School of Information Systems

Cara Meningkatkan Tingkat Konversi Anda dengan UX yang Hebat

Tidak ada manajer pemasaran saat ini yang puas dengan situs webnya. Apakah titik yang menjadi masalah adalah kegunaan atau konversi, selalu ada ruang untuk perbaikan. Ketika saya sedang mempresentasikan di sebuah konferensi, saya selalu berkata kepada orang banyak, “Angkat tangan Anda jika Anda puas dengan bagaimana situs Anda berkonversi.” Dan tidak ada yang pernah mengangkat tangannya.

Kemampuan digital menjadi lebih cepat setiap hari. Dengan lebih banyak hal untuk dilibatkan, tidak heran pemasar puas dengan situs yang hanya OK. Mereka mungkin tidak memiliki sarana untuk melakukan pengujian yang efektif dan membuat perubahan yang berdampak dan terinformasi.

Tetapi menemukan solusi ini bisa jadi sulit dengan rentang perhatian terbatas yang datang dengan peningkatan teknologi ini. Rentang perhatian anak saya yang berusia tiga tahun praktis tidak ada: Dia melompat dari satu hal ke hal berikutnya. Dengan segala sesuatu yang ada di ponsel, kita semua sama seperti anak berusia tiga tahun. Tidak heran tingkat konversi telah turun. Memberikan pengalaman pengguna yang baik yang akan membuat pengguna terpikat membutuhkan pendekatan baru.

Tingkatkan Kegunaan Anda

Salah satu faktor kegunaan yang dievaluasi oleh tim saya adalah “zona jempol”. Beberapa alat yang ada di pasaran menunjukkan di mana jempol dapat menjangkau situs seluler Anda. Terkadang ajakan bertindak atau poin keterlibatan Anda berada di luar jangkauan ibu jari pengguna saat memegang ponsel. Jika ajakan bertindak Anda berada di sudut kanan atas, misalnya, itu bukan area yang mudah dijangkau. Pengguna memperhatikan jika situs Anda selaras dengan detail ini.

Jika pengguna memiliki tiga aplikasi dan empat tab yang terbuka di ponselnya dan bolak-balik di antara mereka, dia mungkin memutuskan untuk tidak menyelesaikan pembeliannya di situs Anda jika pengalaman Anda tidak memenuhi harapannya. Studi yang dilakukan oleh Eyetrack III menemukan bahwa tidak hanya elemen di atas lipatan yang paling banyak mendapat perhatian, tetapi mata orang tertarik ke sudut kiri atas halaman sebelum ke kanan. Itu berarti item di sudut kiri atas situs Anda harus jelas dan memikat.

Detail-detail kecil ini dapat memiliki efek besar pada UX-yang memengaruhi tingkat konversi. Kecepatan situs, misalnya, dapat membuat atau menghancurkan pengalaman digital. Seberapa cepat halaman Anda dimuat? Seberapa cepat pengguna dapat menavigasi antar halaman? Ketika mereka mengklik sesuatu, apakah tab baru dimuat secepatnya? Apakah Anda menggunakan aplikasi satu halaman? Bagaimana Anda mempertahankan proses yang lancar bagi pengguna? Tim saya menggunakan frasa “lebih lambat sama dengan lebih rendah” untuk mengingatkan kami bahwa kecepatan yang lebih lambat menurunkan tingkat konversi kami.

Optimalkan Konten dan Organisasi Anda

Komponen lain untuk kegunaan adalah kemudahan navigasi. Semakin mudah bagi pengguna untuk menguasai situs Anda dengan cepat, semakin besar kemungkinan mereka untuk melakukan konversi. Jika pengguna B2B, misalnya, sedang dalam tahap penelitian dan dia mendarat di situs Anda, dia harus dapat menemukan informasi penting tentang organisasi Anda di beranda Anda. Dia seharusnya tidak perlu menggali situs Anda untuk mempelajari apa misi perusahaan Anda.

UX Booth melaporkan bahwa orang lebih cenderung membuat keputusan berdasarkan emosi, dan menetapkan alasan untuk keputusan itu setelah fakta. Gabungkan pengetahuan ini ke dalam halaman arahan Anda; bertujuan untuk memperoleh respons emosional dengan desain situs Anda. Terakhir, jangan lupa bahwa bukan hanya informasi apa yang Anda sajikan; tetapi bagaimana Anda menyajikannya. Fokus pada konten dan hierarki visual Anda.

Di perusahaan saya, kami adalah pendukung besar MarketingExperiments dan pesannya. Pengguna tidak terlibat dengan situs web. Secara tidak sadar, mereka berinteraksi dengan orang lain. Jika Anda tidak menyajikan konten dalam urutan di mana pengguna secara alami akan menyerap informasi itu, itu dapat membuat mereka tidak tertarik. Sajikan pengunjung situs Anda dengan tiga W: Mengapa saya di sini? Apa yang harus saya lakukan? Mengapa saya harus melakukannya? Berbagai bagian kecil yang membuat sebuah situs ideal bagi penggunanya.

Berikut ini beberapa langkah lagi untuk memulai perjalanan Anda dalam menyediakan UX yang hebat:

  • Identifikasi Apa yang Bekerja dengan Pengguna Anda

Periksa apa yang disukai pengguna Anda dan aspek mana dari situs Anda yang tidak menarik. Berbagai alat di pasaran dapat digunakan untuk memanfaatkan peta panas, polling pengguna, dan video pengguna untuk menunjukkan kepada Anda bagaimana pengguna terlibat dengan situs Anda. Hotjar adalah favorit internal dan merupakan landasan di mana tim saya merumuskan strategi pengujian kami. Menganalisis informasi ini memungkinkan pengguna Anda untuk memberi tahu Anda dengan tindakan mereka bagian mana dari situs Anda yang berfungsi untuk mereka. Di tengah-tengah desain ulang? Memanfaatkan alat seperti EyeQuant memungkinkan Anda untuk melihat bagaimana pengunjung akan menanggapi desain Anda sebelum ditayangkan.

  • Sederhanakan Proses Checkout Anda

Jika Anda beroperasi di dunia e-niaga, terutama di sekitar hari libur, Anda tidak ingin proses pembelian menjadi panjang. Apakah pelanggan Anda mempertahankan momentum pengguna saat mereka memasuki corong checkout Anda? Seberapa transparan Anda dengan biaya pengiriman, pajak, dan informasi lain yang ingin diketahui pengguna sebelum mereka memulai proses checkout? Jika proses Anda terlalu lama, jangan heran jika konsumen meninggalkan keranjang mereka.

  • Gabungkan Video

Bagi kebanyakan orang, dibutuhkan lebih banyak waktu dan upaya untuk membaca daripada mendengarkan atau menonton sesuatu. Orang-orang sibuk, dan seperti yang dibahas sebelumnya, memiliki rentang perhatian yang pendek. Manfaatkan pengguna yang ingin terlibat dengan situs saat dalam perjalanan. Beri mereka sesuatu yang singkat dan manis untuk ditonton daripada membuat mereka harus menggulir dan membaca selama perjalanan pagi mereka. Faktanya, menurut Wyzowl, 79% konsumen lebih memilih video dengan informasi produk daripada teks biasa.

Dengan konsumen yang selalu bepergian dan dapat mengakses lebih banyak konten online daripada sebelumnya, situs Anda membutuhkan UX yang mengesankan. Kegunaan dan konten berkualitas tinggi adalah faktor utama UX yang baik, tetapi jangan lupakan langkah-langkah yang lebih kecil seperti proses checkout Anda dan menawarkan video. Menerapkan semua faktor ini akan membuat pelanggan kembali lagi.

Sumber: https://blog.marketo.com/2018/12/how-to-improve-your-conversion-rate-with-a-great-ux.html

Yakob Utama Chandra