School of Information Systems

Lebih Baik Mana Antara Big Data VS Data Warehouse

Di zaman Teknologi seperti ini perusahan rintisan maupun perusahaan yang sudah besar memiliki banyak sekali data untuk disimpan, data – data tersebut berasal dari banyak sumber seperti pendapatan,pengeluaran,oprasional kantor, dan lain lain. Perusahaan perlu menggunakan tempat penyimpanan yang aman untuk data pribadi perusahaan karena data merupakan sesuau hal yang sangat penting karena dapat membantu dalam kepentingan bisnis maupun operasional. 

Terdapat berbagai macam penyimpanan data tetapi yang paling sering di gunakan adalah data warehouse dan juga Big Data. Lalu apakah perbedaan anatara penyimpanan Data Warehouse dan Juga Big Data? 

Data Warehouse adalah jenis sistem manajemen data yang dirancang untuk mengaktifkan dan mendukung aktivitas intelijen binis yang berguna untuk mempemudah dalam analitikal data, data warehouse dibuat selain untuk tujuan penyimpanan tetapi juga untuk melakukan query data dan juga analisis data yang dimana data di dalam data warehouse sangat besar. Data Warehouse mempunyai beberapa karakteristik yaitu :  

  • Subject oriented, yang dimana data warehouse memberikan sebuah data ringkas dari subjek data tertentu. 
  • Integrasi, yang mengartikan bahwa data warehouse menyimpang data – data yang terpisah lalu disaukan kembali dalam format yang ditentukan tanpa merusak data. 
  • Memiki varian waktu, yang mengartikan bahwa data warehouse memiliki varian waktu sehingga dapat digunakan sebagai analisa data, karena data yang terdapat didalamnya melikin rentang waktu. 
  • Disimpan secara tetap, yang mengartikan bahwa data warehouse akan selalu menyimpan sebuah data, walau terdapat data yang baru. 

Big data adalah sebuah teknologi yang menampung sekumpulan data yang sangat besar dan juga memiliki variasi tipe data yang berbeda – beda, serta data di dalam sebuah big data terdapat data yang terstruktur (structured) , semi-terstruktur (semi structured) dan terakhir tidak terstruktur (unstructured). Big Data berguna sebagai analisis dan juga untuk prediksi untuk suatu permasalahan atau untuk kepentingan bisnis Terdapat karakteristik dari Big Data, yaitu ; 

  • Volume, yang dimana mengartikan bahwa big data mampu untuk menyimpan data yang jumlahnya sangat besar. 
  • Velocity, yang dimana mengartikan bahwa pemrosesan dan analisa sebuah data untuk keperluan tertentu dalam big data prosesnya sangat cepat. 
  • Variety, yang dimana mengartikan bahwa tipe data dialam sebuah Big data itu bisa beragam yang dimaksudnya semua tipe data dapat tersimpan didalam Big Data 
  • Value,yang dimana mengartikan bahwa data yang terdapat didalam sebuah big data, dapat menghasilkan sebuah insight baru bagi perusahaan. 
  • Veracity, yang dimana veracity ini mengartikan bahwa data yang tersimpan didalam sebuah big data dapat di percaya, hal ini dimaksudkan bahwa data yang terdapat didalam sebuah big data, datanya tidak rusak dan data tersebut utuh, sehingga data tersebut dapat dipercaya. 

Tabel Perbandingan antara Big Data vs Data Warehoue 

Big Data  Data Warehouse 
Big data adalah sebuah data yang berukuran sangat besar yang dimana dapat menyimpan dan mengolah data dengan jumlah besar  Data warehouse adalah kumpulan jumlah data histori dari sebuah sistem atau operasi didalam suatu organisasi atau perusahaan 
Data yang bisa disimpan didalamnya terstruktur (structured), semi-terstruktur (semi structured), tidak terstruktur (unstructured).  Data yang bisa disimpan didalamnya hanya data terstruktur (structured). 
Pemrosesan data didalam big data yaitu dengan sistem file yang terdistribusi.  Pemrosesan data didalam data warehouse yaitu tidak dengan sistem file yang terdistribusi. 

Berdasarkan pernyataan yang sudah dikemukakan diatas kesimpulan dari “Lebih baik mana antara Big Data VS Data Warehouse” yaitu tergantung kebutuhan dan penggunaan dari masing – masing organisasi, serta big data dan juga data warehouse tidak lah sama, yang dimana Big data dan data warehouse dapat digunakan secara bersamaan dalam perusahaan. 

 

References : 

https://www.oracle.com/big-data/what-is-big-data/  

https://www.oracle.com/database/what-is-a-data-warehouse/ 

https://www.educba.com/big-data-vs-data-warehouse/

Freza Fathur Nur Purnomo