School of Information Systems

Facebook Ads vs Instagram Ads

Saat ini, social media marketing merupakan area yang sangat berpengaruh bagi bisnis. Dengan kapasitas dan kemampuannya yang besar untuk menghubungkan bisnis dengan calon pelanggan, Anda dibuat pusing ketika Anda memiliki budget yang terbatas. Anda menjadi bingung ingin memasang iklan dimana, apakah Facebook Ads atau Instagram Ads? Jawabannya adalah tergantung dari kebutuhan Anda. Walaupun biasanya pengguna memiliki akun di kedua media sosial tersebut, interaksi dan demografi yang ada tetap berbeda.

Terdapat keunggulan yang berbeda apabila iklan dijalankan pada Facebook dan Instagram secara bersamaan maupun hanya pada salah satu platform. Anda perlu menganalisis faktor – faktor penting seperti tujuan iklan, jenis konten, dan target audiens yang ingin dicapai untuk mengetahui platform mana yang paling cocok dengan bisnis Anda. Ingin memasang iklan dengan mudah dengan tujuan iklan yang cakupannya luas? Instagram adalah untuk Anda. Anda memerlukan kontrol terperinci atas setiap aspek iklan? Gunakan Facebook. Mari kita teliti lebih dalam perbandingan antara Facebook Ads dan Instagram Ads, sehingga Anda dapat menentukan platform mana yang lebih cocok untuk kampanye iklan yang ingin anda buat.

  1. Jenis Konten

Perhatikan jenis konten yang sudah ada di akun Anda dan anggaran yang dipersiapkan untuk konten Anda. Perhatikan baik – baik konten yang sudah Anda buat dan tanyakan pada diri Anda sendiri apakah ada peluang untuk melakukan investasi lebih pada konten? Apakah ada video maupun foto yang Anda ambil dengan tujuan spesifik untuk kebutuhan iklan atau adakah post yang memang Anda ingin jadikan sebagai bahan iklan?

Instagram dan Facebook memiliki perbedaan pada tipe konten dan jenis interaksi.

  • Facebook :

Bentuk iklan yang dapat dipilih :

  • Carousel : Terdapat dua atau lebih gambar maupun video yang dapat di scroll.
  • Single Media : gambar, video, atau slideshow dari beberapa gambar
  • Existing Posts : post yang sudah dibuat sebelumnya, termasuk dengan link yang pernah di share.

Facebook cenderung digunakan untuk berinteraksi dengan teman dan keluarga, berbagi post dan link yang menarik dan informatif. Konten yang lebih kuat dan dapat dibagikan seperti posting blog, artikel berita, atau studi kasus dapat menarik perhatian di platform.

  • Instagram : Untuk pilihan bentuk postnya, kurang lebih sama dengan pilihan yang tersedia seperti pada Facebook. Namun yang membedakan adalah ketika di Instagram, Anda tidak dapat membuat in-caption links yang dapat di click. Anda akan membutuhkan call-to-action button untuk menambahkan link. Di Instagram, audiens jauh lebih berorientasi visual. Anda harus memikirkan untuk membuat foto atau video yang menarik terlebih dahulu sebelum jenis konten lainnya. Artikel berita bukan pilihan yang baik di sini kecuali jika disertai dengan gambar yang menarik perhatian yang membantu menceritakan kisahnya.

Jika Anda memiliki konten visual yang kuat untuk iklan, maka Instagram akan menjadi pilihan yang lebih baik. Jika konten Anda lebih bervariasi atau mencakup lebih banyak konten tertulis, maka Facebook mungkin lebih baik untuk bisnis Anda.

  1. Demographics & Audiences

Hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih platform mana yang lebih baik untuk bisnis Anda adalah berdasarkan demografi dan audiens. Demografi biasanya mengacu pada pengguna secara keseluruhan berdasarkan lebih dari milyaran akun. Audiens adalah followers dari akun Anda yang dapat Anda jangkau. Apabila anda ingin mendapatkan lebih banyak followers, maka Anda perlu melihat pada bagian demografi dan memastikan apakah orang – orang di target audiens yang Anda inginkan sudah sesuai dengan target Anda.

  • Facebook : Mencakup jaringan yang luas dan tidak mengalami banyak perubahan dari tahun ke tahun. Banyak bisnis yang cenderung menemukan setidaknya beberapa segmen audiens mereka di Facebook.
  • Instagram : Demografi di Instagram cenderung di dominasi oleh orang – orang muda, dan juga tidak banyak berubah pada beberapa tahun terakhir.

Setelah Anda menentukan demografi target untuk iklan Anda, Anda dapat menjalankan iklan Anda. Jika Anda ingin mendapatkan engagement atau interaksi pada iklan, maka Anda harus memeriksa audiens Anda pada kampanye. Informasi audiens Facebook terletak di tab Insights sementara audiens Instagram ada di Insights aplikasi.

  1. Ads Management

Baik Instagram Ads maupun Facebook Ads, keduanya dapat diatur dengan menggunakan Facebook Ads Manager. Dengan adanya Facebook Ads Manager, hal ini memudahkan pengiklan untuk memilih audiens dan penempatan iklan. Pengiklan dapat mengatur kampanye dengan mudah dan hasil dari kampanye dapat di download oleh pengiklan.

  • Facebook : Terdapat banyak pilihan pada campaign manager untuk tujuan dan bentuk iklan. Ada banyak kombinasi yang dapat dicoba dan pengiklan juga dapat melakukan preview terhadap jenis – jenis iklan yang tersedia.
  • Instagram : Hanya dengan beberapa tap dan klik, Anda sudah bisa mengatur iklan dengan menggunakan post atau story yang sudah ada. Bila Anda tidak membutuhkan data output yang berbelit – belit dan hanya membutuhkan gambaran besar dengan interface yang mudah, Instagram bisa menjadi platform pilihan terbaik Anda.

Apabila Anda tidak familiar dengan keduanya, Anda bisa melakukan percobaan kecil dengan Instagram terlebih dahulu. Ketika Anda sudah memahami cara kerja Instagram Ads, Anda akan lebih siap untuk menghadapi berbagai fitur yang ada di Facebook Ads.

Referensi :

https://www.facebook.com/business/tools/ads-manager

https://business.instagram.com/advertising

Felicia Evan