika tim pemasaran mengantisipasi untuk mendatangkan lebih banyak klien dengan menambahkan metode baru, perusahaan mungkin memutuskan untuk menghentikan satu atau lebih strategi dengan kinerja paling rendah.

Ilustrasi Menambahkan atau menghapus segmen

Hop’N’Burger adalah restoran drive-thru lokal yang menawarkan hamburger dan hot dog. Mereka memiliki dua lini produk, hamburger dan hot dog. Menurut laporan pendapatan tersegmentasi yang diberikan di bawah ini, lini produk hot dog kehilangan $(7.000) pada kuartal sebelumnya. Manajer sedang mempertimbangkan untuk menghentikan lini produk hot dog untuk fokus pada hamburger. Manajer mengumpulkan informasi tambahan yang disajikan di bawah ini untuk membantu membuat keputusan ini.

Hop’N’Burger

Income Statement

Informasi tambahan:

1.)   Pendapatan dan semua biaya variabel dapat dilacak ke lini produk. Mereka akan tersingkir jika lini produk dijatuhkan.

2.)   Biaya gaji adalah untuk manajer toko dan karyawan per jam. Tidak ada karyawan yang akan diberhentikan jika lini produk hot dog dihentikan.

3.)   Bangunan dan pemeliharaan merupakan biaya yang terkait dengan properti restoran termasuk sewa, asuransi, dan penyusutan. Tak satu pun dari biaya ini akan dihilangkan jika lini produk hot dog dihentikan.

4.)   Sebagian besar biaya iklan bersifat umum dan mewakili kedua lini produk. Namun, $5.000 dari anggaran periklanan dihabiskan untuk mengiklankan lini produk hot dog. Iklan ini akan thangka jika lini produk hot dog dihentikan.

Persiapkan analisis diferensial untuk menentukan apakah lini produk hot dog harus dihentikan.

I Gusti Made Karmawan