School of Information Systems

Personas – A Simple Introduction

Persona adalah karakter fiksi, yang Anda buat berdasarkan penelitian Anda untuk mewakili berbagai jenis pengguna yang mungkin menggunakan layanan, produk, situs, atau merek Anda dengan cara yang serupa. Membuat persona akan membantu Anda memahami kebutuhan, pengalaman, perilaku, dan tujuan pengguna Anda. Membuat persona dapat membantu Anda keluar dari diri sendiri. Ini dapat membantu Anda mengenali bahwa orang yang berbeda memiliki kebutuhan dan harapan yang berbeda, dan juga dapat membantu Anda mengidentifikasi dengan pengguna yang Anda rancang. Persona membuat tugas desain yang ada tidak terlalu rumit, mereka memandu proses pembuatan ide Anda, dan mereka dapat membantu Anda mencapai tujuan menciptakan pengalaman pengguna yang baik untuk grup pengguna target Anda. 

 

Berbeda dengan merancang produk, layanan, dan solusi berdasarkan preferensi tim desain, telah menjadi praktik standar dalam banyak disiplin desain yang berpusat pada manusia untuk menyusun penelitian dan mempersonifikasikan tren dan pola tertentu dalam data sebagai persona. Oleh karena itu, persona tidak menggambarkan orang sungguhan, tetapi Anda menyusun persona Anda berdasarkan data nyata yang dikumpulkan dari beberapa individu. Persona menambahkan sentuhan manusia pada apa yang sebagian besar akan tetap menjadi fakta dingin dalam penelitian Anda. Saat Anda membuat profil persona pengguna tipikal atau atipikal (ekstrim), ini akan membantu Anda memahami pola dalam penelitian Anda, yang menyatukan tipe orang yang ingin Anda rancang. Persona juga dikenal sebagai karakter model atau karakter komposit. 

 

Persona memberikan arketipe bermakna yang dapat Anda gunakan untuk menilai pengembangan desain Anda. Membangun persona akan membantu Anda mengajukan pertanyaan yang tepat dan menjawab pertanyaan tersebut sesuai dengan pengguna yang Anda rancang. Misalnya, “Bagaimana Peter, Joe, dan Jessica mengalami, bereaksi, dan berperilaku sehubungan dengan fitur X atau mengubah Y dalam konteks yang diberikan?” dan “Apa yang Peter, Joe, dan Jessica pikirkan, rasakan, lakukan, dan katakan?” dan “Apa kebutuhan mendasar mereka yang kami coba penuhi?” 

 

Persona dalam Pemikiran Desain 

Dalam proses Design Thinking, desainer akan sering mulai membuat persona selama fase kedua, fase Define. Pada fase Define, Pemikir Desain mensintesis penelitian dan temuan mereka dari fase pertama, fase Empathize. Menggunakan persona hanyalah salah satu metode, antara lain, yang dapat membantu desainer melanjutkan ke fase ketiga, fase Ideation. Persona akan digunakan sebagai panduan untuk sesi ide seperti Brainstorm, Ide Terburuk dan SCAMPER. 

 

Empat Perspektif Berbeda tentang Persona 

Dalam artikel ensiklopedia Interaction Design Foundation miliknya, Personas, Ph.D dan spesialis persona, Lene Nielsen, menjelaskan empat perspektif yang dapat diambil persona Anda untuk memastikan bahwa mereka menambahkan nilai tertinggi pada proyek desain Anda dan perspektif berbasis fiksi. Mari kita lihat masing-masing: 

 

  1. Persona yang diarahkan pada tujuan

Persona ini memotong langsung ke seluk beluk. “Ini berfokus pada: Apa yang ingin dilakukan pengguna biasa saya dengan produk saya?”. Tujuan dari persona yang diarahkan pada tujuan adalah untuk memeriksa proses dan alur kerja yang ingin digunakan pengguna Anda untuk mencapai tujuan mereka dalam berinteraksi dengan produk atau layanan Anda. Ada asumsi implisit bahwa Anda telah melakukan penelitian pengguna yang cukup untuk mengenali bahwa produk Anda memiliki nilai bagi pengguna, dan bahwa dengan memeriksa tujuan mereka, Anda dapat mewujudkan persyaratan mereka. Persona yang diarahkan pada tujuan didasarkan pada perspektif Alan Cooper, seorang perancang perangkat lunak dan programmer Amerika yang secara luas diakui sebagai “Bapak Visual Basic”. 

Nuril Kusumawardani