School of Information Systems

What are the current trends in computer hardware platforms?

Apa trend saat ini didalam platform perangkat keras komputer? Pada zaman ini semua macam teknologi sudah semakin canggih dan berkembang, khususnya juga pada perangkas keras yang ada di dalam teknologi komputer pada saat ini. Perangkat keras dan komputer jaringan ini sangat membantu apalagi pada sebuah perusahaan dalam mempercepat kemampuan kinerja kualitas dan kuantitas pada suatu aktivitas perusahaan secara efisien kedalam bentuk layanan bisnis suatu perusahaan. Ada delapan trend platform perangkat keras yaitu:

1. The Mobile Digital Platform

Platform digital seluler terbagi atas berbagai macam seperti smartphone, komputer, dan tablet yang digunakan untuk kebutuhan sehari hari kegiatan manusia yang umumnya dipakai untuk mencari informasi tentang apa yang kita sedang cari tahu. Khususnya pada zaman pandemic covid 19 ini, teknologi makin kerap digunakan khususnya untuk bisnis suatu perusahaan besar dan kecil untuk memenuhi kebutuhan produsen, dan tentu saja untuk kebutuhan konsumen itu sendiri. Seperti aplikasi bernama YouTube yang menyediakan beragam jenis konten yang hampir bisa diakses dimana dan kapan pun itu oleh seluruh pengguna YouTube tersebut, dan pihak YouTube yang akan merekomendasikan kira kira topik apa yang memungkinkan pengguna tertarik untuk mereka lihat dari histori tontonan atau riwayat pencarian yang kita tonton atau kita cari tahu sebelumnya.

2. Consumerization of IT and BYOD

Pada saat ini pengunaan teknologi tentu sudah sering khususnya di suatu perusahaan, apalagi fakta bahwa kita bisa membawa serta memakai teknologi yang kita punya untuk kepentingan individu atau informasi pribadi orang lain. Sesuai namanya yakni konsumen dalam pengunaan Ilmu Teknologi dan Bring Your Own Device, kita sebagai konsumen harus tahu betul bagaimana cara memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya untuk mengelola informasi baik untuk kepentingan pribadi semata, atau bahkan untuk kepentingan orang banyak yang mempunyai tanggung jawab yang besar.

Quantum Computing

Quantum Computing adalah data quantum yang berfokus pada pengembangan komputer. Jadi di era kualitas komputer sekarang, hal hal seperti kecepatan jaringan, kecepatan komputer, kualitas quantum, security firewall, serta juga penyimpanan data yang lebih besar dibanding komputer tradisional yang maju di era sekarang.

3. Virtualization

Virtualisasi adalah proses platform berbasis software atau virtual yang bertujuan untuk menyimpan seperti ruang penyimpanan virtual, database, server, koneksi, aplikasi, dan lain lain. Virtualisasi kerap digunakan karena tentu saja efisien dalam kinerja suatu kepentingan pekerjaan, lalu tentu saja hemat pengunaan energi dan biaya, mempermudah pemanfaatan pekerjaan server sistem kita menjadi maximal.

4. Cloud Computing

Cloud Computing adalah proses computing yang bertujuan sebagai peyimpanan data, software, kepada suatu layanan penyimpanan di internet seperti Google Drive, Media Fire, Dropbox, Mega, dan lain lain.

Cloud Computing terbagi atas 3 tipe servis yaitu :

· Infrastructure as a Service (IaaS)

Jadi infrastructure as a service merupakan layanan clouds yang menawarkan pengguna memakai untuk server, sekuritas, sumber data, dan jaringanpenyimpanan tanpa membeli peralatannya lagi yang pasti akan menghemat biaya. Contohnya ialah Google Cloud, Amazon Web Services, Microsoft Azure.

· Platform as a Service (PaaS)

Platform as a Service merupakan layanan clouds yang bertujuan memperbaiki semua fitur kualitas pada suatu aplikasi. Contohnya memperbaiki desain dan pengembangan website, security wallfare, fitur website, dan lain lain.

· Software as a Service (SaaS)

Software as a Service adalah layanan clouds yang membuat pengguna dapat mengakses dan terhubung dalam aplikasi berbasis cloud di internet. Contohnya Email, Google Drive, Microsoft Office 365, dan lain lain.

5. Green Computing

Komputasi Ramah Lingkungan adalah Pengunaan sumber daya komputer khususnya hardware agar lebih hemat energi yang meningkatkan daya kerja efisien yang ramah lingkungan. Jadi dengan menggunakan produk teknologi ramah lingkungan seperti komputer, laptop, printer, yang dapat menghemat biaya, mengurangi konsumsi sumber daya, dan pemakaian hardware yang membantu bumi menjadi ramah lingkungan.

6. Autonomous Computing

Komputasi Otonom adalah kemampuan sistem komputer yang dapat mengembangkan diri dan melindungi dirinya dari ancaman luar sistem. Sistem inilah yang selalu membuat teknologi gadget kita up to date, atau sistem yang melindungi dirinya dari ancaman luar yang berbahaya secara automatis tanpa bantuan dari kita. Contohnya adalah Laptop kita suatu saat akan menyarankan kita untuk memperbarui suatu aplikasi atau sistem agar kualitas performa penggunaan sistem itu tetap baru dan terjaga. Lalu aplikasi sistem bawaan Laptop kita seperti Windows Walfare Defender atau aplikasi sistem security Bernama McAfee yang akan melindungi kita dari potensial ancaman yang datang dari luar.

7. High-Performance and Power-Saving Processors

Prosesor Peyimpanan Daya dan Kinerja Tinggi adalah pengunaan prosesor yang hemat energi dan lebih efesien dari pengunaan yang bukan dikhususkan untuk peyimpanan daya yang bekerja secara efesien. Rata rata penggunaan teknologi sekarang sudah memakai multicore prosesor yang membuat kinerja sistem menjadi kualitas tinggi. Jadi pengunaan prosesor ini tentu akan akan membuat kinerja performa pekerjaan kita akan lebih efesien dari biasanya, temperatur suhu menurun, dan juga lebih hemat energi yang membuat pekerjaan kita menjadi lebih cepat dan nyaman. Itulah sebabnya kita harus mengetahui seberapa pentingnya peran platform perangkat lunak komputer yang membantu kualitas pekerjaan manusia yang mempermudah segala kepentingan mereka di dunia internet digital menjadi lebih efisien dibandingkan era-era sebelumnya dan alasan mengapa hal ini menjadi salah satu hal trending di dunia teknologi virtual ini.

Referensi :

What are the current trends in computer hardware platforms?

https://memenangkan.com/jelaskan-tren-terkini-platform-perangkat-lunak-komputer

Apa Itu Virtualisasi?

Dyah Wahyu Sukmaningsih, Juan Gunawan

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031