Jenis-Jenis Logo
Logo memiliki sebuah arti seperti pikiran, kata, akal, serta budi dimana logo merupakan identitas dalam sebuah perusahaan dimana mengandung makna atau filosofi. Sebuah logo dapat membuat seseorang mengingat dan mengenal sebuah identitas tanpa harus membaca sebuah deskripsi atau penjelasan. Logo memiliki beberapa jenis yaitu :
- Logo lettermark
Logo ini terdiri dari huruf dan biasanya huruf tersebut menggambarkan atau berinisial merek. Contoh dari logo ini ialah seperti IBM, HP, CNN dimana logo tersebut merupakan insialisasi dari beberapa nama suatu perusahaan yang memiliki nama yang panjang. Logo ini biasanya terdisi dari 2-3 huruf.
- Pictorial mark/symbol
Logo ini adalah logo yang terdiri dari gambar atau ikon. Logo ini tidak memiliki tulisan atau teks, namun hanya berupa gambar atau ikon. Gambar atau ikon tersebut mewakili branding dari perusahaan tersebut. Contoh dari logo ini adalah Nike dengan tanda centang, Apple dengan gambar apel. Logo pictorial mark walaupun hanya berupa gambar, namun sudah dapat menggambarkan tujuan, visi dan misi dari perusahaan tersebut.
- Wordmark
Logo ini memiliki kemiripan dengan lettermark, namun logo ini langsung berfokus pada nama dari sebuah perusahaan. Dalam pembuatan logo ini, penggunaan atau pemilihan font harus sangat diperhatikan. Contoh dari logo ini ialah Facebook, Netflix, Grab dan lain-lain.
- Lambang
Logo ini merupakan logo dimana terdapat huruf beserta icon atau gambar yang menggambarkan sebuah lambang. Logo ini biasanya digunakan pada sekolah, instansi pemerintah dan organisasi.
- Mascots
Logo ini melibatkan gambar yang memiliki karakter khusus yang mencerminkan sebuah brand. Karakter tersebut dapat berupa kartun yang memiliki warna yang menarik dan menyenangkan. Logo ini dibuat untuk memberikan daya tarik. Contohnya seperti KFC, HokBen dan lainnya.
- Abstract
Logo ini memberikan bentuk geometris abstract dalam menyampaikan filosofi sebuah perusahaan atau organisasi. Walaupun hanya berupa geometris acak, namun logo ini mampu dan sangat efektif dalam menyampaikan pesan yang mewakili suatu bisnis secara menyeluruh. Contoh dari logo ini ialah seperti Pepsi, Adidas, dan lain-lain.
- Kombinasi
Logo ini merupakan kombinasi dari gabungan wordmark dengan sebuah abstract maupun ikon atau symbol. Contoh dari logo ini seperti Burger King, Doritos dan lain-lain.
Dalam membuat logo perlu diperhatikan jenis logo yang akan dibuat, dan tentunya memperhatikan dari segi keunikan, mudah diingat dan mampu mencerminkan brand dari perusahaan.