School of Information Systems

Perbandingan Tampilan Data Visualisasi Pada Spreadsheet Excel dengan Business Intelligence Tableau

Sebelum membandingkan antara dua layanan software Excel dengan Tableau, pembaca perlu mengetahui lebih mendalam apa yang dimaksud dengan Tableau. Tableau merupakan suatu platform Business Intelligence yang memudahkan dalam membuat program data visualisasi. Data visualisasi ini didukung oleh CPA sehingga pengguna dapat mengekspor hasil analisis yang lebih menarik menggunakan tools yang tersedia dalam Tableau. Dalam Tableau, pengguna sangat dimudahkan saat ingin membuat suatu diagram yang tujuannya untuk menonjolkan beberapa aspek penting serta tampilan menarik yang disuguhkan oleh Tableau membuat data yang divisualisasikan lebih menarik dan mudah untuk dipahami.  

Tableau sendiri juga bukanlah pengganti perangkat lunak spreadsheet. Excel sebagai suatu spreadsheet dapat mengerjakan beberapa jumlah pekerjaan yang mana Tableau tidak dapat mengerjakan semaksimal pada Excel. Spreadsheet seperti Excel bekerja dengan fokus utama dalam masalah komputasi, pembuatan laporan berupa tabel dan diagram, serta hanya digunakan dalam skala yang lebih kecil. Sedangkan Tableau mampu menganalisis sejumlah data yang sangat kompleks melalui tampilan visual, memanipulasi dataset yang sangat banyak, serta memiliki dasbor interaktif untuk Business Intelligence. Sampai di sini dapat dipahami jika Excel memiliki performa yang lebih baik dalam hal membuat atau merevisi suatu dataset dimana pengguna secara fleksibel dapat mengimpor suatu dataset yang telah ada ke dalam worksheet. Selain itu Excel memiliki kelebihan dalam membuat suatu perhitungan, skenario analisis dengan syntax-syntax, dan mengautomatisasi perhitungan berulang.  

Tableau sendiri memiliki keunggulan dan performa yang tidak kalah dari Excel terutama kemampuannya dalam hal Business Intelligence. Beberapa kelebihan Tableau sebagai platform BI adalah sebagai berikut:  

  • Memfilter data  

Tableau dapat memfilter suatu worksheet tunggal atau berganda seperti yang dilakukan oleh Excel. Dalam hal ini, Tableau dapat melakukan dengan sangat mudah karena Tableau memiliki suatu tampilan pengguna yang membuat lebih mudah diatur, dirubah, atau dihapus. Filter yang diinginkan dapat diatur untuk worksheet individu (filter lokal) atau menerapkan filter secara global pada multiple worksheet yang mana filter global tersebut dapat terhubung dengan filter lokal.  

  • Memvisualisasikan data  

Excel dan Tableau memang sama-sama memiliki fungsi untuk membentuk suatu diagram dan grafik, namun untuk fungsi ini lebih sederhana dilakukan pada Tableau. Hal tersebut karena Tableau dapat membuat diagram hanya dengan mengeklik dan memilih jenis diagram yang diinginkan. Selain itu diagram yang telah dibuat juga dapat dirubah atau diedit hanya dengan satu kali klik untuk menghasilkan suatu visualisasi yang berbeda. Pengguna Tableau juga hanya perlu mengeklik pada bagian diagram untuk melihat data secara lebih detail.  

  • Menangani data kompleks  

Tableau memiliki kemampuan dalam menghandle sejumlah besar data secara virtual tergantung kepada perangkat keras yang dimiliki oleh komputer pengguna. Dalam hal ini tidak ada batasan akan seberapa besar data yang dapat ditampung oleh Tableau. Pada suatu komputer yang hanya memiliki RAM 8GB bahkan Tableau dapat menampung dan menganalisis dataset lebih dari 25 juta, sedangkan Excel memiliki batasan hanya 1 juta baris.  

  • Membuat dasbor interaktif  

Jika suatu filter hanya menawarkan satu cara dalam menganalisis data secara dinamik, dasbor interaktif memiliki keunggulan yang lebih daripada hal tersebut. Interaktif dasbor merupakan suatu visualisasi yang melibatkan tampilan beragam dari item data untuk membantu pengguna menganalisis data. Pada Excel sebenarnya dapat dibuat suatu dasbor namun tidak semenarik dan sekuat dasbor yang ditawarkan oleh Tableau.  

Pada dasarnya Tableau memang tidak menggantikan spreadsheet, namun hadirnya Tableau sebagai Business Intelligence tools sangat memfasilitasi pengguna dalam memvisualisasikan data yang sangat kompleks.  

 

Sumber:  

Richard, S.Kom., M.M.

    Deprecated: Function get_option was called with an argument that is deprecated since version 5.5.0! The "comment_whitelist" option key has been renamed to "comment_previously_approved". in /var/www/html/public_html/sis.binus.ac.id/wp-includes/functions.php on line 6031