School of Information Systems

SERVICE MODEL CLOUD COMPUTING

A. Infrastructure as a Service (IaaS)

“Infrastruktur sebagai layanan” (IaaS) mengacu pada layanan online yang menyediakan API tingkat tinggi yang digunakan untuk mereduksikan berbagai detail tingkat rendah dari infrastruktur jaringan yang mendasarinya seperti sumber daya komputasi fisik, lokasi, partisi data, penskalaan, keamanan, cadangan dll. Hypervisor menjalankan mesin virtual sebagai tamu. Kelompok hypervisor dalam sistem operasional cloud dapat mendukung sejumlah besar mesin virtual dan kemampuan untuk meningkatkan skala layanan sesuai dengan kebutuhan pelanggan yang beragam. Wadah Linux dijalankan dalam partisi terisolasi dari satu kernel Linux yang berjalan langsung pada perangkat keras fisik. Linux cgroups dan namespaces adalah teknologi kernel Linux yang mendasarinya yang digunakan untuk mengisolasi, mengamankan dan mengelola wadah. Containerisation menawarkan kinerja yang lebih tinggi daripada virtualisasi, karena tidak ada overhead hypervisor. Selain itu, skala kapasitas wadah otomatis dengan beban komputasi, yang menghilangkan masalah penyediaan yang berlebihan dan memungkinkan penagihan berbasis penggunaan

B. Platform as a Service (PaaS)

Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah untuk menyebar ke infrastruktur cloud aplikasi yang dibuat atau dibeli oleh konsumen yang dibuat menggunakan bahasa pemrograman, perpustakaan, layanan, dan alat yang didukung oleh penyedia. Konsumen tidak mengelola atau mengontrol infrastruktur cloud yang mendasarinya termasuk jaringan, server, sistem operasi, atau penyimpanan, tetapi memiliki kontrol atas aplikasi yang digunakan dan mungkin pengaturan konfigurasi untuk lingkungan hosting aplikasi.

Vendor PaaS menawarkan lingkungan pengembangan kepada pengembang aplikasi. Penyedia biasanya mengembangkan toolkit dan standar untuk pengembangan dan saluran untuk distribusi dan pembayaran. Dalam model PaaS, penyedia cloud menghadirkan platform komputasi, biasanya termasuk sistem operasi, lingkungan eksekusi bahasa pemrograman, database, dan server web.

Pengembang aplikasi mengembangkan dan menjalankan perangkat lunak mereka pada platform cloud alih-alih secara langsung membeli dan mengelola lapisan perangkat keras dan perangkat lunak yang mendasarinya. Dengan beberapa PaaS, komputer yang mendasari dan sumber daya penyimpanan skala secara otomatis untuk mencocokkan permintaan aplikasi sehingga pengguna cloud tidak harus mengalokasikan sumber daya secara manual.

Beberapa penyedia integrasi dan manajemen data juga menggunakan aplikasi khusus PaaS sebagai model pengiriman untuk data. Contohnya termasuk iPaaS (Platform Integrasi sebagai Layanan) dan dPaaS (Platform Data sebagai Layanan). iPaaS memungkinkan pelanggan untuk mengembangkan, melaksanakan, dan mengatur arus integrasi. Di bawah model integrasi iPaaS, pelanggan mendorong pengembangan dan penyebaran integrasi tanpa menginstal atau mengelola perangkat keras atau middleware. dPaaS menghadirkan produk integrasi — dan pengelolaan data — sebagai layanan yang dikelola sepenuhnya. Di bawah model dPaaS, penyedia PaaS, bukan pelanggan, yang mengelola pengembangan dan pelaksanaan program dengan membangun aplikasi data untuk pelanggan. Pengguna dPaaS mengakses data melalui alat visualisasi data. Konsumen Platform sebagai Layanan (PaaS) tidak mengelola atau mengontrol infrastruktur cloud yang mendasarinya termasuk jaringan, server, sistem operasi, atau penyimpanan, tetapi memiliki kontrol atas aplikasi yang digunakan dan mungkin pengaturan konfigurasi untuk lingkungan hosting aplikasi.

C. Perangkat lunak sebagai layanan (SaaS)

Dalam model perangkat lunak sebagai layanan (SaaS), pengguna mendapatkan akses ke perangkat lunak aplikasi dan basis data. Penyedia cloud mengelola infrastruktur dan platform yang menjalankan aplikasi. SaaS kadang-kadang disebut sebagai “perangkat lunak sesuai permintaan” dan biasanya dihargai berdasarkan pembayaran per penggunaan atau menggunakan biaya berlangganan. Dalam model SaaS, penyedia cloud menginstal dan mengoperasikan perangkat lunak aplikasi di pengguna cloud dan cloud mengakses perangkat lunak dari klien cloud. Pengguna cloud tidak mengelola infrastruktur dan platform cloud tempat aplikasi berjalan. Ini menghilangkan kebutuhan untuk menginstal dan menjalankan aplikasi pada komputer pengguna cloud itu sendiri, yang menyederhanakan pemeliharaan dan dukungan. Aplikasi cloud berbeda dari aplikasi lain dalam skalabilitasnya — yang

dapat dicapai dengan mengkloning tugas ke beberapa mesin virtual saat run-time untuk memenuhi permintaan pekerjaan yang berubah. Load balancers mendistribusikan pekerjaan melalui set mesin virtual. Proses ini transparan bagi pengguna cloud, yang hanya melihat satu titik akses. Untuk mengakomodasi sejumlah besar pengguna cloud, aplikasi cloud dapat bersifat multitenant, artinya setiap mesin dapat melayani lebih dari satu organisasi pengguna cloud.

Evaristus Didik M

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031