School of Information Systems

Digitization of Value Chains and Ecosystem

  • In the (Very) Near Future, Internet of Things Be Everywhere
    Internet of Things (IoT) technology memperkuat dua tren yang muncul di dunia bisnis:
    a. Perlunya beroperasi di dalam ekosistem
    b. Perlunya berubah menjadi software company.
  • Emerging Value Models and Business Models
    – From Linear to Circular, Participatory Value Models
    Transformasi digital akan ditandai dengan pergeseran structural yang luas dalam cara nilai dibuat, ditangkap, dan didistribusikan dalam jaringan dari perusahaan yang berdiri sendiri ke ekosistem terbuka yang terintegrasi.
    – From Closed, Static, Firm-Centric to Open, Dynamic, Crowd-Driven Ecosystem – Centric Business Models Gagasan model bisnis telah berkembang dari strategi corporate blueprint – linking strategy dan bisnis arstiektur jaringan yang terus berkembang. Tipe terakhir mewakili fase ketiga ekosistem yaitu kuadran kanan atas adalah ekosistem yang didorong oleh kerumunan dan ekosistem IoT yang didorong oleh kerumunan.– New Business Models and New Regulatory Models Need to be Co-Created with Different Actors
  • Open, Dynamic, Ecosystem-Centric Constructs
    That is the biggest power of a digital ecosystem: creating added value through partnerships.
    – Open Platforms
    Platforms telah ditingkatkan dan berubah seiring waktu.
    – Ecosystem Roles
    1. Horizontal : Contoh Cloud Infrastructure, Security Solution, Device Management, and Networking.
    2. Vertical : Menangani tantangan khusus dan use case dari pasar/pengguna. Menyediakan domain khusus dan terintegrasi penuh dengan produk IoT dalam sistem.
    3. Geographic : Bertanggung jawab atas local solution deployment, compliance with Mengambil prespektif lain, lebih rinci, peran ekosistem akan dibagi menjadi 2 kategori besar : teknis dan bisnis. Aspek penting dari bekerja dalam suatu ekosistem adalah Kerjasama antar tim. Disini tertera dengan jelas bahwa pentingnya nilai bisnis diantara para mitra, tidak hanya menetapkan harapan, tetapi juga memungkinkan pelaksanaan yang efisien dalam lingkungan koperasi.
  • Semua perusahaan pengganggu terkemuka memiliki satu kesamaan yaitu mengadopsi model dan teknologi bisnis baru yang jauh lebih cepat.
    – From Manufacturing to Recycling TagltSmart! Menargetkan penciptaan barang-barang FMCG yang ditingkatkan dengan fungsionalitas cloud pendukung unutk penyediaan layanan yag bertambah. Produsen dapat mengontrol produk yang meninggalkan pabrik sepanjang siklus, contoh dimana dan bagaimna produk di distribusi dan dalam kondisi apa. The lifecycle management use case dibangun disekitar konsep konsumen dalam membeli produk di supermarket dan terlibat dengan mereka. SmartTags memungkinkan penciptaan layanan yang berorientasi konsumen yang didasarkan pada informasi yang dimiliki telah dihasilkan pada berbagai lifecycle dari produk yang melibatkan pemangku kepentingan yang berbeda dari merek, ke pengecer yang paling fokus, konsumen dan pihak berwanang yang mengatur kebijakan daur ulang. Melakukan brand protection, dynamic pricing use case juga meruapakan hal penting.
  • Building an Ecosystem
    Berbagai pemangku kepentingan akan banyak terlibat seperti :
    a. Product information suppliers dalam memberikan infromasi lini produk, deskripsi, instruksi penggunaan.
    b. IoT platform provider dalam menyediakan akses data, pembuatan identitas unik, penyimpanan permanen, aloritma data.
    c. Solution providers dalam menyediakan aplikasi web dan smartphone yang sesuai dengan kebutuhan.
    d. Domain specific information providers dalam menyediakan informasi spesifik domain yang teridir dari produk diminati.
    e. Smart ink manufacturers dalam menyediakan tinta fungsional.
    f. Near-field Communication (NFC) dalam menyediakan label NFC yang memadai dalam membaut tag pada kemasan produk.
    g. Smart tag design and printing h. Transport/logistics service providers. Seperti yang dilihat, ekosistem dapat menjadi rumit, melibatkan organisais yang berfokus pada bisnis, keahlian, dan peran yang berbeda dalam rantai nilai.

TagItSmart! Menawarkan scalable technical printing solution, enable horizontal. Secara vertical ini menangani kasus penggunaan khusus yang dapat diperpanjang, karena tidak terikat pada domain tertentu. Secara geografis, berkaitan dengan persyaratan dan implementasi yang berkaitan dengan legislation on recycling. Membantu membangun peluang untuk connect locally. Teknisnya akan membangun dengan semua pihak (vendor, platform, domain experts, solution providers) mengenai kasus bisnis yang layak dan berpotensi mendapatkan pemasukan. The open call winners menjadi bagian dari ekosistem dan memaparkan layanan mereka kepada pengguna akhir dengan pengakuan TagltSmart!. Dengan cara ini layanan akan menjadi bagian dari ekosistem.

 

Referensi:

https://tagitsmart.eu/

 

Monica Putri Mutiara

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031