School of Information Systems

Pengenalan Layout pada Pengembangan Aplikasi Android

Pada pengembangan aplikasi android, kita dapat membuat tampilan android dengan lebih mengunakan android. Pada kali ini, salah satu komponen yang akan kita bahas yaitu layout. 

Layouts    

Layout digunakan pada sistem Android untuk menampilkan user interface di dalam device yang berbeda-beda. Setiap activity yang telah dibuat juga termasuk file XML layout yang menggunakan RelativeLayoutcomponent. File XML layout merupakan sebuah template yang nantinya akan menjadi gambaran terkait bagaimana bentuk tampilan layar yang telah dibuat. Terdapat beberapa jenis view controls pada layout ini, yaitu EditText dan Button controls, dimana view tersebut akan berkaitan dengan resource lainnya, seperti strings, colors, dimensions, dan drawables. 

Layout berfungsi untuk mengatur penempatan teks, gambar atau komponen lainnya sehingga 

menghasilkan User Interface yang rapih dan nyaman untuk usernya. Penggunaan layout yang 

benar akan memudahkan para user dalam menggunakan aplikasi atau website yang sedang 

dijalankan. Setiap layout berisikan tipe control yang berbeda, selain itu beda activity juga akanberbeda layout pula. Pada Android Studio, file layout XML merupakan template untuk menampilkan layarnya.  

 

Terdapat beberapa jenis Layout yang dapat digunakan pada Android Studio, yaitu: 

  • LinearLayout: setiap turunan dari view diletakkan di dalam 1 baris atau kolom setelah view sebelumnya. 

merupakan layout yang ditampilkan dengan view satu arah, baik secara vertical atau horizontal. Penetapan arah layout dapat menggunakan atribut android:orientation. 

Menurut referensi yang saya temukan, semua anak LinearLayout akan ditumpuk satu sama lain, jadi daftar vertical hanya akan memiliki satu anak perbaris, seberapapun lebarnya dan daftar horizontal hanya akan setinggi satu baris ( tinggi anak yang tertinggi ditambah pengisi ). LinearLayout akan mengikuti margin antara anak dan gravity ( sejajar kanan tengah atau kiri) setiap anak.

  • RelativeLayout: setiap turunan dari view diletakkan di dalam sebuah relasi ke view lainnya di dalam layout atau relative ke ujung induk layout. seperti namanya layout ini biasa digunakan untuk menempatkan widget atau komponen aplikasi secara relative (bebas). Dengan kata lain desain objek atau komponen pada layout ini tidak memiliki aturan sesuai orientasi (horizontal atau vertical) 

Berikut merupakan deklarasi code XML untuk menggunakan Relative Layout. 

  • FrameLayout: setiap turunan dari view ditumpuk di dalam frame dan relatif di ujung atas kiri.  
  • TableLayout: setiap turunan dari view adalah sebuah cell di dalam sebuah framework yang terdiri atas beberapa baris dan kolom.  

digunakan untuk merancang layout dengan menggunakan baris dan kolom. Walaupun demikian, garis kolom, baris ataupun cell tidak akan ditampilkan secara nyata pada tampilan UI. Tag pembuka yang digunakan untuk mendeklarasikan codenya adalah <TableLayout>, sedangkan tag penutup yang digunakan adalah </TableLayout>. 

  • GridLayout: setiap turunan dari view diletakkan di dalam framework berbentuk persegi panjang. 

 

Referensi: 

Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031