School of Information Systems

Pentingnya CRM untuk Perusahaan

Apa itu CRM?

Hubungan perusahaan dengan pelanggan yang baik dan konsisten akan menghasilkan dampak yang signifikan terhadap bisnis perusahaan. Dalam bisnis tentunya ada persaingan antar perusahaan. Oleh karena itu, sebuah perusahaan tentunya harus memiliki strategi yang tepat untuk memenuhi tuntutan dan keinginan pelanggan agar dapat bersaing dan unggul dari perusahaan/pesaing sejenis. Oleh karena itu, CRM sangat diperlukan bagi sebuah perusahaan untuk menjalin hubungan dengan pelanggan. Lalu apa itu CRM?

CRM atau Customer Relationship Management adalah suatu sistem terintegrasi yang digunakan untuk membuat perusahaan lebih mengenal pelanggannya dan untuk mengarahkan perusahaan tentang bagaimana langkah dan strategi yang akan diambil dalam memberikan pelayanan kepada pelanggannya untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang sudah ada sehingga pelanggan lebih puas. sehingga pelanggan berbelanja secara royal pada layanan yang diberikan dan bertujuan untuk menarik pelanggan baru. Singkatnya, CRM digunakan untuk menjaga hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Tanpa CRM perusahaan akan sulit berkembang.

Mengapa CRM sangat penting dan diperlukan dalam sebuah perusahaan?

Persaingan bisnis yang ketat menuntut perusahaan untuk dapat meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang diberikan karena keberhasilan suatu usaha dilihat dari jumlah pelanggan yang didapatnya. Upaya ini dapat diwujudkan dengan menggunakan CRM. Dengan penerapan sistem CRM yang baik dan benar, perusahaan akan lebih mampu menganalisis dan mengenali kebutuhan dan keinginan pelanggan atas layanan yang diberikan. Dengan menggunakan CRM, data pelanggan akan disimpan dalam perangkat keras, sehingga dengan data ini perusahaan akan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh pelanggan, jika perusahaan dapat mewujudkan keinginan pelanggan tentunya akan meningkatkan loyalitas mereka terhadap bisnis perusahaan.

CRM juga mampu meminimalkan biaya yang akan dikeluarkan karena layanan CRM akan lebih mudah dilakukan karena kebutuhan pelanggan akan diketahui secara cepat dan spesifik sehingga menghemat biaya dan meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. CRM juga akan membantu perkembangan bisnis secara cepat dan pesat karena sistem yang ada pada CRM akan membuat perusahaan mengembangkan layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

Implementasi CRM di perusahaan

Beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengimplementasikan CRM, antara lain:

  1. Identifikasi pelanggan

Pada tahap ini perusahaan diharapkan dapat menganalisis keinginan dan kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan, dengan ini perusahaan dapat melakukan promosi dengan mudah, dan cepat, serta tentunya menghemat biaya.

  1. Akuisisi Pelanggan

Tahap ini merupakan proses mengubah calon pelanggan menjadi pelanggan. Untuk mencapai hal tersebut diperlukan strategi yang tepat. Contoh dari upaya ini adalah, memberikan bonus atau diskon pada transaksi pertama yang dilakukan oleh pelanggan. Pengalaman pertama sangat penting karena akan mempengaruhi kesan yang diberikan pelanggan terhadap bisnis atau perusahaan.

  1. Retensi Pelanggan

Nah pada tahap ini, perusahaan harus mampu mempertahankan dan mempertahankan pelanggan agar tetap loyal dan tidak beralih ke perusahaan lain yang sejenis. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan strategi seperti program loyalitas, yang memberikan bonus atau hadiah gratis kepada pelanggan. Program ini banyak digunakan oleh perusahaan bisnis dan terbukti mampu mempertahankan dan mempertahankan pelanggannya.

  1. Pengembangan Pelanggan

Tahapan ini merupakan upaya untuk mengundang pelanggan yang telah loyal kepada perusahaan dengan menjadikan mereka tidak hanya menguntungkan tetapi juga mengundang mereka sebagai mitra perusahaan. Mereka bisa diajak bekerja sama untuk memasarkan produk dan jasa yang ditawarkan perusahaan, tentunya cara ini harus dilakukan dengan memberikan hadiah atau reward kepada pelanggan yang sudah menjadi mitra. Ini akan berguna sebagai pemasar yang loyal bagi perusahaan

RA Dyah Wahyu Sukmaningsih, Shakila Humaira

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031