School of Information Systems

THREE TIER SYSTEM

Three Tier-System atau lebih kita kenal dengan konsep Client Server Programming merupakan salah satu tipe sistem yang ada pada arsitektur software yangdi dalamnya terdapat 3 layer dari komponen logic yang saling berhubungan dan berkaitan. 3 komponen logic yang dimaksud tersebut adalah : 

1.Client Application 

Komponen clientapplication merupakan komponen yang akan menyediakan presentation service. Interface yang sudah dibuat semenarik mungkin oleh programmer akan ditampilkan ke client. Di mana interface akan berisi berbagai macam konten dan infromasi yang dibutuhkan user yang nantinya akan dapat diakses melalui software atau web-browser. 

2. Application Server 

Komponenapplication server akan menjadi komponen penghubung antara client dengan sistem database. Di sini akan terjadi suatu proses pengolahan logika-logika terhadap perhitungan, input, modifikasi data, dan validasi data berdasarkan business processnya masing-masing. 

3.Database Application 

Komponendatabase application akan menjadi pusat database dari suatu sistem yang berisi kumpulan database dan data resource manager. Komponen ini merupakan komponen yang sangat penting karena akan menyimpan berbagai input data dari client. 

Keuntungan dari penggunaan Three Tier-System adalah : 

  1. Layeryang dibuat secara terpisah dapat memudahkan kita dalam melakukan update, modifikasi, dan pengembangan tanpa harus menganggu layer yang lain. Apabila terjadi kesalahan dan membutuhkan perbaikan, pengerjaan dapat dilakukan hanya pada 1 layer yang salah. 
  2. Memiliki keamanan di belakang firewall sehingga penyaluran informasi antaraweb server dan database server dapat dilakukan secara optimal tanpa harus didasarkan pada standar internet itu sendiri.  
  3. Lebih responsif terhadap perubahan bisnis karena kita tidak perlu mengubah keseluruhan aplikasi ketika ingin mengubah satu modul tertentu saja. 
  4. Layeryang terpisah membuat kita mudah dalam membagi pengerjaan sesuai keahlian masing-masing. Dengan itu, hasil yang didapat akan lebih optimal. 

Kekurangaan dari penggunaan Three Tier-System : 

  1. Mungkinterkendala dengan network bandwidth. Kita akan memerlukan network bandwidth yang besar mengingat jumlah client yang ada juga sangat banyak. 
  2. Penyediaan biaya lebih. 

Three Tier-System memungkinkan kita untuk melakukan perubahan atau pengembangan secara terpisahtanpa harus mengganti seluruh aplikasi. Hal ini akan meningkatkan efektivitas waktu yang diperlukan karena perubahan dan pengembangan dilakukan secara independen. Ditambah lagi, kita dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni aplikasi berbasis cloud yang akan menunjang sisi fleksibilitas dalam proses perubahan dan pengembangan. Meskipun membutuhkan biaya yang lebih untuk penerapannya mengingat jumlah client sangat banyak, namun Three Tier-System akan memberikan kelebihan yang sesuai dengan kebutuhan. 

Gambar penerapan Three Tier-Systems : 

 

  

Client (Mahasiswa) dapat meminta akses (request) dari Application Server. ApplicationServer yang sudah terhubung dengan Database Server kemudian akan merespon dengan mengeksekusi sesuai request dari Client (Mahasiswa). Dengan catatan, semua layer harus terhubung ke Internet. 

Evaristus Didik M