School of Information Systems

Mengenal Extended Reality

Extended Reality atau biasa disingkat XR adalah istilah umum yang mencakup seluruh spektrum realitas yang dibantu oleh teknologi imersif, misalnya Virtual Reality (VR), Augmented Reality (AR), Augmented Virtuality (AV), Mixed Realities (MR), dan future realities. Ada juga yang mengartikan XR sebagai kombinasi interaksi grafis yang dihasilkan manusia dan komputer, yang berada dalam realitas serta lingkungan virtual. Konsep Extended Reality (XR) muncul ketika teknologi seperti Augmented Reality dan Virtual Reality digunakan oleh pengembang dan perusahaan teknologi di seluruh dunia. Saat ini, banyak film fiksi ilmiah yang menggunakan konsep Extended Reality (XR), tetapi mengoperasikannya di dunia nyata sangat berbeda. Untuk memahami aspek teknis dari Extended Reality (XR), kita perlu memahami teknologi yang digunakan untuk membuat Extended Reality (XR):

  • Augmented Reality (AR): Konsep augmented reality adalah objek virtual dan imajinasi diletakkan di dunia nyata. Augmented reality tidak menempatkan kita ke dalam grafik virtual atau yang dihasilkan komputer, melainkan hanya menciptakan ilusi dalam gadget digital. Pengguna masih memiliki akses ke dunia nyata dan mereka dapat sepenuhnya berinteraksi di kedua dimensi tersebut. Contoh paling umum dari penerapan AR adalah Pokemon-GO yang menggunakan augmented reality sehingga pengguna dapat berinteraksi dengan dunia nyata maupun dunia maya dengan bantuan gadget digital. Contoh lain dari AR adalah filter yang kita lihat di banyak aplikasi, ini hanya menciptakan ilusi berada di sana, tetapi sebenarnya tidak.
  • Virtual Reality (VR): Dalam virtual reality, pengguna dimasukkan ke dalam lingkungan yang sepenuhnya virtual, di mana mereka hanya dapat berinteraksi di dunia virtual. Grafik yang dihasilkan sebagian besar adalah komputer dan objek buatan dirancang untuk memberikan nuansa nyata. Pengguna dapat merasakan setiap bagian dari virtual reality. Perangkat VR khusus diperlukan untuk menempatkan pengguna ke dalam lingkungan ini yang memberi mereka pandangan 360 derajat dari dunia virtual. Perangkat ini dirancang untuk memberikan banyak ilusi nyata kepada pengguna. Contoh dari VR adalah pada saat pengguna bermain game dengan menggunakan device virtual reality. Apa yang pengguna lihat di dalam sana adalah sebuah visual yang sangat nyata yang dihasilkan oleh virtual reality.
  • Mixed Reality (MR): Mixed reality adalah kombinasi dari AR dan VR, di mana seseorang dapat berinteraksi dengan dunia digital maupun dunia nyata secara bersamaan. Pengguna dapat memvisualisasikan lingkungan mereka di perangkat MR khusus. Perangkat MR ini jauh lebih canggih dan lebih mahal dibandingkan perangkat VR. Tetapi perangkat ini membuat kita dapat berinteraksi dengan lingkungan secara digital. Misalnya, melalui perangkat MR akan membuat kita dapat melihat pemandangan seluruh lingkungan kita. Kemudian kita juga dapat melakukan apa pun yang diinginkan, seperti melempar bola, menutup jendela, dan lain sebagainya yang akan ada secara digital melalui headset MR, tetapi dalam kenyataannya, semuanya akan tetap seperti apa adanya. Banyak perusahaan menginvestasikan sejumlah besar uang untuk penelitian lebih dalam di bidang realitas ini.

Singkatnya, melalui Extended Reality (XR), pengguna dapat mengunjungi tempat secara virtual, merasakan hal yang sama seperti mereka hadir di tempat itu, serta berinteraksi dengan individu lain di XR. Perusahaan yang ingin mengembangkan teknologi XR, tentunya akan menghadapi beberapa tantangan, seperti:

  1. Biaya: Biaya merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh perusahaan yang mengembangkan XR. Hal ini dikarenakan perangkat XR memerlukan biaya yang sangat mahal. Mahalnya biaya yang diperlukan untuk mengembangkan XR karena XR memerlukan banyak teknologi yang bekerja sama serta memerlukan banyak perangkat keras yang tentunya memuat biaya pengembangan menjadi sangat mahal.
  2. Perangkat Keras: Mengembangkan perangkat keras XR juga merupakan tantangan bagi perusahaan di bidang ini. Hal ini dikarenakan akan ada banyak teknologi, perangkat lunak serta komponen yang digunakan, dan membuat perangkat keras adalah tugas yang sulit.
  3. Privasi: Privasi merupakan tantangan yang akan dihadapi baik oleh pengguna maupun perusahaan. Karena perangkat XR diperlukan untuk membuat lingkungan berdasarkan kebutuhan pengguna, banyak detail pribadi yang mungkin diperlukan untuk menciptakan lingkungan tersebut. Penyimpanan data semacam itu akan membutuhkan biaya yang mahal bagi pihak perusahaan, dan privasi informasi dapat menjadi kekhawatiran bagi pihak pengguna.

Referensi:

Andrei, O. J. K. & Koh, S. G. M., 2020. COVID-19 and Extended Reality (XR). Routledge Taylor & Francis Group.

https://monsterar.net/2021/12/08/apa-itu-extended-reality/

https://medium.com/elektronhme/augmented-reality-ar-dan-extended-reality-xr-rahasia-epic-dibalik-konser-virtual-bt-2738c036ce83

https://www.xrtoday.com/mixed-reality/what-is-extended-reality/

https://www.geeksforgeeks.org/what-is-extended-reality/

Siti Julianingsih Nurfitriyani