Strategi Human-Centric Knowledge Management Bagi Tenaga Kerja Digital
Perkembangan KM
Manajemen pengetahuan (KM) adalah disiplin yang relatif baru. Meskipun pengetahuan telah ada sejak manusia memiliki gagasan untuk mengelolanya secara terkendali dan disiplin. Hal ini mulai muncul pada akhir 1980-an, awal 1990-an. Misalnya, majalah KMWorld dimulai pada tahun 1991 dan konferensi dengan nama yang sama dimulai pada pertengahan 1990-an. Ungkapan “manajemen pengetahuan” mendapatkan popularitas, menjadi sepenuhnya mapan, dengan lebih banyak artikel, publikasi, konferensi, dan subject di universitas yang didedikasikan untuk itu, hanya dalam kurun waktu beberapa tahun
KM yang kita kenal sekarang telah berkembang sedikit dari inkarnasi aslinya, sebagian besar karena kemajuan teknologi, tetapi mempertahankan prinsip aslinya yang secara sistematis membuat pengetahuan dapat diakses dan dibagikan sangat bermanfaat bagi organisasi. KM pertama kali diadopsi dan dipromosikan oleh perusahaan konsultan manajemen seperti McKinsey dan Ernst & Young (sekarang EY). Mereka melihat bahwa teknologi internet, khususnya yang diterapkan secara internal sebagai intranet, sangat menjanjikan untuk menciptakan, menemukan, mengatur, menyaring, mendistribusikan, dan menggunakan informasi untuk meningkatkan pengetahuan karyawan. Pemahaman yang lebih besar dari informasi yang sudah diketahui mengarahkan orang untuk membuat keputusan yang lebih baik, memecahkan masalah lebih cepat dan dengan hasil yang lebih baik, belajar pelajaran dari tindakan masa lalu, dan mengurangi redundansi dengan tidak mengulangi kegiatan penelitian dan proyek. Banyak anekdot tentang perusahaan yang menghabiskan sejumlah besar uang untuk studi riset pasar hanya untuk mengetahui bahwa mereka telah memiliki KM , memberikan alasan yang baik untuk KM tradisional.
Upaya awal di KM berpusat pada informasi sebagai aset. Aset informasi mencakup berbagai jenis, termasuk tidak hanya dokumen tetapi juga database, kebijakan, prosedur, resume karyawan, dan data yang dihasilkan secara eksternal. Saat ini definisi jenis aset informasi telah berkembang menjadi video, audio, email, dan bentuk komunikasi internal lainnya. Pengetahuan, sebagai aset, mengintai di banyak sudut organisasi. Sesuatu yang menjadi jauh lebih jelas saat KM berkembang.
Connecting People
Selain mengumpulkan berbagai jenis informasi, tujuan kedua KM adalah menghubungkan orang. Mengumpulkan konten hanya demi mengumpulkannya tidak meningkatkan aset informasi ke status aset pengetahuan. Memang, barang-barang yang dikumpulkan cenderung membusuk seiring waktu, menjadi basi dan tidak relevan ketika informasi baru menggantikannya. Sebuah kisah tentang petualangan karyawan bank yang ditugaskan untuk melihat bagaimana dia bisa bermanuver di San Francisco Bay Area hanya dengan kartu kredit bank di awal 1960-an, ketika kartu kredit serba guna adalah konsep baru dan inovatif, memiliki sejarah nilai—usahanya untuk menggunakan kartu itu untuk membayar tol Bay Bridge tidak berhasil dan pengambil tol akhirnya hanya melambai padanya—tetapi tidak mengandung informasi yang berguna untuk dunia tanpa uang tunai saat ini. Ini adalah studi kasus yang menarik tentang bagaimana apa yang sekarang kita lihat sebagai hal biasa dulunya canggih.
Pendukung KM sejak awal mengidentifikasi pengetahuan sebagai tacit atau eksplisit. Ini adalah pengetahuan eksplisit yang ditulis dan disimpan di suatu tempat di dalam organisasi. Ini dikodifikasi dan formal. Pengetahuan eksplisit dapat terkandung dalam manual, kebijakan, prosedur, laporan pasar, memo, desain produk, gambar arsitektur, diagram teknik, artikel jurnal, dan sejenisnya. Sebelum digitalisasi berlangsung, penyimpanan pengetahuan eksplisit adalah lemari arsip atau kotak penyimpanan arsip kardus. Menemukan lemari arsip atau kotak yang benar seringkali terbukti sangat sulit, bahkan tidak mungkin. Karena lebih banyak dokumentasi yang tersembunyi di lemari arsip didigitalkan, aset informasi tersebut memperoleh nilai dengan menjadi lebih mudah diakses. Knowledge Silo, tentu saja, masih ada, tetapi tidak seluas era pra-digital.