School of Information Systems

Mengenal Business Intelligence

Apa itu Business Intelligence?

Istilah business intelligence sendiri dapat mengacu kepada suatu profesi dan juga mengacu pada sebuah aktivitas yang dilakukan oleh perusahaan. Business intelligence adalah sebuah peranan di perusahaan yang bertanggung jawab dalam menemukan metode analisis informasi yang berhubungan dengan bisnis perusahaan. Seorang business intelligence sangat bergantung kepada data untuk dapat melakukan analisis dan kemudian dikonversi menjadi sebuah peluang atau terobosan baru untuk mengembangkan bisnis perusahaan. Tanggung jawabnya yang begitu besar ini membuat business intelligence memiliki posisi yang penting di sebuah perusahaan. Dalam praktiknya, business intelligence kerap disamakan dengan business analyst. Keduanya sama-sama penting namun memiliki perbedaan mendasar. Business analyst hanya memiliki tugas sampai sebatas menganalisis data, sementara business intelligence wajib memaparkan hasil analisisnya

Business Intelligence adalah sebuah profesi yang bertugas mengolah dan menganalisis data yang berkaitan dengan bisnis sehingga dapat membantu perusahaan menghasilkan keputusan yang tepat. Hasil akhir dari proses tersebut meliputi kebutuhan industri, gambaran keuntungan, strategi pemasaran yang tepat dan pengambil ketetapan lainnya. Proses pengolahan dan pengumpulan data dilakukan oleh Business Intelligence dengan bantuan bahasa pemrograman khusus. Umumnya, bahasa yang digunakan dalam business intelligence adalah SQL dan R. Kemudian, format yang digunakan untuk hasil akhir proses aplikasi business intelligence adalah berupa dashboard, table, report, dan grafik.

Pengertian Business Intelligence Menurut para Ahli

  • Robert Half

                   Mengatakan, business intelligence adalah peran yang membuat hasil analisa pada sebuah bisnis agar dapat dijadikan rujukan perusahaan dalam bekerja sama dengan staf lainnya.

 

  • Vercellis

                   Business Intelligence adalah set model matematika dan metodologi analisis yang mengeksploitasi data yang berguna untuk proses pengambilan informasi serta keputusan kompleks.

  • Howard Dresner

            Business intelligence adalah konsep dan metode untuk meningkatkan cara membuat keputusan akhir menggunakan bantuan sistem mengenai fakta yang terjadi.

Manfaat Business Intelligence

  1. Membantu perusahaan dalam menentukan perencanaan biaya
  2. Membaca & menafsirkan data untuk membantu menentukan keputusan perusahaan
  3. Pemilihan metode pemasaran yang sesuai dengan bisnis perusahaan
  4. Mendapatkan proyeksi yang lebih terencana untuk jangka Panjang
  5. Penentuan target atau KPI (Indikator Kinerja Utama) sesuai dengan data
  6. Menganalisa halangan, keuntungan dan solusi yang akan terjadi
  7. Memudahkan pihak manajemen untuk mengerti kebutuhan pasar dan memperhitungkan dari segi bisnis
  8. Mengevaluasi data tren pasar secara real time

Contoh Penerapan Business Intelligence

  • Layanan Finansial

Industri keuangan merupakan salah satu yang paling penting bagi perekonomian tiap negara. Dengan menerapkan BI, maka akan membantu dalam menangani data keuangan, meningkatkan proses analisis, penganggaran, perkiraan dan pelaporan.

  • Logistik

Merupakan salah satu industri yang kompleks dalam melakukan pembaruan data yang konstan, dan pengelolaan kumpulan data skala besar. Untuk memastikan semua bagian dari sektor logistik berfungsi dengan baik, kamu dapat menggunakan dashboard logistik untuk melacak tracking data dan memperoleh insight dalam waktu beberapa menit. Nah, dashboard inilah yang dibuat dengan menggunakan BI.

  • Retail

Merupakan industri yang selalu dinamis dan sangat bergantung pada data untuk mengatur performance. Dengan BI dapat menangani otomatisasi, visualisasi dan operasi analisis kamu sehingga kamu dapat mengoptimalkannya.

  • Layanan Kesehatan

Industri layanan kesehatan juga memiliki jumlah data yang besar. Sehingga apabila menggunakan sistem BI untuk layanan kesehatan tidak hanya dapat mengurangi waktu tunggu pasien saja, tetapi juga mengoptimalkan kualitas layanan kesehatan.

  • Manufaktur

Penerapan BI tidak akan lengkap tanpa industri manufaktur. Kehilangan satu informasi penting selama proses produksi tertentu dapat menyebabkan kerusakan serius bagi perusahaan manufaktur, dimana pengambilan keputusan yang akurat adalah kunci keberhasilan dalam mencapai tujuan dan sasaran bisnis. BI membuat analisis menjadi lebih mudah dan juga efektif.

Referensi:

https://www.binaracademy.com/blog/apa-itu-business-intelligence

https://dqlab.id/mengenal-peran-business-intelligence-hingga-contoh-penerapannya-di-industri

https://www.info.populix.co/post/business-intelligence-adalah

Zaki Izzani Akbar

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031