School of Information Systems

Mengenal Deep Learning Beserta Contoh Penerapannya

Apakah kalian pernah mendengar istilah deep learning? Deep learning merupakan percabangan dari bidang machine learning yang menggunakan saraf tiruan atau disebut dengan artificial neural networks yang memiliki beberapa layers dalam memproses atau mempelajari suatu data. Deep learning memungkinkan suatu komputer untuk belajar secara otomatis melalui pengalaman yang diberikan agar sistem tersebut dapat mengidentifikasi pola yang kompleks dalam data. 

Deep learning memiliki model jaringan saraf tiruan yang mirip dengan struktur jaringan saraf manusia, dimana model tersebut terdapat beberapa lapisan neuron buatan yang terhubung satu sama lain. Neuron tersebut berperan dalam menerima suatu input data, melakukan komputasi matematika dan mengirim output tersebut ke neuron yang lain.   

Deep learning memiliki kemapuan dalam mempelajari suatu representasi fitur yang kompleks secara otomatis. Selain itu, deep learning juga dapat memperbaiki dan mengoptimalkan parameter mereka dengan algoritma pembelajaran yang dikenal dengan istilah backpropagation. Deep learning memiliki beberapa algoritma yang dapat digunakan seperti recurrent neural network, self-organizing maps, convolutional neural network dan long short term memory network. Dengan algoritma tersebut, mereka dapat menghasilkan suatu output yang tepat dan akurat. 

Deep learning juga banyak diterapkan dibeberapa sektor seperti dibidang Pendidikan, Kesehatan, ekonomi dan yang lainnya. Dalam sektor kesehatan, deep learning dapat digunakan untuk melakukan diagnosis medis. Deep learning digunakan pada alat alat medis seperti CT scan, MRI dan alat medis yang lainnya berdasarkan dari gambar yang diperoleh. Dari gambar tersebut, kita dapat mendeketsi penyakit pada organ dalam seperti kanker, lesi, retinopatik diabetic dan lain lain. Selain itu, deep learning juga dapat digunakan pada terapi dengan memprediksi respon dari pasien, memprediksi resiko terhadap penyakit tertentu, menganalsis data kesehatan pasien dan lain lain. 

Dalam bidang ekonomi, deep learning juga diterapkan diberbagai perusahaan untuk menganalisi data yang kompleks dan membantu perusahaan untuk mengambil keputusan. Contoh penerapan deep learning dalam konteks bisnis yaitu adanya fitur chat bot yang dapat memberikan respon atau interaksi kepada pelanggan selama 24 jam. Selain itu, deep learning juga dapat digunakan untuk menganalisis data yang kompleks seperti data penjualan, perilaku pelanggan, menganalisa perminatan pelanggan dan lain lain. Selain dibidang kesehatan dan ekonomi, deep learning juga banyak digunakan untuk sektor lainnya. 

Kesimpulan yang dapat kita ambil dari ringkasan diatas adalah deep learning merupakan suatu teknologi artificial intelligence yang dapat digunakan untuk mendapatkan suatu data atau output yang akurat dengan mempelajari suatu situasi atau kondisi tertentu. Data yang dipelajari atau diolah dalam deep learning dapat  berupa gambar, suara atau teks. Deep learning memiliki dampak yang luar biasa dalam beberapa sektor terutama di masa sekarang yang telah berkembang dengan cukup pesat. 

 

References : 

Angelia Cristine Jiantono

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031