School of Information Systems

JSONObject and JSONArray

JSON (Javascript Object Notation) merupakan format pertukaran data yang ringan, mudah dibaca dan ditulis oleh manusia. Oleh karena itu JSON memberikan alternatif lebih baik dari XML dan membutuhkan formatting yang tidak banyak. Dalam JSON, ada dua hal penting yang harus kita ketahui dan harus tahu membedakannya, yaitu JSONArray dan JSONObject. JSONArray di dalam JSON di representasikan dengan tanda [ (Square Brackets), sedangkan JSONObject di representasikan dengan tanda } (Curly Brackets). Dalam implementasi kodingan java-nya, jika JSONArray kita gunakan method getJSONArray(), kalau JSONObject kita gunakan method getJSONObject(). 

Ada dua hal yang perlu Anda pelajari agar dapat menggunakan JSON, yaitu syntax (cara penulisan) dan jenis value-nya. JSON memiliki struktur kode yang sederhana seperti :  

 {“city”:”New York”, “country”:”United States “} 

JSON selalu dibuka dan ditutup dengan tanda {} atau kurung kurawal. Syntax-nya terdiri dari dua elemen, yaitu  key dan value. Keduanya dipisahkan oleh titik dua agar jelas. Contoh key adalah “city”, sedangkan “New York” adalah contoh value. Keduanya selalu dibuka dan ditutup dengan tanda kutip ganda. Perlu Anda ingat bahwa kedua tidak ada spasi di antara kedua elemen tersebut. Apabila ada lebih dari satu pasang key dan value, Anda perlu memisahkannya dengan tanda koma yang diikuti spasi. Ini dapat Anda lihat pada contoh di atas. Jenis-Jenis Value JSON Setidaknya ada enam jenis data yang dapat digunakan sebagai value JSON, yaitu: 

  • String 

String adalah data yang terdiri dari karakter unicode, seperti “Anton” pada contoh di bawah ini. 

  • Object  

Object adalah sepasang key dan value. Seperti pada contoh syntax tadi, object dibuka dan ditutup dengan kurung kurawal. Jika ada lebih dari satu object, masing-masing dipisahkan oleh koma dan spasi. 

  • Array 

Array adalah kumpulan object. Kumpulan ini dibuka dan ditutup dengan kurung siku []. 

  • Boolean 

Boolean adalah jenis data yang hanya berisikan pernyataan benar atau salah. Anda hanya tinggal memasukkan true atau false. 

  • Number 

Seperti namanya, jenis data ini berupa angka saja. Dengan catatan, angkanya harus merupakan integer atau angka bulat.  

  • Null 

Jika sebuah key tidak memiliki value, Anda dapat mengetikkan null.  

Item 17, “Desain dan Dokumen atau pewarisan atau melarangnya” untuk informasi lebih lanjut. 

Saat pengguna bekerja dengan data JSON di Android, pengguna akan menggunakan JSONArray untuk mengurai JSON yang dimulai dengan tanda kurung siku. Array di JSON digunakan untuk mengatur koleksi item terkait (Yang bisa berupa objek JSON) , sebagai contoh: 

 [{“name”:”item 1″},{“name”: “item2} ] 

Di sisi lain, pengguna akan menggunakannya JSONObject saat menangani JSON yang dimulai dengan tanda kurung kurawal. Objek JSON biasanya digunakan untuk memuat pasangan kunci / nilai yang terkait dengan satu item, sebagai contoh:  

{“name”: “item1”, “description”:”a JSON object”}.

Tentu saja, array dan objek JSON mungkin bertumpuk di dalam satu sama lain. Salah satu contoh umum dari ini adalah API yang mengembalikan objek JSON yang berisi beberapa metadata bersama dengan larik item yang cocok dengan kueri Anda: 

 

Referensi :  

Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031