School of Information Systems

5 Strategi Konversi Terbukti untuk Ecommerce

Apakah Anda memaksimalkan lalu lintas yang datang ke toko online Anda? Anda mungkin memiliki beberapa pengguna, tetapi jika Anda tidak mengubahnya menjadi penjualan sebaik mungkin, Anda bisa meninggalkan banyak uang di atas meja. Tweak dan perubahan kecil bisa membuat perbedaan antara pelanggan yang membeli atau meninggalkan situs web Anda.

Di artikel ini, saya akan menunjukkan kepada Anda lima cara efektif yang dapat Anda lakukan untuk mulai meningkatkan tingkat konversi e-niaga Anda untuk meningkatkan pendapatan dan mencapai tujuan Anda.

  • Manfaatkan Keranjang yang Ditinggalkan

Apakah Anda memiliki strategi keranjang yang ditinggalkan? Bagi mereka yang tidak memilikinya, Anda membiarkan pelanggan lolos dari jari Anda. Jika seseorang telah mengunjungi toko e-niaga Anda dan menambahkan produk ke keranjang mereka, terkadang yang mereka butuhkan hanyalah sedikit dorongan untuk menyelesaikan proses checkout. Mungkin Facebook mengalihkan perhatian mereka atau mereka ingin mengunjungi situs web lain untuk mendapatkan penawaran terbaik. Ada banyak alasan mengapa mereka tidak melakukan konversi.

Listrak menerbitkan indeks pengabaian keranjang belanja yang mengungkapkan bahwa ada 77% tingkat pengabaian dalam enam bulan terakhir tahun 2017. Kemungkinannya adalah, Anda akan mengalami banyak pengguna yang tidak menyelesaikan checkout, tetapi itu tidak berarti Anda tidak bisa membuat mereka berkonversi. Platform seperti Shopify memiliki sistem pemulihan keranjang yang ditinggalkan bawaan yang memungkinkan Anda mengirim pengingat email agar pelanggan kembali dan menyelesaikannya. Jika Anda menggunakan WordPress dan WooCommerce, ada plugin yang akan melakukan hal yang sama persis. Pastikan Anda memanfaatkan alat yang tersedia secara gratis ini untuk dengan mudah melihat peningkatan konversi.

  • Lebih Sedikit Fitur, Lebih Banyak Manfaat

Tentu, jika saya membeli sesuatu dari toko Anda, saya perlu mengetahui bahan, warna, dan fitur serupa, tetapi bagaimana itu akan mengubah hidup saya? Apakah saya akan lebih bahagia? Lebih percaya diri? Click To Tweet Salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan konversi adalah dengan mengubah copywriting Anda. Dalam deskripsi produk atau layanan Anda, selalu asah bagaimana pelanggan akan mendapat manfaat. Ini, tentu saja, berbeda dari satu produk ke produk lainnya, tetapi bisa berupa apa saja di sepanjang garis:

    • Bagaimana produk atau layanan Anda akan membantu pelanggan potensial Anda mencapai tujuan mereka
    • Cara-cara di mana produk atau layanan Anda dapat meningkatkan citra dan kepercayaan diri seseorang
    • Bagaimana perusahaan Anda dapat membantu menciptakan kenangan seumur hidup

Lihat betapa jauh lebih baik hal itu kemudian menyatakan deskripsi fitur yang kering? Berjalan-jalanlah di posisi pelanggan Anda. Orang-orang menginginkan pengalaman yang benar-benar relevan bagi mereka. Ingatlah bahwa orang tidak membeli produk, mereka membeli emosi. Maksud saya ini secara harfiah dan kiasan, karena pembelian didasarkan pada emosi, tetapi pada saat yang sama produk menimbulkan perasaan tertentu.

  • Kupon untuk Semua Orang

Semua orang menyukai diskon yang bagus, saya tahu saya pasti menyukainya. Menawarkan kode kupon adalah cara sederhana untuk menawarkan nilai gratis kepada pelanggan Anda dan terbukti meningkatkan tingkat konversi. Menurut laporan psikologi konsumen dari Marketing Prof, lebih dari 50% pelanggan tidak akan membeli dari toko e-commerce jika tidak menawarkan diskon. Click To Tweet Bahkan sesuatu yang kecil seperti kupon 5 atau 10% bisa cukup untuk memotivasi pengguna untuk menyelesaikan pembelian mereka. Selalu buat kupon mudah ditemukan. Pelanggan tidak dapat menggunakannya jika mereka tidak dapat menemukannya.

  • Belajar dari Strategi Pengiriman Amazon

Anda mungkin telah menghabiskan cukup banyak waktu di Amazon. Jika ada satu hal yang mereka lakukan dengan baik, itu adalah pengiriman. Salah satu pendekatan yang digunakan Amazon adalah menawarkan pengiriman gratis jika Anda menambahkan sejumlah item ke keranjang Anda, yang merupakan strategi yang mudah untuk diadopsi. Ini memiliki manfaat sekunder untuk mendorong nilai keranjang yang lebih tinggi yang berarti peningkatan pendapatan untuk bisnis Anda.

  • Buatlah Semudah 1, 2, 3

Pengguna harus dapat mencapai checkout di toko e-niaga Anda dalam waktu sekitar empat klik. Ini biasanya terwujud dalam tindakan menambahkan ke keranjang, menekan check out, memasukkan informasi Anda, dan mengklik pembelian. Jika pengguna mendarat di beranda terlebih dahulu, mungkin diperlukan satu atau dua klik ekstra tetapi tujuan Anda harus membuat saluran penjualan Anda seramping mungkin.

Halaman terpenting dari saluran penjualan Anda termasuk halaman produk, keranjang, dan check out. Hancurkan area-area ini dan catat di mana Anda dapat membuat ruang untuk perbaikan.

Berikut adalah beberapa ide untuk masing-masing:

    • Halaman produk

Sertakan gambar berkualitas tinggi dari beberapa sudut, copywriting yang memikat, dan tombol tambahkan ke keranjang yang jelas. Menampilkan ulasan juga merupakan bukti sosial luar biasa yang dapat membuat pengguna lebih nyaman membeli dari Anda.

    • Keranjang

Baris item dan total harus mudah dilihat dan termasuk perkiraan biaya pengiriman. Menyediakan opsi bidang yang dapat diedit untuk kuantitas, input kupon, upsell, dan kebijakan garansi diketahui dapat meningkatkan konversi pada tahap proses pembelian ini.

    • Checkout

Nama, email, alamat pengiriman, dan metode pembayaran adalah informasi inti dari informasi pelanggan yang Anda butuhkan untuk menyelesaikan pembelian. Jadikan informasi yang tidak penting dan menyiapkan akun opsional untuk checkout. Tidak semua pelanggan ingin membuat akun dan kami ingin prosesnya secepat mungkin.

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/02/5-proven-conversion-strategies-ecommerce.html

Yakob Utama Chandra