Desain Pengalaman Pengguna (User Experience) untuk Mobile (Part 2)
Berikut adalah hal-hal yang harus kita lakukan:
- Minimalkan Konten
Desain untuk waktu pemuatan halaman minimal (kurang dari tiga detik) dan pemuatan kognitif. Selain itu, 94% pengguna seluler menggunakan mode potret, yang berarti lebih sedikit lebar untuk digunakan.
- Pertahankan gambar (termasuk yang disematkan) seminimal mungkin, dan kecil.
- Memiliki hierarki visual yang jelas.
- Gunakan warna dan kontras untuk memaksimalkan visibilitas.
- Buat teks 11 poin atau lebih besar.
- Waspadalah terhadap clutter – setiap elemen harus diperhitungkan. Kompres informasi menjadi ikon jika sesuai.
- Menenangkan halaman dan melengkapi/membingkai konten dengan spasi putih.
- Sertakan pola desain bergaya kartu untuk menampilkan konten yang dapat ditindaklanjuti dengan mudah.
- Pastikan semua perangkat dapat mendukung konten.
- Buat deskripsi halaman singkat untuk bookmark.
- Sederhanakan Navigasi
Sebagian besar pengguna menggunakan satu tangan; ujung jari bisa besar. Karena itu:
- Bertujuan untuk navigasi yang mudah digunakan, mudah dipelajari/bukti sendiri. Pertimbangkan pengungkapan progresif.
- Buat tombol/tab 30×30-piksel/7–10-mm (minimum).
- Gunakan menu navigasi layar penuh, tingkat navigasi minimum, dan pelabelan yang jelas, termasuk tab/ikon dan grafik.
- Prioritaskan item yang paling sering digunakan di bagian atas. Pertimbangkan seberapa jauh pengguna dapat menjangkau dengan nyaman.
- Berikan akses singkat ke fitur.
- Jangan mencampur pola navigasi.
- Tunjukkan tautan dengan jelas. Tunjukkan kapan pengguna telah mengaktifkannya.
- Izinkan satu tindakan utama per layar.
- Batasi Masukan Pengguna
Pengguna menjadi frustrasi ketika mereka harus terus menekan tombol. Jadi, desain untuk menawarkan efek maksimum untuk interaksi/usaha minimum.
- Jaga agar URL tetap pendek.
- Isi terlebih dahulu atau minimalkan input data yang diperlukan pada formulir.
- Sertakan mekanisme input alternatif (misalnya, dikendalikan oleh suara).
- Izinkan masuk secara permanen.
- Izinkan pengguliran minimal satu arah.
- Menyimpan data dalam kasus koneksi file.
- Tawarkan fitur pencarian yang jelas (misalnya, kaca pembesar).
- Gunakan layar kerangka untuk meyakinkan bahwa sistem menjalankan tindakan latar belakang.
- Pastikan Kontinuitas dan Konsistensi
Biarkan pengguna melanjutkan di mana mereka tinggalkan sehingga mereka dapat beralih dengan mudah antara ponsel dan desktop.
- Jaga agar konten tetap konsisten di antara layar. Jika Anda mendesain versi terpisah, jangan kompromikan kepercayaan pengguna dengan perubahan yang tidak halus.
- Menjaga kesinambungan; biarkan pengguna melacak pesanan, dll. dengan mudah di ponsel.
- Jika Anda mendesain versi terpisah, biarkan pengguna beralih dari format seluler ke desktop dengan bebas.
References:
https://www.smashingmagazine.com/2012/07/elements-mobile-user-experience/
https://www.interaction-design.org/literature/topics/mobile-ux-design