School of Information Systems

Mengenal Pendekatan Player-Centered Design

Courtesy of Janaki Kumar and Mario Herger. Copyright: CC-Att-ND (Creative Commons Attribution-NoDerivs 3.0 Unported).

Salah satu faktor terpenting dalam mendesign sebuah mobile game adalah faktor kesenangan dan ketertarikan pemain. Maka dari itu, sebelum process design perlu dilakukan analisa dan pemahaman user experience yang baik. UX design yang baik akan membantu pemain mudah memahami dan berinteraksi dengan game sehingga meningkatkan kesenangan dan ketertarikan pemain.  Design sebuah mobile game harus intuitive dan user friendly sehingga pemain dapat dengan mudah memahami cara bermain. Namun, design mobile game juga tidak boleh terlalu sederhana karena dapat membuat pemain cepat bosan.

Salah satu metodologi yang dapat digunakan untuk membangun mobile game dengan user experience yang baik adalah metodologi Player-Centred Design. Player-Centred Design merupakan pengembangan User Centred Design dengan penerapan konsep gamification. Metodologi ini mengangkat pentingnya pembentukan produk yang efektif, efisien, dan memuaskan pengguna serta pentingnya peningkatan interaksi.

Beberapa tahapan dalam metodologi Player-Centred Design antara lain:

  • Understand the Player

Tahap pertama pada player-centred design adalah memahami siapa target pengguna. Untuk menghasilkan mobile game yang baik perlu dilakukan pemahaman mendalam tentang siapa target pengguna.

  • Understand the Mission

Tahap selanjutnya adalah pemahaman misi atau tujuan game. Pada tahap ini perlu dipahami proses atau skenario yang dilakukan pemain saat ini sehingga dapat menentukan tujuan atau proses yang ingin dicapai perusahaan (business outcome)

  • Understand Human Motivation

Tahap selanjutnya adalah memahami motivasi pemain. Pemahaman motivasi atau alasan yang mendorong pengguna untuk memainkan game dapat digunakan untuk membangun mekanika game yang efektif.

  • Apply Game Mechanics

Mekanika game adalah seluruh komponen gamified UI seperti badges, leaderboard, points, dan lain-lain. Designer perlu membangun mekanika game yang sesuai dengan siapa, misi, serta motivasi pengguna yang sudah teridentifikasi pada tahap sebelumnya.

  • Manage, Monitor and Measure

Game yang sudah terbentuk harus terus dijaga dan kembangkan dengan cara mengelola misi bisnis serta pengguna, memonitor motivasi pengguna, dan mengukur mekanika game.

 Other Consideration in the Enterprise Context

Dalam pembentukan game juga terdapat konsiderasi etika yang perlu diperhatikan. Perlu dipahami bahwa sebuah game bertujuan untuk menarik dan memotivasi pengguna, tidak untuk memanipulasi.

Sumber:

https://www.interaction-design.org/literature/book/gamification-at-work-designing-engaging-business-software/chapter-2-58-player-centered-design

https://www.interaction-design.org/literature/topics/game-mechanics

https://symphony-solutions.com/insights/mobile-game-design-in-igaming

Shavira Andysa