School of Information Systems

10 Bahasa Pemograman Terpopuler (Part 2) 

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas 5 dari 10 bahasa pemograman terpopuler saat ini seperti Java, Javascript, C, C++, dan C#. Sekarang, kita akan membahas 5 bahasa pemograman terpopuler lainnya yang dapat kamu pelajari: 

  1. PHP 

PHP (Hypertext Pre-processor) dikembangkan oleh Rasmus Lerdrorf. PHP diketahui sendiri memiliki server side scripting khusus website dan integrasi database yang mudah untuk digunakan. Tak heran, PHP sudah digunakan oleh 80% dari 10 juta website yang ada di dunia, menjadikannya sebagai salah satu bahasa pemograman yang cocok untuk pengembangan website. 

  1. Python 

Pyton termasuk sebagai bahasa tingkat tinggi dalam dunia bahasa pemograman. Namun, bahasa ini termasuk mudah untuk dipelajari para pemula karena mudah untuk dibaca dan syntax yang mudah untuk dipahami. Python memiliki visualisasi data dalam jumlah besar yang menggunakan Matplotlib, Pandas, dll. Hal ini membuat Python sanagat cocok digunakan untuk membangun aplikasi berbasis web ataupun mobile. 

  1. Swift 

Swift diluncurkan oleh Apple pada Worldwide Developer Conference (WWDC) tahun 2014. Swift sendiri memiliki fondasi berupa compiler LLVM dan Xcode. Maka dari itu, Swift sangat cocok digunakan untuk aplikasi yang akan digunakan pada perangkat Apple. 

  1. Go 

Go atau Golang meruapakan bahasa pemograman open source yang diciptakan oleh Google. Go menjadi salah satu bahasa pemograman populer karena syntax yang rapi dan sederhana, serta dokumentasi dan blog yang lengkap. Hal ini membuat Go menjadi mudah untuk dipelajari secara cepat. Go sendiri cocok digunakan untuk membuat website e-commerce atau high-performance apps dengan traffic yang tinggi. 

  1. Visual Basic 

Visual Basic dikembangkan oleh Microsoft. Visual Basic memiliki IDE visual dan telah digunakan oleh 62% software developer. Visual Basic cocok digunakan untuk mengembangkan aplikasi berbasis Windows. 

Demikian penjelasan 10 bahasa pemograman terpopuler saat ini. Untuk 5 bahasa pemograman populer sebelumnya, kamu dapat membaca artikel selengkapnya di 10 Bahasa Pemograman Terpopuler (Part 1). 

Referensi 

  • https://www.codepolitan.com/10-bahasa-pemrograman-populer-di-indonesia 
  • https://edukasi.kompas.com/read/2021/10/28/204228871/10-bahasa-pemrograman-terpopuler-yang-banyak-digunakan-perusahaan-besar?page=all 
  • https://www.ekrut.com/media/9-bahasa-pemrograman-yang-paling-banyak-dicari 
Laksamana Kusuma