School of Information Systems

Data Visualisasi (Bagian 2)

Ekosistem Visualisasi

Wayfair adalah toko furnitur dan perlengkapan rumah tangga online populer yang memiliki budaya menggunakan teknologi di dalam perusahaan; misalnya, 90% konsumen data perusahaannya menggunakan tools intelijen bisnis (BI). Perusahaan tidak memiliki tim BI terpusat melainkan menggunakan beberapa tim yang didistribusikan di seluruh divisinya, tidak semuanya menggunakan tools BI yang sama. Wayfair memiliki tim infrastruktur terpadu, yang didalamnya terdapat data tools team.

Tim ini mengeksplorasi Looker sebagai produk yang mungkin memenuhi kebutuhannya akan tools visualisasi yang dapat bekerja di berbagai solusi BI untuk memberikan wawasan yang diperoleh dari data Wayfair. Awalnya, tim menggunakan Looker dalam proyek percontohan dan menemukan bahwa itu dapat mengatasi banyak kasus penggunaannya. Selain menawarkan cara-cara inovatif untuk menjawab pertanyaan, itu juga dapat menyesuaikan dengan tingkat kematangan data yang berbeda di seluruh divisi.

Wayfair menggunakan beberapa produk selain Looker dalam ekosistem datanya, termasuk PubSub untuk streaming dan penyerapan data, Dataproc untuk pemrosesan data, dan BigQuery, gudang data cloud Google. Peran Looker adalah memvisualisasikan data di dasbor, yang dirancang untuk memberikan tingkat detail apa pun yang diinginkan oleh pengguna. Data yang disajikan memungkinkan Wayfair membuat rekomendasi yang dipersonalisasi. Selain itu, dasbor membantu mengelola inventaris dan memperkirakan permintaan.

Looker didirikan pada 2011 dan diakuisisi oleh Google pada 2020. Looker menggunakan bahasa pemodelan yang disebut LookML untuk meminta data guna menghasilkan laporan dan dasbor. Kemampuan visualisasinya mencakup perpustakaan visualisasi data seperti sunbursts, funnels, timelines, maps, dan banyak format lainnya. Visualisasi yang disesuaikan juga dapat dikembangkan. Vertikal teratasnya meliputi e-niaga, media, tekfin, ritel, dan perawatan kesehatan.

Memahami Big Data

Salah satu keuntungan visualisasi sebagai tools analitik adalah kemampuannya untuk meringkas data dalam jumlah yang sangat besar dengan cara yang dapat dikonsumsi. Verizon Fios melayani jutaan pelanggan dan mengumpulkan hingga 4 terabyte per hari data, yang disimpan di Hadoop, Teradata, dan Oracle. Analytics Center of Excellence (ACE) Verizon memiliki tim yang terdiri dari 80 orang, 30 di antaranya melakukan analisis, dengan sisanya berfokus pada tata kelola data, persiapan, dan pemodelan. Grup analitik mengekstrak data dari berbagai repositori dan menganalisisnya menggunakan Tableau, sebuah platform analitik. Lebih dari 1.000 dasbor dibuat untuk operasi, transformasi bisnis, pengembangan produk, pemasaran, dan tim rekayasa perangkat lunak.

Seperti halnya proses manajemen informasi baru, cara pengenalannya penting. ACE melakukan penilaian kebutuhan dengan pemangku kepentingan untuk menentukan bagaimana mereka dapat mendukung kebutuhan informasi pengguna mereka dengan baik. Setelah dasbor Tableau ditempatkan berdasarkan input ini, pengguna dapat memperoleh detail dalam visualisasi melalui penggunaan berbagai tools Tableau. Selain itu, Tableau terintegrasi dengan Mapbox, memungkinkan tampilan peta panas yang mencerminkan lokasi masalah dan tanggapan layanan Verizon dengan cara yang relevan secara geografis.

Tableau adalah platform analitik dan visualisasi yang mapan dan banyak digunakan. Tools penyelidikan bahasa alaminya, Ask Data, memungkinkan pengguna menjelajahi visualisasi tanpa memerlukan keterampilan pengkodean. Ini memahami terminologi temporal dan kualitatif sehingga dapat menghasilkan interval waktu dan mencari nilai “tinggi” atau “rendah”. Jelaskan Data memungkinkan penemuan lebih lanjut dan memberikan visualisasi dinamis; pengguna dapat memilih titik data tertentu dalam visualisasi dan mendapatkan penjelasan naratif untuk titik tersebut. Misalnya, jika nilai ekstrim atau outlier ditemukan, Explain Data dapat menyarankan alasan untuk nilai tersebut, berdasarkan model statistik yang dikembangkan dengan cepat. “Data bukan lagi sekadar keunggulan kompetitif. Ini sangat penting untuk kesehatan—dan seringkali kelangsungan hidup—organisasi terlepas dari industri atau bidangnya,” kata Richard Tibbetts, VP manajemen produk, Tableau, di Salesforce. Membuat data lebih mudah diakses dan dipahami akan memperkuat departemen di seluruh organisasi.

Trend

Visualisasi memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik, lebih baik dalam menggambarkan pola dan hubungan dalam data, dan dapat memberikan wawasan yang lebih baik dari sejumlah besar data daripada analitik kuantitatif. Visualisasi interaktif, wawasan otomatis, respons bahasa alami terhadap kueri visualisasi, dan bentuk analitik cerdas lainnya dikategorikan sebagai “analitik tambahan” karena ditambah oleh AI dan melampaui visualisasi dasar.

Gartner memperkirakan dalam waktu tiga tahun, sebagian besar hasil analitik akan disajikan dan dikonsumsi melalui penceritaan data, dan bahwa 75% dari cerita ini akan dihasilkan secara otomatis oleh kecerdasan yang ditambah dan pembelajaran mesin. Bercerita memiliki sejarah panjang sebagai sarana untuk mengkomunikasikan pengetahuan. Ini sering memerlukan penyederhanaan informasi dan mempersonalisasikannya untuk audiens tertentu. Dengan memberikan informasi dalam konteks, cerita menjadi lebih bermakna dan lebih mudah diingat. Pengisahan cerita dan visualisasi bekerja sama untuk menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia, menciptakan pengalaman pengguna yang didorong oleh data dan menarik.

Demikian pula, visualisasi dan apa yang disebut demokratisasi analitik berjalan seiring, karena visualisasi jauh lebih mudah diakses oleh pengguna non-teknis. Di masa lalu, ilmuwan dan analis data diperlukan untuk menafsirkan data yang kompleks bagi pengguna, tetapi dengan antarmuka yang divisualisasikan, pengguna bisnis dapat menjelajahi data dan menggunakannya untuk membuat keputusan. Ilmuwan dan analis data diperlukan untuk mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data, tetapi ketika hasilnya disajikan dalam bentuk visual, mereka dapat digunakan oleh audiens yang lebih luas.

Seperti banyak aplikasi perusahaan, akses mobile semakin penting dalam melakukan. Tren menghadirkan visualisasi di perangkat mobile daripada di desktop pasti akan terus berlanjut. Menurut Pusat Penelitian Periklanan Dunia, hampir tiga perempat pengguna internet akan menjadi “mobile only” pada tahun 2025. Namun, menempatkan visualisasi pada perangkat mobile, tidak hanya  membuat tampilan lebih kecil. Kemampuan untuk menavigasi, memperbesar, dan mendapatkan detail tambahan perlu disesuaikan secara khusus untuk perangkat mobile.

Referensi :

https://www.kmworld.com/Articles/Editorial/Features/Data-Visualization-provides-rapid-insights-154644.aspx?pageNum=3

Nuril Kusumawardani

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031