School of Information Systems

Mengenal Sertifikasi Enterprise Architeture Part 2

Mengingat enterprise architecture telah menjadi pengetahuan yang sangat dicari di tengah lingkungan professional IT, maka sertifikasi menjadi sebuah alat yang dapat menunjukan kualifikasi seseorang. Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas beberapa sertfikasi enterprise architecture yang dapat dipertimbangkan untuk diambil. Berikut adalah sertifikasi enterprise architecture terkenal lanjutan yang juga telah diakui secara internasional: 

  1. Dell EMC Proven Professional Cloud Architect Specialist (DECE-CA) certification 

Sertifikasi Dell EMC Proven Professional Cloud Architect Specialist (DECE-CA) adalah sertifikasi yang berfokus pada cloud yang dirancang untuk profesional IT yang memiliki keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud untuk lingkungan perusahaan. Sertifikasi ini ditawarkan oleh Dell EMC, yang merupakan penyedia solusi infrastruktur dan penyimpanan cloud terkemuka. 

Sertifikasi DECE-CA dirancang untuk memvalidasi pengetahuan dan keterampilan profesional bidang IT dalam merancang dan menerapkan solusi berbasis cloud menggunakan teknologi Dell EMC. Sertifikasi tersebut mencakup berbagai topik terkait cloud, termasuk infrastruktur cloud, keamanan cloud, otomatisasi cloud, dan orkestrasi cloud. 

Untuk mendapatkan sertifikasi DECE-CA, maka individu harus terlebih dahulu lulus ujian Dell EMC Cloud Infrastructure and Services (DECE-CIS), yang mencakup topik seperti infrastruktur cloud, model layanan cloud, keamanan cloud, dan model penerapan cloud. Individu kemudian harus lulus ujian Dell EMC Cloud Architect (DECE-CA), yang mencakup topik lebih lanjut seperti otomatisasi cloud, tata kelola cloud, dan cloud economy. 

Sertifikasi DECE-CA sangat cocok untuk individu yang fokus pada enterprise architecture yang bertugas untuk merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud di lingkungan perusahaan yang kompleks. Dengan memiliki sertifikasi ini, maka seorang profesional TI diangap memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan teknologi Dell EMC.  

 

2. Professional Cloud Solutions Architect (PCSA) 

Sertifikasi Professional Cloud Solutions Architect (PCSA) adalah sertifikasi yang dirancang untuk profesional IT yang memiliki keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud untuk lingkungan perusahaan. Sertifikasi ini ditawarkan oleh Cloud Credential Council (CCC), yang merupakan organisasi global yang menyediakan program pelatihan dan sertifikasi cloud netral vendor. 

Sertifikasi PCSA mencakup berbagai topik terkait cloud, termasuk infrastruktur cloud, model layanan cloud, keamanan cloud, migrasi cloud, dan tata kelola cloud. Sertifikasi ini dirancang untuk memvalidasi pengetahuan dan keterampilan profesional IT dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan praktik terbaik dan standar industri. 

Untuk mendapatkan sertifikasi PCSA, individu harus memiliki minimal tiga tahun pengalaman dalam manajemen layanan TI, arsitektur TI, atau tata kelola TI dalam lingkup profesional. Tidak hanya sekedar pemahaman, inidividu juga harus memahamai berbagai pengetahuan terkait desain infrastruktur cloud, manajemen layanan cloud, keamanan cloud, migrasi cloud, dan tata kelola cloud yang akan keluar di ujian sertifikasi. 

Sertifikasi PCSA sangat ideal untuk profesional TI yang bertanggung jawab merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud di lingkungan perusahaan yang kompleks. Sertifikasi tersebut menunjukkan bahwa seorang profesional TI memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan praktik terbaik dan standar industri. Sertifikasi tersebut diakui secara global dan sangat dihargai oleh pemberi kerja di industri TI. 

Selain sertifikasi, CCC juga menawarkan serangkaian kursus untuk membantu profesional TI mempersiapkan ujian sertifikasi dan mendapatkan keahlian dalam solusi berbasis cloud. Kursus tersebut meliputi beberapa pilihan seperti pelatihan yang dipandu instruktur, kursus e-learning mandiri, dan latihan praktik secara langsung. 

3. Google Professional Cloud Architect 

Google Professional Cloud Architect adalah sertifikasi khusus yang ditawarkan oleh Google Cloud. Ini dirancang untuk profesional TI yang memiliki keahlian dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan teknologi Google Cloud.  Sertifikasi ini dirancang untuk memvalidasi pengetahuan dan keterampilan profesional TI dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan Google Cloud Platform (GCP). 

Ujian sertifikasi ini dalam bentuk ujian pilihan ganda dan pertanyaan berbasis skenario yang menguji pengetahuan dan keterampilan kandidat dalam merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan GCP. Peserta sertifikasi harus memiliki pengalaman langsung dengan GCP dan memahami konsep cloud computing, seperti virtualisasi, jaringan, penyimpanan, dan keamanan. 

Sertifikasi Arsitek Cloud Profesional Google ideal untuk profesional TI yang bertanggung jawab merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan GCP di lingkungan perusahaan yang kompleks. Dengan memiliki  sertifikasi ini, maka seorang individu dapat menunjukkan bahwa ia merupakan seorang profesional TI yang memiliki pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk merancang dan mengimplementasikan solusi berbasis cloud menggunakan teknologi Google Cloud. Sertifikasi ini telah diakui secara global sehingga sangat dihargai oleh banyak perusahaan di industri TI. 

 

References:  

https://www.cio.com/article/222483/12-certifications-for-enterprise-architects.html

https://www.indeed.com/career-advice/career-development/enterprise-architect-certifications  

Lisa Mega Tanto Kusumo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031