School of Information Systems

THE FIFTH DISCIPLINE PETER SENGE

Pada tahun 1990, Peter Senge sudah mencanangkan 5 disiplin yang diperlukan dalam organisasi pembelajaran. Apa 5 disiplin itu?.  

Mental model. Mental model adalah seperangkat pemahaman atau model yang koheren yang memungkinkan individu untuk memahami dunia mereka dan membuat keputusan yang sesuai. Mental model terdiri dari pengalaman belajar, hal-hal yang “dipelajari dengan cara yang sulit”, persepsi, nilai-nilai, keyakinan-semua dirakit secara pribadi oleh masing-masing individu. Jadi mental model adalah representasi tentang proses berpikir seseorang tentang bagaimana dan apa yang bekerja dan terjadi di dunia nyata. Representasi ini terkait dengan dunia sekitar mereka, hubungan antara berbagai bagian dan persepsi intuitif seseorang tentang tindakan dan konsekuensinya. Mental model dapat membantu membentuk perilaku dan pendekatan untuk memecahkan masalah dan melakukan tugas.  

Shared Vision. Visi bersama mengacu pada membuat bagian dari model mental individu terlihat sehingga mereka dapat dibagikan dengan orang lain dalam organisasi, dipahami oleh orang lain, dan bahkan mungkin disesuaikan oleh orang lain. Proses berbagi dapat dan sering memang mengarah pada modifikasi model yang ada sehingga individu yang terlibat dapat lebih dekat bersama sehubungan dengan model mental bersama organisasi mereka. Visi bersama adalah suatu gambaran umum dari organisasi dan tindakan (kegiatan) organisasi yang mengikat orang-orang secara bersama-sama dari keseluruhan identifikasi dan perasaan yang dituju. 

Personal mastery. Personal mastery mengacu pada seperangkat nilai dan atribut sedemikian rupa sehingga individu berkomitmen untuk belajar sepanjang hayat – yang pada gilirannya memungkinkan organisasi untuk terlibat dalam pembelajaran seumur hidup. Asumsi implisit di balik kompetensi inti ini adalah bahwa model mental individu tidak begitu kaku untuk mencegah pengetahuan baru, yaitu belajar, untuk dikolaborasikan atau ditambahkan (yang dapat memicu perubahan atau pembaruan model mental asli). Personal mastery adalah bentuk penguasaan diri seseorang untuk mengembangkan dirinya secara personal dan profesional. Personal mastery focus pada kemampuan dan ketrampilan memperjelas dan mendalami visi secara berkesinamabungan serta melihat realita secara obyektif.   

Team Learning. Team Learning adalah nilai dan sikap organisasi yang secara aktif mendorong pembelajaran individu dalam kelompok melalui pelatihan atau mendorongan individu untuk berpartisipasi dalam kelompoknya. Organisasi yang mendorong dan mendukung pembelajaran individu akan mampu menghasilkan organisasi pembelajaran. Team learning berfokus pada kemampuan dari sebuah kelompok bekerja bersama-sama,yang melibatkan interaksi dari anggota team yang saling belajar satu sama lain. Pembelajaran berlangsung melalui transfer keterampilan dengan mengamati atau memperhatikan anggota team dalam aksi, kemampuan peme!ahan masalah, eksperimen, mempertanyakan asumsi dan meninjau hasil sebagai sebuah out!omes kelompok. 

System Thinking. System Thinking mengacu pada persepsi atau definisi organisasi sebagai gestalt, entitas integral yang tidak dapat direduksi menjadi serangkaian komponen. Organisasi harus dilihat, dan diperlakukan sebagai lubang di mana semua bagian seolah-olah terhubung satu sama lain. System Thinking juga merupakan cara terbaik untuk melihat manajemen pengetahuan, sebagai sistem utuh yang terdiri dari proses, orang, budaya, teknologi, dan sebagainya. 

Suroto Adi