School of Information Systems

Design Patterns 

Pengertian dan Penjelasan Design Patterns 

Dalam pembuatan suatu software baik itu aplikasi maupun game terkadang programmer dapat suatu permasalah yang sama saat mengkoding. Permasalah tersebut terkadang ditemui berulang kali namun selalu diselesaikan dengan teknik yang selalu berbeda karena memiliki situasi yang berbeda, hal tersebut mengakibatkan pengembangan sebuah projek tersebut lama. Oleh karena itu Design Pattern membantu mensolusikan permasalahan-permasahalan yang umumnya berulang dalam pengembangan software, sehingga dengan permasalahan yang sama tidak perlu dilakukan pembuatan teknik atau pola baru dan pengembangan menjadi lebih cepat.  Design Pattern adalah sebuah teknik dan template standar design yang diakui secara luas sebagai praktik yang baik. Design Pattern sesuai dengan pembukaan diatas merupakan suatu metode untuk membantu mensolusikan permasalahan-permasahan yang umumnya berulang atau memiliki pola dalam pengembangan software.  Design Pattern bukan merupakan sebuah metode yang langsung dapat diubah menjadi kode program melainkan sebuah pola dasar atau template dari sebuah cara untuk menyelesaikan suatu permasalahan dalam situasi yang berbeda-beda. Design Pattern dapat membantu mempercepat pengembangan suatu software karena pola-pola yang dijelaskan di dalam Design Pattern merupakan paradigma-paradigma yang telah teruji kegunaannya. Design Pattern juga dapat membantu mempercepat pengembangan suatu software karena pola-pola yang dijelaskan di dalam Design Pattern merupakan paradigma-paradigma yang telah teruji kegunaannya. Dengan menggunakan Design Pattern ini programmer dapat melakukan re-usabilitas projek lebih mudah. 

 

Macam-Macam Design Patterns 

 

Secara umum, Design Patterns dibagi menjadi tiga tipe yaitu sebagai berikut. 

  1. Creational Pattern (Pola Pembuatan) : Creational Pattern merupakan pola yang digunakan untuk mensolusikan permasalahan yang ditemui dalam kejadian pembuatan suatu instance atau object.
  2. Behavioral Pattern (Pola Perilaku): Behavioral Pattern merupakan pola yang digunakan untuk mensolusikan permasahalan yang ditemui dalam komunikasi antar object-object. 
  3. Structural Pattern (Pola Struktural): Structural Pattern merupakan pola yang digunakan untuk mensolusikan permasalahan yang ditemui dalam pengaturan komposisi class dan object. Structural Pattern dibagi menjadi structural class instantiation pattern yang menggunakan inheritance untuk mengubah interface, dan structural object pattern yang menjelaskan cara untuk mengubah object dengan fungsionalitas baru. 

Contoh Design Patterns 

Gambar di atas merupakan Contoh dari Design Patterns yaitu Adapter Pattern. Adapter Pattern memiliki bentuk peperti adaptor listrik dan penempatan kelas adaptor antara sistem kita dan sistem eksternal. Design pattern adapter berfungsi untuk menghubungkan 2 buah API class, contohnya yang sering kita temui ialah pada penggunaan koneksi ke database yang berbeda. Dimana pada class utama terdapat fungsifungsi yang tidak bisa dirubah, tetapi pada class yang lainnya kita juga membutuhkan beberapa method milik kelas utama. 

 

RESOURCE : 

http://maulidangames.com/artikel/Mengenal-Design-Pattern/64.html 

http://gedelumbung.com/tutorial-design-pattern-penerapan-design-pattern-adapter-di-php/#:~:text=Design%20pattern%20adapter%20berfungsi%20untuk,beberapa%20method%20milik%20kelas%20utama. 

Systems Analysis and Design in a Changing World, 7th Edition – Chapter 13 

Fadillah Wira Hutomo, Ferdianto

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031