International Usability Testing: Mengapa Anda Membutuhkannya (Part 3)
Terkadang, usability testing juga dapat mengungkapkan bagaimana interaksi dan komunikasi antarpribadi pengguna saat menggunakan produk Anda memengaruhi pengalaman mereka.
Misalnya, selama pengujian kami, seorang peserta senior India sering meminta bantuan putrinya yang masih kecil ketika dia tidak dapat menemukan sesuatu di situs web, karena dia tidak pandai bahasa Inggris dan tidak terlalu paham teknologi.
(Biasanya, kami tidak mengizinkan orang lain untuk mengganggu peserta saat mereka melakukan tugas. Namun, kami membuat pengecualian dalam kasus seperti ini, karena ini adalah cerminan dari bagaimana pengguna benar-benar menggunakan teknologi digital dalam kehidupan nyata. Contoh lain adalah ketika orang tua membantu anak-anak kecil dengan masalah teknologi.)
Persepsi Produk
Bagaimana persepsi pengguna internasional Anda tentang desain visual produk Anda? Bagaimana perasaan mereka tentang produk atau layanan Anda sebelum dan sesudah melakukan beberapa tugas? Seberapa besar mereka mempercayai merek Anda?
Orang-orang dari latar belakang budaya yang berbeda memiliki preferensi desain visual yang berbeda. Peneliti Katharina Reinecke dan Krzysztof Gajos mengumpulkan 2,4 juta penilaian subjektif pada estetika situs web dari lebih dari 39.000 peserta di seluruh dunia. Mereka menemukan bahwa peserta Rusia secara signifikan lebih menyukai situs web dengan kompleksitas visual yang lebih rendah, sementara orang-orang dari Meksiko dan Chili memberikan skor lebih tinggi ke situs dengan kompleksitas visual tinggi. Studi yang sama juga menemukan bahwa desain monokrom lebih disukai oleh orang Finlandia, Rusia, Prancis, dan Jerman, sedangkan orang Malaysia dan Chili cenderung menyukai visual yang penuh warna. Demikian pula, penelitian kami sebelumnya di China juga menemukan bahwa peserta China memiliki toleransi yang lebih tinggi untuk situs web dengan kompleksitas visual yang tinggi daripada pengguna asing.
Menguji desain visual Anda dengan audiens target Anda adalah cara yang baik untuk mengukur minat mereka.
Di luar penilaian estetika langsung, pengujian kegunaan juga dapat mengungkap bagaimana pengguna, terutama pendatang baru, memahami kredibilitas dan kepercayaan produk atau layanan Anda. Misalnya, audiens target yang berbeda mungkin menganggap komponen desain yang berbeda dapat dipercaya.
Ketika kami menguji versi Cina dari situs web farmasi Australia Pharmacy Online dengan peserta Cina, beberapa orang memuji kredibilitasnya. Mereka menghargai bahwa situs tersebut memiliki UI navigasi yang mirip dengan situs e-niaga Tiongkok dan juga komponen yang dilokalkan seperti akun resmi WeChat. Elemen-elemen ini membuat situs web terlihat familiar bagi mereka.
Versi Cina dari farmasionline.com.au (atas) dibandingkan dengan beranda Taobao (bawah): Beberapa peserta menganggap desain yang dilokalkan ini sangat kredibel karena menggunakan komponen yang mereka kenal, seperti kode QR WeChat dan arsitektur informasi seperti Taobao .
Konsumsi Konten
Dapatkah pengguna internasional dengan mudah memahami informasi yang disajikan di situs Anda? Apakah mereka menyukai nada suaranya? Apakah mereka merasa konten tersebut bermanfaat dan bagaimana mereka memanfaatkannya?
Menguji konten Anda dengan pemirsa global sangat penting jika Anda memiliki banyak pemirsa yang beragam budayanya menggunakan versi bahasa yang sama di situs Anda (mis., AS, Australia, Inggris Raya menggunakan versi bahasa Inggris yang sama).
Misalnya, ketika kami menguji situs web Converse versi Cina, seorang peserta pria muda mengeluh tentang labelnya. Alih-alih label e-niaga tradisional seperti Pria, Wanita, dan Aksesori, Converse China menggunakan Dude , Dudette . (Sulit untuk menemukan padanan bahasa Inggris untuk kedua label ini. Dalam bahasa Mandarin, kata-kata ini sering memiliki konotasi negatif, alih-alih nada biasa yang ditunjukkan oleh kata-kata bahasa Inggris Dude dan Dudette.)
Part 1 : Click Here
Part 2 : Click Here
Part 4 : Click Here