School of Information Systems

Aspek Hirarki Visual dalam Perancangan User Interface

Visual Hierarchy atau Hirarki visual adalah urutan elemen desain yang diatur berdasarkan tingkatannya dalam memandu pengguna untuk fokus pada informasi yang paling penting. Hirarki visual sangat penting dalam perancangan user interface karena dapat membantu pengguna memahami informasi secara efektif dan efisien. Apabila hirarki visual yang diterapkan dalam desain User Interface tidak baik, maka hal tersebut menyebabkan lamanya durasi pengguna untuk mendapatkan informasi, kesalahan fokus pengguna, kesalahpahaman dalam penyampaian informasi dan juga kesalahan pengambilan keputusan.

Dalam perancangan user interface, hirarki visual dapat membantu pengguna untuk lebih mudah memahami informasi, menavigasi interface, dan membuat keputusan yang lebih baik. Misalnya, dengan menggunakan ukuran dan warna yang berbeda pada elemen-elemen yang berbeda, pengguna dapat dengan mudah mengenali informasi yang paling penting dan mengetahui apa yang harus dilakukan selanjutnya. Selain itu, hirarki visual juga membantu memperbaiki kesan visual user interface secara keseluruhan, memungkinkan pengguna untuk merasa lebih mudah menggunakannya dan mempercepat waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan tugas. Oleh karena itu, dalam perancangan user interface, hirarki visual sangat penting untuk memastikan antarmuka yang mudah digunakan dan dapat dipahami dengan baik oleh pengguna.

Untuk membuat hirarki yang baik, maka perancang user interface dalam memerhatikan beberapa elemen sebagai berikut:

  1. Ukuran

Dalam segi ukuran, tentu elemen yang paling penting harus lebih besar daripada elemen yang kurang penting. Hal ini akan memudahkan pengguna untuk langsung mengarahkan fokus mereka ke elemen terbesar pada interface tersebut.

  1. Warna

Warna juga dapat digunakan untuk membedakan tingkat hierarki. Elemen yang paling penting dapat menggunakan warna yang lebih mencolok dan kontras, sedangkan elemen yang kurang penting dapat menggunakan warna yang lebih netral.

  1. Kontras

Kontras digunakan dalam penerapan pemilihan warna dalam perancangan user interface. Elemen yang paling penting harus memiliki kontras yang lebih tinggi daripada elemen yang kurang penting. Pengecekan besar kecil kontras warna dapat dicek melalui beberapa website pengecekan kontras warna. Semakin besar kontras elemen dengan background, maka elemen tersebut semakin mudah terlebih oleh pengguna

  1. Space

Space atau ruang kosong antara elemen juga dapat membantu dalam membedakan tingkat hierarki. Elemen yang paling penting harus diberi ruang yang lebih besar daripada elemen yang kurang penting. Dengan tehnik tersebut, memungkinkan pengguna mengetahui elemen yang paling ingin ditonjolkan sehingga dipisahkan lebih jauh dari elemen lainnya.

  1. Teks

Dalam perancangan User interface, sangat besar kemungkinan teks akan sangat digunakan untuk menyampaikan berbagai jenis informasi. Maka dari itu, jenis teks yang digunakan untuk menggambarkan hirarki juga menjadi hal yang penting. Dengan memerhatikan hirarki dalam teks, maka pengguna dapat lebih mudah ternavigasi untuk membaca informasi yang penting terlebih dahulu. Hirarki visual teksdapat diatur dengan melakukan pengaturan terhadap ukuran, warna, dan gaya teks dapat digunakan untuk membedakan elemen teks dalam perancangan user interface.

Dalam ukuran, semakin besar ukuran teks maka semakin tinggi juga hirarki teks tersebut. Dalam hal warna, maka akan tergantung kembali dengan hukum hirarki kontras dimana semakin tinggi kontras warna teks dengan background, semakin tinggi juga hirarki visual teks tersebut. Begitu pula dengan gaya yang digunakan pada teks, semakin tebal dan tegak outline pembentu huruf teks,maka semakin tinggi juga hirarki visualnya.

  1. Simetri dan Konsistensi

Simetri dan konsistensi adalah elemen penting dalam membangun hirarki visual yang efektif. Perancang harus memastikan bahwa elemen desain pada tampilan antarmuka pengguna konsisten dan simetris dalam seluruh antarmuka pengguna.

Lisa Mega Tanto Kusumo

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031