School of Information Systems

Yuk Berkenalan dengan Cryptography!

Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang cryptography, kita simak dulu yuk, asal kata cryptography ini sebenarnya dari mana sih? Cryptography ini sendiri di ambil dari bahasa Yunani, yaitu kata “crypto”, yang memiliki arti rahasia dan kata “graphia”, yang memiliki arti menulis, kedua kata ini memiliki arti penulisan rahasia. Lalu, apa itu cryptography? Cryptography adalah sebuah ilmu untuk melakukan pengamanan komunikasi ataupun informasi menjadi kode rahasia sehingga menjadi aman. Dengan cryptography ini yang bis melihat isi data atau informasi yang dikirimkan hanya pengirim dan penerima.

Crptography juga memiliki kaitan yang erat dengan enkripsi dan juga dekripsi. Enkripsi sendiri merupakan tindakan untuk melakukan konversi dari plaintext menjadi text yang tidak dapat dimengerti atau biasa juga disebut sebagai ciphertext. Sedangkan dekripsi adalah kebalikannya, yaitu proses untuk melakukan mengubah text yang tidak dapat dimengerti menjadi plaintext kembali. Kedua proses ini dapat diatur oleh satu atau bahkan beberapa kunci cryptography. Kunci yang digunakan untuk proses enkripsi dan dekripsi ini secara umumnya tidak perlu identik, jadi tergantung oleh sistem apa yang digunakan saja.

Cryptography ini memiliki beberapa tujuan, antara lain adalah sebagai berikut:

Confidentiality

Tujuan pertama ini guna untuk menjaga kerahasiaan, dimana hanya penerima yang bisaa mendekripsi, membuka, serta membaca pesan yang dikirimkan itu.

Non-repidiation

Tujuan kedua ini adalah bagi pengirim dan juga penerima dari pesan tersebut agar tidak bisa menyangkal dengan alasan apapun bahwa dia pernah membuat dan mengirimkan pesan tersebut ataupun untuk dapat mengubah informasi yang ada di pesan tersebut.

Integrity

Tujuan yang ketiga ini memiliki tujuan untuk melakukan pemastian bahwa ketika pesan tersebut sedang transit, informasi apapun yang terdapat dalam pesan tersebut tidak dapat diubah oleh siapapun tanpa adanya sepengetahuan dari pengirim dan juga penerima yang bersangkutan.

Authenticity

Tujuan yang keempat ini berguna untuk memastikan bahwa pengirim pesan dan penerima pesan dapat memverifikasi tujuan dari pesan tersebut dan juga identitas dari satu sama lainnya.

Dari keempat tujuan tersebut, maka dapat kita simpulkan bahwa tujuan utama dari cryptography ini adalah untuk membantu agar proses pemindahan informasi ini menjadi lebih aman dan juga autentik.

Dalam cryptography, ada beberapa algoritma yang dapat digunakan, antara lain adalah:

Secret Key Cryptography / Symmetric Cryptography

Algoritma ini menggunakan key yang sama untuk mengenkripsi maupun mendekripsi data untuk menjaga kerahasiaan dari data tersebut. Karena algoritma ini hanya menggunakan satu key yang sama untuk enkripsi dan juga dekripsinya, algoritma ini pun menjadi bentuk cryptography yang paling mudah. Algoritma ini dibagi lagi menjadi dua kategori, yaitu stream ciphers dan block ciphers. Dalam stream ciphers, proses untuk penyandiaannya berorientasi kepada satu byte data. Sedangkan proses penyandiann pada block ciphers akan berorientasi kepada sekumpulan byte atau byte data.

Public Key Cryptography / Asymmetic Cryptography

Algoritma ini menggunakan dua key, yang dimana satu key digunakan untuk enkripsi data dan key yang satu lagi akan digunakan untuk dekripsi data. Key yang digunakan untuk enkripsi data tidak dapat digunakan untuk dekripsi data dan begitu pun sebaliknya. Dengan sistem seperti ini, setiap orang dapat mengenkripsi data atau pesan yang akan dikirim dengan menggunakan public key, akan tetapi pesan yang dienkripsi tersebut hanya bisa didekripsi dengan private key dari penerimanya.

Hash Functions

Algoritma ini merupakan algoritma enkripsi satu arah yang akan melindungi data. Setelah dilakukannya pengenkripsian dari plaintext, maka kita tidak akan bisa memulihkan dari ciphertext atau disebut juga sebagai hash. Ini merupakan cara untuk dapat mengubah string menjadi string yang panjang tetap. Setiap kita melakukan input pada algoritma ini, akan menghasilkan output yang berbeda-beda sehingga unik.

 

Sumber:

https://codingstudio.id/cryptography-adalah/

https://dspace.uii.ac.id/bitstream/handle/123456789/3816/05.2%20bab%202.pdf?sequence=6&isAllowed=y

Anastasya Anirudha

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031