School of Information Systems

Cara Membangun Personal Branding di Media Sosial

Media Sosial menjadi hal yang umum bagi banyak orang, dimana melalui media sosial semua orang dapat terhubung dan bersosialisasi bahkan menambah relasi dengan orang terdekat atau yang berada pada jarak yang jauh. Keuntungan lain dari penggunaan media sosial ialah dapat membantu dalam membangun personal branding. Personal branding tidak hanya dibangun dalam kehidupan sehari-hari, namun perlu dibangun dalam media digital. Banyak orang memanfaatkan berbagai platform pada media sosial menunjukkan keahlian, keunikan, pengalaman mereka guna meningkatkan personal branding.

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membangun personal branding pada media sosial :

  • Kenali Siapa Kita

Mengenali diri kita sangatlah penting sebelum kita membangun personal branding kita di media sosial. Apa yang menjadi kelebihan dan kelemahan kita? Apa yang menjadi passion kita?. Mengenali siapa diri kita akan membantu kita lebih fokus ke arah mana personal branding yang ingin kita tunjukkan.

  • Buatlah Profil Yang Kuat & Menarik

Profil pada media sosial dapat digunakan sebagai tempat untuk memperkenalkan diri kita. Oleh karena itu buatlah profil yang kuat dan dapat menarik perhatian orang lain guna membuat orang lain penasaran dan mendapatkan followers.

  • Perhatikan aktivitas di media sosial

Bagaimana cara kita berkomentar, like, menulis caption dan lainnya sangat berpengaruh pada personal branding kita. Milikilah aktivitas media sosial yang positif, seperti menjaga perkataan pada setiap komentar, caption hingga mengunggah postingan yang baik.

  • Mengetahui kegunaan dari media sosial

Kita bisa menggunakan media sosial sesuai dengan tujuannya. Jika kita menyukai fotografi dapat menggunakan media sosial seperti Instagram serta Facebook. Jika kita menyukai hal yang berhubungan dengan video atau konten yang ingin kita tampilkan berupa materi pembelajaran dalam bentuk video dapat menggunakan media sosial seperti Youtube. Pelajari karakteristik dari media sosial yang ingin kita gunakan.

  • Perhatikan Konten yang diunggah

Konten yang kita unggah harus memberikan pesan yang informatif dan sesuai dengan apa yang menjadi passion kita, sehingga orang lain dapat tertarik untuk mengeksplor media sosial kita dan mereka mengenali kita sesuai dengan passion yang kita miliki dan kita dapat menambahkan hastag. Teruslah konsisten dalam memposting konten.

  • Ikuti akun serta komunitas yang bermanfaat

Kita dapat mengikuti akun serta komunitas yang sesuai dengan passion kita guna untuk mendapatkan ilmu, insight baru, menambah relasi dan banyak hal bermanfaat lainnya.

Risky Tri Sandi